Brilio.net - Bermain media sosial memberikan kesenangan tersendiri. Menjelajahi dunia maya, membuat kamu menemukan banyak hal baru. Tak hanya pertemanan saja, melalui Instagram kamu juga dapat menemukan hobi-hobi baru. Meski sederhana, namun dari hal seperti inilah yang bisa mempertemukan kamu dengan hal menguntungkan lainnya, seperti pundi-pundi rupiah.

Instagram adalah salah satu media sosial yang saat ini bisa dikatakan memiliki pengguna yang cukup banyak. Media sosial yang memanfaatkan visual untuk menyampaikan pesan ini bahkan juga dimanfaatkan sebagian orang untuk menyalurkan kreativitasnya. Banyak cara untuk menyalurkan hal ini, baik melalui Instastories ataupun melalui feed atau halaman utama.

Berkreasi melalui feed Instagram wajib kamu coba lho. Feed yang cantik dapat menambah kesenangan pada diri sendiri. Selain itu, feed Instagram juga sudah menjadi pemikat bagi para pecinta keindahan. Bahkan dengan feed yang terkonsep dan konsisten dapat mendatangkan followers baru. Jangan salah, dengan konsisten kamu juga bisa membuat orang-orang tertarik untuk berinteraksi lebih denganmu.

Nah seperti apa sih cara untuk membuat konten Instagram yang menarik dan tetap konsisten? Berikut rangkuman brilio.net pada Senin (23/12) dari business.instagram.com.

1. Tampilkan skema warna pilihanmu.

Loading...

 6 Cara membuat konten Instagram menarik © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Pernahkah kamu melihat feed seseorang yang membuatmu tertarik? Biasnya orang yang memiliki feed konsisten ia akan menerapkan konsep warna. Selain menjadikan feed menjadi menarik, tema warna yang kamu gunakan akan menjadi ciri khas akun yang kamu miliki. Sebagai contoh, kalau kamu menyukai warna pink, kamu bisa mengunggah foto dan video dengan unsur warna pink.

Tak perlu keseluruhannya berwarna pink, namun juga bisa dengan menggabungkan dengan warna yang senada seperti ungu, atau jingga. Kalau kamu menggunakan Instagram untuk berbisnis, kamu bisa menggunakan warna tema produkmu untuk mempercantik feed.

2. Gunakan palet warna.

 6 Cara membuat konten Instagram menarik © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Nggak perlu khawatir akan susah dalam mempercantik feed. Meskipun ada banyak warna dan tema yang bisa kamu gunakan, kamu juga bisa membuat warnanya tetap konsisten pada setiap unggahan. Coba gunakan fitur eyedrop.

Fitur ini dapat mempermudah kamu dalam mendapatkan warna yang sesuai dengan produkmu. Atau kalau kamu belum menemukan yang tepat, coba lihat pilihan yang terdapat pada palet warna. Melalui palet itu kamu akan lebih mudah memilih warna-warna yang sesuai dengan keinginanmu. Jika sudah terpilih, jangan lupa terapkan warna itu pada setiap unggahanmu.

3. Perhatikan cara pengambilan foto dan video.

 6 Cara membuat konten Instagram menarik © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@ralfmorscheck

Selain memperhatikan tema warna yang kamu gunakan, kamu juga perlu memperhatikan teknik dalam pengambilan gambar. Cara kamu dalam menangkap objek, akan menambah keindahan pada unggahanmu.

Selain itu, kamu juga bisa lebih jelas dalam menyampaikan pesan. Cobalah untuk mengambil gambar dengan cara semenarik mungkin dan juga konsisten. Jadi ketika unggahanmu muncu, orang sudah bisa langsung mengenal kontenmu.

4. Konsisten dalam bersuara.

 6 Cara membuat konten Instagram menarik © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Menggunakan media sosial tentu akan membuatmu bersosial dan berinteraksi dengan warganet. Baik melalui keterangan atau caption, pemberian komentar, ataupun mengirim pesan melalui direct message usahakan gunakan gaya bahasa yang konsisten. Hal ini akan membantu membangun karaktermu di dunia maya. Terutama kalau kamu menggunakan akun Instagram untuk berbisnis, hal ini akan memberikan keuntungan lebih.

Jika kamu konsisten, terutama dalam mengunggah konten bagus, pengikut akan menunggu kontenmu untuk muncul. Jangan lupa, agar semakin diingat kamu juga bisa menggunakan bahasa yang khas. Sehingga orang akan lebih nyaman dan mengingatmu lebih mudah.

5. Buatlah jadwal dalam mengunggah konten.

 6 Cara membuat konten Instagram menarik © 2019 brilio.net

foto: pixabay.com

Membuat konten yang konsisten juga bisa dilakukan melalui penjadwalan konten. Kamu bisa membuat jadwal tetap dalam mengunggah konten di feed. Jika kamu memiliki beberapa tema, kamu juga bisa membaginya dalam beberapa hari. Misal, pada hari Senin kamu mengunggah foto, pada hari Rabu kamu akan mengunggah video, dan pada hari Sabtu kamu bisa mengunggah kolase foto.

Dengan mengunggah secara konsisten, akan membuat tampilan feedmu menjadi lebih rapi. Selain itu orang juga akan lebih mudah mengingat dan penasaran dengan jadwal unggahan berikutnya.

6. Membuat studio foto DIY.

 6 Cara membuat konten Instagram menarik © 2019 brilio.net

foto: business.instagram.com

Membuat studio foto yang sederhana dengan kreasimu sendiri dapat memperlas kreativitasmu. Selain itu kamu juga bisa lebih leluasa untuk menggali sisi lain yang lebih menarik. Dalam membuat studio dan dekorasimu, kamu juga bisa memperhatikan beberapa hal seperti latar belakang.

Gunakan kain panjang berwarna putih bisa menimbulkan kesan sederhana namun anggun dalam fotomu. Jangan lupakan pencahayaan dalam pengambilan gambar. Cahya alami matahari bisa membantumu dalam menghasilkan foto yang aestetik. Namun kalau tidak memungkinkan, kamu bisa menggunakan cahaya tambahan dari peralatan lighting agar objekmu menjadi lebih jelas.

Untuk kamera sebenarnya tidak melulu harus menggunakan kamera profesional. Kalau kamu bisa memaksimalkan kamera HP, akan lebih memudahkan dalam proses selanjutnya.