Brilio.net - Bagi pecinta dunia fotografi, istilah long exposure tentu sudah tidak asing lagi. Long exposure merupakan salah satu teknik fotografi yang mengkombinasikan objek diam dengan objek bergerak. Berbekal shutter speed yang lambat, hasil fotonya bak di negeri dongeng. Bagaimana tidak, objek yang bergerak berubah jadi garis cahaya yang menakjubkan.

Kini memotret foto long exposure tidak harus menggunakan kamera profesional. Cukup menggunakan smartphone, kamu juga dapat menghasilkan foto long exposure ciamik. Caranya juga gampang sekali dengan beberapa langkah saja.

Berikut beberapa trik memotret long exposure cuma pakai smartphone yang telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Jumat (21/10).

1. Gunakan tripod.

Trik memotret long exposure pakai smartphone © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Mengambil foto long exposure membutuhkan kestabilan dalam memegang smartphone. Pasalnya, jika smartphone bergerak sedikit saja akan mengguncang hasil foto atau biasa dikenal dengan nama shaking.

Untuk itu, disarankan menggunakan tripod ketika sedang mengambil foto long exposure agar meminimalisir tingkat guncangan dan foto terlihat sempurna.

2. Manfaatkan mode kamera OPPO.

Trik memotret long exposure pakai smartphone © berbagai sumber

foto: OPPO

Kamu dapat memotret long exposure cuma menggunakan OPPO Reno8 Pro 5G. Smartphone ini memiliki mode potrait yang memiliki potret sinematik dengan penyesuaian efek bokeh kelas pro. Mode Potret sekarang memiliki 22 pilihan apertures untuk menciptakan berbagai macam efek bokeh.

OPPO Reno8 Pro 5G hadir dengan tiga fitur unggulan, yaitu Ultra Night Video, Ultra HDR Video, dan Night Portrait. Ketiga fitur ini mendukung resolusi 4K untuk Reno8 Pro 5G. Algoritma turbo raw pada fitur Night Portrait di Reno8 Pro 5G ditingkatkan, di mana dapat melakukan pengurangan noise secara AI pada tiga saluran RGB (Red, Green, Blue) di domain raw. Jadi, yang disesuaikan adalah file mentahnya, bukan setelah foto yang sudah jadi.

MariSilicon X pada perangkat juga dapat mempercepat pengolahan gambar, sehingga hasilnya dapat terlihat di pratinjau gambar 60% lebih cepat. Ini karena MariSilicon X mempunyai DDR bandwidth sendiri, dibanding sistem on chip yang membagi memori DDR untuk NPU, CPU, dan GPU.

Tidak hanya itu saja, OPPO Reno8 Pro 5G memiliki 3 kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50MP bersensor Sony IMX 766, kamera Ultra White 8MP, dan kamera Makro 2MP. Sedangkan untuk kamera depannya beresolusi 32MP untuk foto atau selfie.

Untuk perekaman video, kamera belakangnya sudah bisa support hingga resolusi forte 30fps. Sedangkan untuk kamera depannya hanya full HD alias 1080 30 fps.

OPPO Reno8 Pro 5G juga dilengkapi dengan pengisian daya kecepatan super. Tidak ada lagi momen menunggu dengan kecepatan pengisian yang super cepat. Cukup 11 menit pengisian maka dayanya sebesar 50% sedangkan 5 menit pengisian daya bisa digunakan untuk 2 jam bermain. Battery Health Engine milik OPPO memperpanjang masa pakai baterai 4500mAh dengan mengontrol arus dan tegangan pengisian daya secara cerdas. 

Tidak hanya itu saja, OPPO Reno8 Pro 5G juga dilengkapi dengan fitur Multi-Screen Connect merupakan fitur eksklusif bawaan dari sistem antarmuka terbaru Oppo, ColorOS 12.1. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan ponsel Reno 8 ke komputer PC milik pengguna. Dengan begitu, pengguna bisa mengoperasikan hingga menerima notifikasi ponsel langsung di laptop. 

Lalu, karena sudah terintegrasi, pengguna juga bisa mengedit serta mengirim file antar-PC dan HP Oppo Reno 8 5G dengan mudah. Dengan fitur Multi-Screen Connect, pengguna juga bisa mengoperasikan ponselnya secara langsung dari laptop. Ini bakal menghemat waktu karena pengguna tak perlu bolak-balik memegang ponselnya. Penasaran dengan OPPO Reno8 Pro 5G? Untuk informasi lebih lanjut klik di sini.

