Brilio.net - Jelang akhir tahun, biasanya banyak orang sudah merencanakan liburan. Tapi karena masih dalam situasi pandemi, tentu saja protokol kesehatan harus tetap diperhatikan. Saat liburan tentunya orang sudah merencanakan akan pergi ke tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi.

Nah buat kamu yang bingung mau kemana ketika sampai di tujuan wisata, nggak ada salahnya memanfaatkan Google Maps untuk membantu navigasi perjalanan. Apalagi saat ini Google Maps memiliki beberapa fitur baru, diantaranya fitur untuk mengetahui seberapa ramai tempat yang ingin kamu datangi.   

Nah berikut beberapa fitur Google Maps yang dapat membantu kamu menjelajahi tempat-tempat menarik.

1. Navigasi di bandara, mal, dan stasiun transit

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

7 Fitur Google Maps untuk Traveling © 2021 brilio.netinternationalairportreview.com/Zurich Airport 

Kalau kamu perlu segera menemukan toko di bandara, Google Maps memperluas tab Direktori untuk semua bandara, mal, dan stasiun transit. Fitur baru ini sudah bisa digunakan sejak November lalu. Melalui fitur ini kamu nggak perlu bingung lagi jika ingin mencari tempat makan atau toko suvenir di bandara.

2. Kamu bisa melihat seberapa sibuk suatu tempat

7 Fitur Google Maps untuk Traveling © 2021 brilio.netcincodias.elpais.com 

Google juga menambahkan fitur baru ke alat kesibukan Google Maps. Sebelumnya, kamu perlu mencari lokasi untuk melihat grafik yang menunjukkan seberapa ramai suatu tempat secara real time. Namun sekarang, fitur baru bernama Area Busyness memungkinkan kamu melihat seluruh area peta yang dipenuhi orang. Informasi kesibukan kini otomatis muncul di peta, jadi kamu bisa mengetahui seberapa ramai tempat yang ingin dikunjungi.

3. Kamu bisa melacak jadwal perjalanan

7 Fitur Google Maps untuk Traveling © 2021 brilio.netengoo.com.tr 

Selain bisa memetakan perjalanan, Google Maps juga bisa dengan cepat menunjukkan penerbangan untuk liburan, hotel, penyewaan mobil, dan reservasi restoran. Jadi kamu tidak perlu repot mencari waktu check-in dan nomor konfirmasi melalui email. Dengan mengetuk tab Reservasi, kamu bisa melihat daftar reservasi mendatang yang telah kamu buat. Data ini diambil Google Maps dari email kamu di Gmail.

4. Buat reservasi restoran

7 Fitur Google Maps untuk Traveling © 2021 brilio.netandroidcentral.com 

Google Maps juga dapat membantu kamu untuk reservasi makan siang atau makan malam di sebuah restotan. Caranya, tinggal ketuk tombol Restoran di bagian atas peta untuk melihat daftar tempat makan. Lalu pilih restoran. Kamu tinggal menentukan waktu untuk reservasi.

5. Bisa digunakan saat offline

7 Fitur Google Maps untuk Traveling © 2021 brilio.netmacworld.co.uk 

Ketika kamu berada di tempat terpencil, mungkin jaringan koneksi internet sangat lemot atau bahkan tidak bisa dijangkau. Nah Google Maps masih dapat memberikan petunjuk arah saat kamu offline.

Caranya, sebelum kamu pergi, di Google Maps cari lokasi yang kamu inginkan petunjuk arahnya. Kemudian di jendela lokasi, tarik menu di bagian bawah. Gulir ke kanan melalui tab dan ketuk Unduh. Nah Google Maps akan mengunduh peta ke ponsel untuk area yang kamu pilih. Jadi ketika kamu kehilangan koneksi seluler, Google Maps akan beralih ke peta offline untuk memandu kamu. Karena offline, Google Maps tidak dapat memberikan info lalu lintas secara real time ya.

6. Temukan SPBU dan tempat pengisian daya mobil listrik

7 Fitur Google Maps untuk Traveling © 2021 brilio.netsearchenginejournal.com 

Jika kamu membawa kendaraan listrik, Google Maps dapat membantu menemukan stasiun pengisian baterai (EV) pada rute yang kamu lalui, bersama dengan perkiraan waktu tunggu untuk port pengisian daya. Kamu juga dapat memfilter penelusuran menurut jenis konektor. Kamu juga bisa dengan mudah menemukan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).  

7. Membagikan lokasi

7 Fitur Google Maps untuk Traveling © 2021 brilio.netimore.com 

Nah buat kamu yang pergi secara berkelompok, sangat dianjurkan untuk tiap anggota kelompok membagikan lokasi. Tujuannya, jika ada yang tersasar akan mudah untuk menemukan satu sama lain.

(brl/red)