Brilio.net - Bagi seorang kreator, tak ada kata yang menakutkan kecuali “shadow ban”. Istilah ini merujuk ke hukuman oleh platform media sosial yang tidak diketahui wujudnya. Views dan likes tiba-tiba saja tren-nya menurun. Padahal, kreator sudah rajin mengunggah konten seperti biasanya.

Inilah yang terkadang membuat para kreator bertanya-tanya, apa yang salah dari konten. Tidak ada peringatan sebelumnya dari TikTok. Semua fitur dan fasilitas dari media sosial ini juga bisa diakses kreator. Jika terkena ban, umumnya kreator tidak akan bisa mengunggah, memberikan komentar, atau berinteraksi dengan followers.

Usut punya usut, ada beberapa kebiasaan yang ternyata jadi penyebab shadow ban. Yuk, simak ulasannya mengenai shadow ban yang menyebabkan hilangnya followers dan views seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (20/10).

1. Spam konten secara terus-menerus.

Mengenal Shadow ban TikTok © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Mengunggah konten terlalu sering dalam rentang waktu yang singkat ternyata jadi salah satu penyebabnya. Algoritma TikTok bisa menganggap kontenmu sebagai spam yang mengganggu. Hal tersebut sangat berisiko terkena shadow ban. Supaya tak dianggap spam, maka usahakan untuk mengunggah konten dengan diberi jeda, ya.

2. Konten yang melanggar TikTok Community Guidelines.

Mengenal Shadow ban TikTok © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

TikTok punya Community Guidelines yang ketat. Pedoman ini sangat penting dipatuhi agar akunmu tidak terkena shadow ban. Perhatikan juga tata cara mengunggah konten yang sudah diberikan oleh TikTok.

Jangan lupa, selalu berikan credit jika kamu menggunakan gambar atau video milik orang lain. Jika tidak, kontenmu akan dianggap sebagai curian dan tidak original.

3. Menggunakan audio atau lagu copyright.

Mengenal Shadow ban TikTok © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Rupanya musik juga bisa mempengaruhi kontenmu terkena shadow ban. Salah satunya jika kamu menggunakan audio atau lagu copyright. TikTok akan dengan mudah mendeteksi musik yang kamu gunakan. Cara menyiasatinya sebaiknya gunakan musik yang telah disediakan TikTok.

4. Fake news atau hoax.

Mengenal Shadow ban TikTok © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Jangan sekali-kali mengunggah konten yang berisi berita palsu atau hoax. Konten yang umumnya disebut fake news ini sangat dibenci oleh TikTok. Jika ketahuan, platform ini akan memberikan hukuman berat. Tidak hanya shadow ban, akunmu bisa dibekukan sementara.

5. Indikator akun terkena shadow ban.

Mengenal Shadow ban TikTok © 2022 brilio.net

foto: shutterstock.com

Shadow ban ini memang terkadang membuat penggunanya tak sadar, loh. Pasalnya TikTok tak memberi pemberitahuan resmi terkait kesalahan yang terdapat pada kontenmu. Beberapa indikator untuk mengenali akunmu terkena shadow ban yakni seperti nama akunmu tak muncul di kolom pencarian.

Konten milikmu juga tak muncul di beranda followers setia sekalipun. Sama seperti nama, video yang terkena shadow ban juga tak muncul di pencarian. Akibatnya orang lain akan kesulitan untuk menemukan konten video TikTok milikmu.

Nah, biar nggak terkena shadow ban sebaiknya kamu berkreativitas membuat konten yang orisinil. Momen kreatif akan semakin seru dengan menggunakan OPPO A77s, loh. Hal ini lantaran OPPO A77s dilengkapi dengan dua buah kamera belakang yang dimuat dalam sebuah modul persegi. Kedua kamera itu masing-masing beresolusi 50 MP dan 2 MP (monokrom). Sedangkan pada bagian tengah atas layar, terdapat "poni" bergaya waterdrop yang memuat kamera selfie 8 MP.

Ditambah lagi OPPO menyematkan baterai berkapasitas 5000mAh pada A77s. Nggak hanya berkapasitas besar, baterai juga mendukung teknologi pengisian daya cepat 33 Watt SUPERVOOC, yang diklaim bisa mengisi penuh 100 persen dalam waktu 71 menit. Jadi dengan daya tahan baterai yang awet, kamu bisa menggunakan ponselmu untuk bikin konten yang menarik dan unik.

Nah, sekilas desain OPPO A77s ini mirip dengan OPPO Reno series. Sebab, bagian punggung ponsel ini dihiasi dengan material khusus yang dijuluki Fibreglass-Leather Design. Dengan desain ini, punggung perangkat memiliki tekstur kulit yang kesat di tangan, tidak licin, dan bebas dari bekas sidik jari.

Mengenal Shadow ban TikTok © 2022 brilio.net

foto: OPPO

Meski demikian, desain ini hanya tersedia untuk OPPO A77s varian warna Sunset Orange saja, sedangkan varian warna lainnya, yaitu Starry Black menggunakan material doff yang kesat, bukan kulit. Dengan demikian, ponsel ini sangat cocok untuk menunjang fashionmu agar semakin terlihat stylish.

OPPO A77s ini menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) ColorOS 12.1. Fitur pendukung lainnya mencakup speaker berteknologi Dirac Sound, tingkat ketahanan terhadap debu dan air dengan rating IP54, 3,5 mm audio jack, pemindai sidik jari yang disematkan di tombol power, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu saja, OPPO A77s ini juga ditenagai dengan chipset Snapdragon 680 yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan media penyimpanan 128 GB. Untuk informasi lebih lengkap kamu bisa klik di sini.

(brl/lak)