Momen memotretmu pun akan semakin asyik dengan mendengarkan musik memakai OPPO Enco Air2 Pro dan OPPO Enco Buds2 loh. Kedua TWS terbaru dari OPPO ini mengusung spesifikasi dan menyasar pada segmen yang berbeda. Dimana OPPO Enco Air2 Pro dibekali Driver Super Besar 12,4 mm serta Enco Air2 Pro punya sertifikasi tahan air IPX4.

Trik memotret long exposure pakai smartphone © berbagai sumber

foto: OPPO

OPPO Enco Air2 Pro hadir dilengkapi Driver Super Besar 12,4 mm, ruang suara belakang besar yang dibuat khusus, dan pengaturan bass Enco Live yang menawarkan audio bass yang lebih dalam, lebih kuat, dan lebih bertenaga.  OPPO Enco Air2 Pro juga dilengkapi Active Noise Cancelling (ANC) yang mampu menangkap dan meredam noise sekitar pada berbagai frekuensi suara. Earbud yang bertenaga ini meluncur dengan desain Refractive Bubble Case nan cantik dan siap untuk menjadi pusat perhatian. 

Desain yang ramping memaksimalkan kenyamanan saat memakainya dan meminimalisir kelelahan saat dipakai di waktu yang lama, ditambah dengan sertifikasi IP54 tahan debu dan air. OPPO Enco Air2 Pro mampu bertahan hingga 7 jam, bahkan hingga 28 jam dengan casing pengisi daya. Enco Air2 Pro juga mendukung OPPO Flash Charging yang mampu mengisi daya hanya 10 menit yang bisa untuk mendengarkan musik selama 2 jam. 

Untuk konektivitas, OPPO Enco Air2 Pro menggunakan Transmisi Latensi Rendah Binaural Bluetooth 5.2 untuk pengalaman audio terbaik. Fitur ini memiliki latensi end-to-end hingga 94 ms yang secara efektif meminimalisir audio visual yang tidak sinkron dan kehilangan konektivitas. OPPO Enco Air2 Pro juga dilengkapi dengan kontrol sentuh cerdas seperti mengetuk dua kali untuk mengambil gambar, yang membawa kemampuan earbud nirkabel ke tingkat yang baru.

Trik memotret long exposure pakai smartphone © berbagai sumber

foto: OPPO

Dilengkapi dengan driver besar 10mm, Enco Buds2 turut dibekali efek suara eksklusif Enco Live untuk menghadirkan gaya musik yang berbeda. Di sisi baterai, Enco Buds2 mampu memainkan musik hingga 7 jam dalam sekali pengisian daya dan bertahan hingga 28 jam dengan casing pengisi daya. 

Fitur AI Deep Noise Cancellation untuk Panggilan memungkinkan pengguna untuk mendengar dengan mudah dan jelas bahkan di suasana yang bising. Binaural Latensi Rendah dengan Transmisi Bluetooth 5.2 di OPPO Enco Buds2 hadirkan koneksi Bluetooth yang lebih cepat dan stabil untuk pengalaman audiovisual yang selalu sinkron serta panggilan dan musik tanpa terputus.

Mode Game Rendah Latensi End-to-End 94 ms akan membuat permainan pengguna jauh lebih sinkron dan bebas lag, gangguan, dan terputus. Untuk konektivitas instan, fitur Open Up Flash Connect menjadikan Enco Buds2 dapat langsung terhubung ke smartphone pengguna secara otomatis setelah pengguna membuka casing. 

Fitur Ketuk Dua Kali untuk Mengontrol Kamera memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dari jarak jauh dan selfie di berbagai situasi dengan mudah. Desain canggih Enco Buds2 memiliki berat hanya 4 gram sehingga terasa ringan dan nyaman saat dipakai. Desain ergonomis yang pas di telinga dan memastikan pengalaman yang lebih mendalam, plus ditambah sertifikasi Tahan Air IPX4 yang memastikan Enco Buds2 tahan percikan air dan keringat.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai OPPO Enco Air2 Pro dan OPPO Enco Buds2 klik di sini.

3. Kustomisasi pengaturan di mode pro.

Trik memotret long exposure pakai smartphone © berbagai sumber

foto: shutterstock.com

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengkustomisasi pengaturan di mode pro smartphone. Mode ini memungkinkan kamu mengatur aneka parameter yang tersedia. Dengan kontrol penuh ini, kamu akan lebih bebas lagi berkreasi.

Pertama, atur tingkat ISO pada titik terendah, umumnya 100. Selanjutnya, atur bukaan lensa dan titik fokus ke subjek yang hendak difoto. Terakhir, atur shutter speed sesuai selera. Semakin lama shutter speed, objek bergerak akan semakin bergaris atau blurry.