Brilio.net - Bermain game saat ini bisa dilakukan di mana saja karena sekarang game bisa dimainkan di smartphone. Dengan semakin berkembangnya dunia game, tentu yang memainkan game juga semakin banyak saja.

Dengan kemudahan bermain game seperti saat ini, ternyata semakin banyak orang yang suka bermain game dan terkadang sampai lupa waktu. Bermain hingga lupa waktu dan mengabaikan pekerjaan lain sudah bukan hal baik, karena lumrahnya game hanyalah hiburan sesekali, atau selingan usai bekerja.

Kalau bermain sudah membuat si pemain lupa segala sesuatu yang lebih penting dari game, berarti orang itu sudah termasuk orang yang sudah kecanduan game, dan hal ini sangat nggak baik.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (10/6), ini dia tujuh tanda orang yang sudah kecanduan, dan kalau sudah mengalami tanda-tanda ini sebaiknya kamu harus mulai berpikir untuk mengurangi waktu bermain game .

1. Merasa nggak tenang saat nggak bisa main game.

kencanduan game Unsplash

foto: unsplash.com

Kalau kamu merasa sangat nggak nyaman dengan keadaan kamu yang nggak bisa bermain game karena sedang menghadiri suatu acar formal yan penting atau memang dalam keadaan yang nggak memungkinkan untuk bermain game, itu tandanya kamu harus berhati-hati, karea berarti kamu sudah kecanduan bermain game, karena menganggap bahwa game bisa dimainkan di mana saja selama masih memiliki smartphone.

2. Mengutamakan game di atas segala kepentingan lain.

kencanduan game Unsplash

foto: unsplash.com

Pada zaman modern ini, bermain game bukan hanya dilakukan oleh anak-anak kecil saja, namun juga dilakukan oleh orang dewasa. Hal ini berarti bagi orang yang sudah bekerja, bermain hanyalah hiburan disela-sela waktu istirahat bekerja. Namun bagi orang yang sudah kecanduan game, dia nggak akan berpikir sedang bekerja atau nggak, akan tetap memilih bermain game, meski sudah tau risikonya bisa membuat pekerjaan nggak selesai, dan berisiko kehilangan pekerjaannya.

3. Berbohong tentang waktu bermain game.

kencanduan game Unsplash

foto: unsplash.com

Ketika kamu mulai kecanduan bermain game, kamu akan selalu menganggap waktu bermain game yang kamu miliki sangatlah singkat, dan kamu akan mulai berbohong pada keluarga atau kerabat-kerabat terdekat kamu tentang waktu kamu bermain game, agar kamu nggak disuruh berhenti bermain game oleh orang-orang terdekat kamu.

Hal ini tentu sangat berbahaya, selain kamu merasa selalu butuh bermain game, kamu juga mulai melakukan rutinitas berbohong pada orang terdekat kamu hanya agar mendapatkan waktu bermain game yang lebih lama.

4. Memilih game dibandingkan interaksi sosial.

kencanduan game Unsplash

foto: unsplash.com

Bermain game memang terkadang bisa menghibur saat kamu sesekali di waktu senggang, namun selain bermain game, kebahagiaan bisa didapat ketika kamu melakukan interaksi sosial bersama keluarga atau kerabat terdekat kamu. Namun bagi orang yang sudah candu dengan game, berinteraksi dengan orang bahkan keluarga itu merupakan hal yang sangat membosankan, dan meski sedang berkumpul sekalipun, akan tetap bermain game, tanpa memperdulikan keadaan sekitar.

5. Memimpikan game yang sedang dimainkan.

kencanduan game Unsplash

foto: unsplash.com

Bermain game secara berlebihan sebenarnya sangat nggak baik untuk kesehatan pikiran, karena semakin kamu sering bermain game, pikiran kamu akan semakin terisi dengan game yang sedang kamu mainkan.

Di saat hal ini sudah terjadi, berarti kamu harus mulai berpikir untuk berhenti bermain game, atau bahkan memilih melakukan pengobatan ke psikolog, karena berarti kamu sudah memasukkan game yang kamu mainkan sampai ke alam bawah sadar kamu.

6. Munculnya beberapa penyakit.

kencanduan game Unsplash

foto: unsplash.com

Bermain game, berarti sama dengan harus menatap layar baik smartphone ataupun komputer, yang keduanya memancarkan sinar yang sangat nggak baik bila dilihat sangat lama. Salah satu penyakit yang paling sering muncul saat sedang bermain game adalah penyakit kepala sebelah, yang memang biasanya penyebabnya adalah terlalu lama menatap layar smartphone atau layar monitor komputer saat bermain game.

7. Insomnia.

kencanduan game Unsplash

foto: unsplash.com

Tanda kecanduan game selain yang berdampak pada mimpi adalah, terjadinya insomnia, karena kamu kehilangan rasa ngantuk pada malam hari yang disebabkan keasyikan bermain game. Hal ini tentu sangatlah buruk mengingat bahwa peneltian kesehatan pernah memberi himbauan bahwa tidur malam nggak pernah bisa digantikan oleh tidur siang.

(brl/guf)