Brilio.net - Pernah nggak sih, kamu merasa cemas berada di suatu lokasi yang tak begitu familiar? Ya, mungkin bagi sebagian perempuan mengalaminya ketika bepergian sendirian di malam hari. Rasa was-was dan harap-harap cemas membuat tak nyaman dan tenang. Nah, saat berada di kondisi itu biasanya seseorang akan menelepon orang terdekat yang bisa menolong atau menemaninya bicara.

Kini dengan perkembangan teknologi yang pesat, banyak perusahaan yang meluncurkan aplikasi di mana dapat membantu kamu untuk berbagai lokasi langsung dari aplikasi smartphone. Sehingga dapat meningkatkan keamanan seseorang, seperti bisa memantau suatu lokasi yang dianggap rawan atau tidak aman.

Ataupun ketika mendesak, kamu bisa melakukan panggilan darurat dan juga mengirimkan informasi tentang kejadian secara real time lewat fitur-fitur lengkap di dalamnya. Baik itu tentang bencana alam ataupun tindak kejahatan yang dilakukan seseorang.

Ya, dengan aplikasi ini setidaknya akan membuat kamu lebih merasa nyaman dan bebas dari was-was ketika di suatu lokasi. Biar nggak penasaran, yuk langsung coba beberapa aplikasi ini.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (16/1), berikut 6 aplikasi (apps) Android untuk keamanan yang penting saat darurat.

Loading...

1. bSafe - Personal Safety App.

Aplikasi Android untuk keamanan freepik.com

foto: play.google.com

Aplikasi Android untuk keamanan yang pertama yaitu bSafe - Personal Safety App yang diluncurkan oleh Mobile Softwerw AS. Nah, bSafe bukan hanya sebagai aplikasi darurat saja, namun juga dirancang agar pengguna dapat terhubung dengan teman kamu selama dalam perjalanan.

Pengguna dapat mengirimkan sinyal alarm atau tombol SOS ketika dalam keadaaan bahaya, dan penerima sinyal tersebut akan mengetahui di mana lokasi pengguna. Bahkan penerima sinyal juga dapat melihat dan mendengarkan percakapan yang secara real time dengan live streaming.

Ya, karena aplikasi ini dilengkapi dengan GPS di mana kamu bisa meminta seseorang untuk memantau dan memperhatikan pengguna saat pulang melalui perjalanan dengan GPS. Di dalamnya terdapat banyak fitur yang kamu perlukan untuk keadaan darurat. Misalnya saja ketika ada tindak kejadian yang membahayakan kamu dapat memilih fitur panggilan palsu yang bisa membantu keluar dari keadaan mencekam.

2. Red Panic Button.

Aplikasi Android untuk keamanan freepik.com

foto: play.google.com

Seperti namanya aplikasi ini memberikan pengguna kemudahan saat berada dalam situasi berbahaya, dengan menekan tombol Red Panic Button. Kamu cukup mengatur nomor telepon ataupun email yang nantinya dapat menerima pesan mengenai lokasi pengguna melalui GPS.

Di dalamnya juga dilengkapi dengan menu nomor darurat yang dipanggil ketika menekan Read Panic Button. Selain dapat mengirimkan informasi lokasi kamu juga bisa mengirim audio, photo, ataupun video. Menariknya aplikasi desainan dari Ultimate Communacation Software LTD ini bebas dari iklan.

3. My Safetipin.

Aplikasi Android untuk keamanan freepik.com

foto: play.google.com

Aplikasi ini dirancang untuk keamanan dan keselamatan jiwa, di mana dapat membantu pengguna untuk mengetahui suatu lokasi berdasarkan skor keamanan suatu daerah. My Safetipin ini dapat menghitung skor keamanan suatu tempat dengan 9 parameter dan kontribusi dari para pengguna.

Safetipin mengumpulkan data premier tentang keselamatan wanita di ruang publik pada malam hari. Menu di dalamnya memungkinkan kamu dapat mengetahui apakah daerah tersebut sudah cukup penerangan cahaya, ketersediaan jalan setapak, ketersediaan angkutan umum hingga kehadiran polisi atau penjaga keamanan di sekitar lokasi.

4. SOS Livesaver.

Aplikasi Android untuk keamanan freepik.com

foto: play.google.com

Nah, aplikasi berikutnya yakni SOS Livesaver yang merupakan aplikasi darurat yang canggih dan bisa kamu gunakan untuk menghadapi dua situasi darurat. Seperti situasi yang mengancam jiwa dan situasi darurat pribadi, di mana dalam keadaan mendesak. Kamu juga bisa menggunakan fitur "Call me back urgently" yang memungkinkan diterima oleh tiga orang terdekat kamu.

Ketika kamu dalam situasi darurat kamu bisa menekan tombol situasi SOS yang berada di layar utama, kamu juga bisa mendapatkan peringatan sirine. Kemudian penerima pesan akan mengetahui rincian informasi mengenai kesusahan kita, termasuk lokasi peta, dan tombol panggilan darurat.

5. Life360.

Aplikasi Android untuk keamanan freepik.com

foto: play.google.com

Aplikasi Life360 ini memberi kemudahan untuk kamu agar tetap terhubung dengan orang-orang terkasih. Dengan Life360 kamu bisa membuat private grup sendiri yang disebut "Circle" orang-orang terkasih. Kamu juga bisa melihat keberadaan atau lokasi  siapapun yang masuk dalam grup secara real time, ketika tiba atau meninggalkan tujuan dengan mendapatkan notifikasi.

Menariknya kamu juga bisa melihat lokasi telepon kamu ketika hilang ataupun dicuri. Aplikasi ini dapat diunduh di Android ataupun iOS. Ya lebih tepatnya aplikasi ini cocok untuk kamu yang selalu ingin memantau anggota keluarga satu sama lain.

6. Carelife - Personal Safety / Women Safety App.

Aplikasi Android untuk keamanan freepik.com

foto: play.google.com

Carelife merupakan aplikasi keselamatan pribadi atau aplikasi yang difokuskan untuk keselamatan wanita, anak perempuan, orangtua, dan anak-anak. Kamu bisa menggunakan fitur-fitur SOS darurat seperti pelacak lokasi offline, peringatan bencana yang diverifikasi.

Seperti aplikasi sebelumnya, Carelife juga dapat mengirimkan informasi darurat atau pesan SOS yang berisi lokasi kamu berada ke kontak yang sudah kamu daftarkan sebelumnya. Aplikasi ini juga nggak memerlukan koneksi internet agar fitur berfungsi.