Brilio.net - Foto portrait kini sedang naik daun. Dengan teknik ini, detail ekspresi dan wajah bisa tertangkap dengan sempurna. Jika dulu teknik ini hanya monopoli kamera profesional, ternyata sekarang kamera smartphone juga bisa, loh. 

Teknik foto portrait menangkap foto subjek secara dekat dengan latar belakang yang blurry. Efek blurry atau bokeh ini tentunya menambah estetika foto secara keseluruhan. Berbekal smartphone, nggak perlu repot lagi deh perlu menyewa fotografer profesional.

Lalu apa rahasianya agar foto portrait ladi lebih estetik? Berikut ulasannya seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (25/10).

1. Gunakan jari-jari tangan sebagai background.

5 Rahasia foto portrait © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Agar menghasilkan tampilan foto portrait yang lebih keren, kamu bisa menggunakan jari-jari tangan sebagai background, loh. Caranya gampang dan simpel, cukup tutupi saja kamera dengan tangan kamu, lalu masuk ke mode portrait dan atur blur.

Posisikan muka subjek pada tengah-tengah jari tangan. Kamu bisa coba menggunakan satu atau dua tangan, serta atur fokusnya di muka. Tinggal jepret saja, hasil pasti estetik.

2. Manfaatkan momen sunset agar lebih dramatis.

5 Rahasia foto portrait © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Momen matahari terbenam memang menakjubkan, nggak heran kalau banyak orang mencoba mengabadikannya. Nah, kamu bisa mengambil foto portrait dengan background sunset agar lebih natural dan dramatis. Misalnya foto dengan background pantai saat sunset tiba. Atur subjek agar berpose membelakangi sunset ya!

3. Memotret dari balik kaca.

5 Rahasia foto portrait © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Ternyata kaca ataupun jendela cafe bisa jadi benda menarik yang memberikan kesan bagi sebuah foto. Jika ingin mendapatkan kesan romantis siapkan subjek untuk berpose sembari menyantap secangkir teh hangat di depan jendela.

Usahakan ketika memotret cuaca setelah hujan turun, ya! Sebab titik-titik air hujan yang menempel di kaca jendela akan memberikan kesan romantis. Foto portrait bakalan lebih kece lagi kalau menggunakan smartphone canggih OPPO Reno8 Pro 5G dengan kemampuan potrait yang mumpuni.

Mode Potret sekarang memiliki 22 pilihan apertures untuk menciptakan berbagai macam efek bokeh. OPPO Reno8 Pro 5G hadir dengan tiga fitur unggulan, yaitu Ultra Night Video, Ultra HDR Video, dan Night Portrait. Ketiga fitur ini mendukung resolusi 4K untuk Reno8 Pro 5G. Algoritma turbo raw pada fitur Night Portrait di Reno8 Pro 5G ditingkatkan, di mana dapat melakukan pengurangan noise secara AI pada tiga saluran RGB (Red, Green, Blue) di domain raw. Jadi, yang disesuaikan adalah file mentahnya, bukan setelah foto yang sudah jadi.

MariSilicon X pada perangkat juga dapat mempercepat pengolahan gambar, sehingga hasilnya dapat terlihat di pratinjau gambar 60% lebih cepat. Ini karena MariSilicon X mempunyai DDR bandwidth sendiri, dibanding sistem on chip yang membagi memori DDR untuk NPU, CPU, dan GPU.

5 Rahasia foto portrait © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@oppoindonesia

Tidak hanya itu saja, OPPO Reno 8 Pro 5G memiliki 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50MP bersensor Sony IMX 766, kamera Ultra White 8MP, dan kamera Makro 2MP. Sedangkan untuk kamera depannya beresolusi 32MP untuk foto atau selfie.

Untuk perekaman video, kamera belakangnya sudah bisa support hingga resolusi forte 30fps. Sedangkan untuk kamera depannya hanya full HD alias 1080 30 fps. Kamera pada OPPO Reno8 Pro 5G ini juga telah 0 eyes sehingga hasil videonya akan minim goyangan.

OPPO Reno8 Pro 5G juga dilengkapi dengan pengisian daya kecepatan super. Tidak ada lagi momen menunggu dengan kecepatan pengisian yang super cepat. Cukup 11 menit pengisian maka dayanya sebesar 50% sedangkan 5 menit pengisian daya bisa digunakan untuk 2 jam bermain. Battery Health Engine milik OPPO memperpanjang masa pakai baterai 4500mAh10 dengan mengontrol arus dan tegangan pengisian daya secara cerdas. 

Pilihan RAM 8 atau 12 GB semakin melancarkan proses content creation. Terlebih memori penyimpanan lega sebesar 256 GB siap menampung semua hasil foto dan video dari smartphone ini. Penasaran dengan OPPO Reno8 Pro 5G? Untuk informasi lebih lanjut klik di sini.

4. Manfaatkan tanaman sebagai foreground.

5 Rahasia foto portrait © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Mau foto estetik kini nggak harus jauh-jauh cari lokasi fotogenic loh. Tinggal manfaatkan tanaman-tanaman hias depan rumah untuk dijadikan foreground. Cukup bergaya di antara dedaunan dan jangan lupa lempar senyum termanismu. 

5. Ambil foto low angle di dekat air.

5 Rahasia foto portrait © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Rahasia yang terakhir bisa digunakan untuk kamu yang suka wisata air nih. Misalnya, mengabadikan momen epik berenang di danau atau pantai. Pertama, masuk ke mode portrait, kemudian putar HP agar lensa sejajar dengan permukaan air. Lalu, ambil low angle atau dekatkan dengan air. Terakhir, arahkan model untuk pura-pura candid ya. Dijamin kamu bakal puas dengan hasil jepretan yang estetik tersebut.

(brl/lak)

(brl/lak)