Brilio.net - Vendor smartphone Oppo Indonesia tampaknya terus berinovasi menghadirkan perangkat yang menyasar anak muda. Setelah meluncurkan Reno series terbaru yakni Oppo Reno 5, Oppo Reno5 5G serta Oppo Reno 5 Marvel Edition, kini Oppo kembali memperkenalkan OPPO Reno5 F. Perangkat ini secara resmi bakal meluncur di Indonesia pada 24 Maret 2021.  

Berbeda dengan OPPO Reno5 dan OPPO Reno5 5G yang menyasar milenial mapan, Reno5 F ditujukan untuk pasar anak muda dengan rentang usia 18–25 tahun, mahasiswa atau orang yang pertama kali bekerja dan memasuki tahapan lain dalam kehidupan mereka.

Oppo Reno 5 F © 2021 brilio.netPR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto memperlihatkan Oppo Reno5 F yang segera hadir di Indonesia.

“Pengguna OPPO Reno5 F adalah tipikal konsumen yang selalu berkaitan dengan kecepatan dalam merespon setiap keadaan yang terjadi maupun dalam menciptakan sebuah tren baru,” ujar PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto, di Glass House Ritz Carlton Pasific Place, Jakarta, Selasa (16/3/2021).

Aryo menjelaskan, OPPO Reno5 F memang diperuntukan bagi mereka yang menginginkan kecepatan pada perangkat smartphone dengan harga terbaik di kelasnya. Bahkan, smartphone ini digadang-gadang bakal menjadi andalan para gamers. Kok bisa?

Loading...

Maklum, Oppo Reno5 F membenamkan teknologi yang selama ini menjadi incaran para penikmat game. Apa ya? Nah soal harga, Oppo Indonesia belum merilis angka pastinya. Tunggu saja tanggal mainnya. Penasaran seperti apa tampilan dan fitur yang dibenamkan pada smartphone yang mengusung tagline “Picture Life in Speed” ini? Yuk kulik beberapa kecanggihannya.

1. Desain ultra slim yang ciamik

Oppo Reno 5 F © 2021 brilio.netOppo Indonesia

Desain sebuah smartphone seringkali menjadi pertimbangan anak muda. Karena itu, Oppo Reno5 F muncul dengan desain ultra slim. Enak dan nyaman digenggam dengan satu tangan. Perangkat yang beratnya hanya 172 gram ini memiliki ketebalan 7,8 mm.

Dengan begitu, smartphone ini cukup ramping sehingga dapat dengan mudah dimasukkan ke dalam saku tanpa menggembung. Karena perangkat ini cukup ringan, kamu bakal lebih nyaman bermain game dalam waktu yang cukup lama.

“OPPO memang mengurangi berat dari perangkat kerasnya, tapi bukan berarti mengorbankan kemampuan pembuangan panas,” lanjut Aryo.  

Nah yang nggak kalah keren, penutup baterainya memiliki desain 3D melengkung yang menimbulkan kesan tipis dan modern. OPPO Reno5 F menyajikan tampilan premium, elegan, dan simple.

2. Flowing light design

Oppo Reno 5 F © 2021 brilio.net

Disamping dimensi yang ramping dan ringan, OPPO Reno5 F juga tipis, simpel, namun tetap terlihat elegan. Hal ini disebabkan karena adanya teknologi flowing light design yang menonjolkan sudut lengkung. Dengan flowing light design, OPPO Reno5 F dapat menunjukkan berbagai warna lain bergantung dari sudut penglihatan dan arah datangnya cahaya.

OPPO Reno5 F juga menampilkan tekstur matte dalam penampang material glossy. Bagian belakang baterai OPPO Reno5 F dibuat dengan panel komposit. Bahannya memiliki transparansi tinggi yang sebanding dengan kaca dan lebih tahan terhadap pecah dan retak.

3. Fitur multi cooling system

Oppo Reno 5 F © 2021 brilio.net

Selama ini banyak gamers yang mengeluh karena perangkat mereka seringkali panas saat digunakan bermain game online. Nah Oppo Reno5 F memberikan jawabannya.

Dalam perangkat ini disematkan multi cooling system yang bisa membantu mengurangi panas akibat penggunaan aplikasi. Hal ini disebabkan Oppo Reno5 F menggunakan aluminium sebagai konduktivitas termal tinggi sehingga meningkatkan efisiensi pembuangan panas sebesar 30% dan meningkatkan kekuatan struktur perangkat yang bakal diluncurkan dalam dua varian warna, Fluid Black dan Fantastic Purple ini.

Oh iya, kabarnya Oppo Reno5 F bakal berkolaborasi dengan Garena dengan menampilkan game Arena Of Valor pada perangkat ini. Apakah ini artinya Oppo Reno5 F didaulat menjadi smartphone game Oppo? Tunggu saja.  

4. Sensor suhu

Oppo Reno 5 F © 2021 brilio.netPerbandingan Oppo Reno4 F (kiri) dan Oppo Reno5 F 

Solusi pembuangan panas semakin maksimal dengan adanya kontrol suhu pintar yang dapat menyeimbangkan suhu dengan kinerja ponsel berdasarkan skenario penggunaan. Fitur ini dapat membaca dan menganalisis data dari sensor suhu yang terletak pada bagian dalam dan menggunakannya untuk memperkirakan suhu penutup belakang telepon. 

Teknologi ini memungkinkan perangkat akan menyesuaikan frekuensi CPU dan pengisian daya berdasarkan perkiraan suhu agar dapat mengontrol suhu dengan lebih akurat dan efisien.

Perangkat data juga membatasi konsumsi daya dengan cara mendeteksi arus komponen saat menjalankan beberapa aplikasi yang sering digunakan, dan mengoptimalkannya secara keseluruhan berdasarkan data.

“Jadi perangkat ini bisa digunakan bermain game sambil menghubungkan kabel pengisi daya ke arus listrik, jangan takut panas,” lanjut Aryo.

5. Tampilan layar yang modern

Oppo Reno 5 F © 2021 brilio.netOppo Indonesia

OPPO Reno5 F dilengkapi layar AMOLED 6,43 inci dengan tampilan lubang tunggal (single punch-hole) berukuran 5,69 mm menghadirkan tampilan layar smartphone yang lebih modern dibandingkan dengan layar tetesan air (teardrop notch display). Keuntungan desain layar ini membuat OPPO Reno5 F lebih nyaman digunakan untuk menikmati pengalaman bermain game, menonton video, dan menikmati konten media sosial. Dikombinasikan dengan bezel sempit, OPPO Reno5 F menawarkan rasio layar-ke-bodi yang sangat tinggi yaitu 90,8%.

6. All-day AI eye comfort

Oppo Reno 5 F © 2021 brilio.net

Kombinasi dari layar Sunlight Screen dan Moonlight Screen menawarkan All-day AI Eye Comfort, yang akan menyesuaikan dengan preferensi pengguna seiring intensitas penggunaan ponsel dari waktu ke waktu yang semakin sering. Teknologi Sunlight Screen meningkatkan visibilitas layar sehingga pengguna dapat melihat layar mereka dengan jelas di siang hari bahkan saat di bawah terik matahari.

Pada malam hari, Moonlight Screen secara otomatis meredupkan layar dengan mengatur kecerahan terendah pada 2 nits untuk memberikan pengalaman menonton yang nyaman. Dengan tingkat kecerahan dan temperatur warna yang lebih rendah, layar terasa lebih lembut di mata.

“AI backlight secara otomatis menyesuaikan pengaturan lampu latar sepanjang hari dengan mempelajari pola dan kebiasaan pengguna dalam menyesuaikan kecerahan secara manual dalam kondisi pencahayaan yang berbeda,” ungkap Aryo.

7. In-display fingerprint 3.0

Oppo Reno 5 F © 2021 brilio.net

Teknologi in-display fingerprint unlock generasi ketiga dari OPPO memperkenalkan teknologi kompensasi cahaya terbaru dikombinasikan dengan teknologi antipemalsuan berbasis perangkat keras, membuka kunci telepon sekarang menjadi lebih aman. Fitur pemindai antipemalsuan merupakan generasi ketiga yang menggunakan sensor untuk membedakan antara sidik jari asli dan palsu. Fitur ini membedakan antara penyerapan dan reflektivitas dari kulit manusia dan karakteristik sidik jari nonorganik atau yang dipalsukan. Dibandingkan dengan detektor sidik jari yang diletakkan pada bagian samping atau belakang, detektor sidik jari dalam layar memiliki kelebihan dalam hal kecepatan dan akurasi pengenalan.