Brilio.net - Tidak bisa dibantah lagi bahwa pamor mobile game saat ini kian meningkat. Dengan banyaknya dikenal di berbagai kalangan, bermain mobile game juga menjadi ladang untuk menghasilkan uang. Dari sini, tidak sedikit gamers yang memperoleh uang.

Namun untuk bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah, pamain game harus banyak berlatih dan melengkapi permainan mereka dengan perangkat-perangkat pendukung. Nah, sebagai gamer sejati, kamu pasti sudah tahu betapa pentingnya perangkat-perangkat tambahan tersebut saat bermain game. Tidak hanya menunjang kenyamanan, perangkat-perangkat tersebut juga mempunyai peran penting dalam memenangkan permainanmu.

Untuk mengurangi rasa penasaran, brilio.net sudah mengumpulkan 5 perangkat tambahan yang bisa menunjang permainanmu menuju kemenangan sejati. Kumpulan informasi ini dihimpun dari berbagai sumber pada Rabu (29/9).

1. Gamepad.

5 Perangkat mobile gaming yang wajib dimiliki para gamers berbagai sumber

foto: pixabay.com

Salah satu faktor utama untuk bisa memenangkan sebuah permainan adalah dengan lincahnya jarimu dalam bermain. Game dengan genre shooter, adventure, fighting, dan platformer sangat mengandalkan ketangkasan ibu jari. Namun tidak dipungkiri juga bahwa sesekali ibu jari kamu pasti merasakan kepenatan saat sedang asyik bermain.

Untungnya masalah ini punya solusi dengan adanya gamepad. Kelebihan dari gamepad ini cukup menarik untuk diketahui, misalnya membantu memasukkan perintah melalui layar, punya tombol pengontrol gerakan kiri kanan, bahkan juga dilengkapi dengan tuas analog. Ini bisa membuat para gamers dengan mudah mengalahkan lawan. Untuk konektivitasnya sendiri, gamepad hadir dengan menggunakan bluetooth dan kabel Universal Serial Bus (USB).

2. Joystick.

5 Perangkat mobile gaming yang wajib dimiliki para gamers berbagai sumber

foto: pixabay.com

Selain gamepad, perangkat pendukung lainnya yang layak dimiliki oleh gamers adalah joystick. Alat ini bagus digunakan untuk bermain game dengan genre role-playing game (RPG) atau multiplayer online battle (MOBA).

Sama halnya dengan gamepad, joystick juga bisa dibeli di pasaran dalam berbagai bentuk. Gamers yang ingin model sederhana bisa mencoba joystick model hand grip. Perangkat ini cukup mudah digunakan, yaitu dengan memasangkannya pada sisi smartphone.

Untuk pilihan lain, kamu juga bisa menggunakan joystick mini berjenis fling. Joystick model ini terbuat dari aluminium anodized yang memungkinkan gamers mengontrol permainannya dengan lebih presisi. Bentuknya yang mini pun tidak menjadi penghalang layar.

3. True wireless stereo (TWS) gaming.

5 Perangkat mobile gaming yang wajib dimiliki para gamers berbagai sumber

foto: pixabay.com

Hal pendukung berikutnya yang juga tidak kalah penting adalah suara. Saat bermain game, rasanya tidak lengkap jika tidak ada suara dan sarana berkomunikasi dengan gamers lainnya. Efek-efek suara dari game bisa menambah semangat bermain. Makanya, menggunakan TWS menjadi hal yang penting.

Untuk rekomendasi, kamu bisa menggunakan TWS keluaran Oppo seperti Oppo Enco Buds dan Oppo Encho Air. Banyak gamers yang memilih dua produk ini karena dikenal mempunyai latensi rendah yaitu 80 ms. Menariknya lagi, Oppo Encho Air telah diakui oleh lembaga sertifikat dunia TÜV Rheinland.

Tidak hanya itu, kedua earphone tersebut sudah dilengkapi dengan Gamer Mode, sebuah fitur yang mensinkronisasikan antara visual dan audio menjadi lebih dekat. Dari segi audio sendiri, Oppo Enco Buds dan Oppo Encho Air mampu menghasilkan suara jernih serta powerful dan dominan bass.

4. Cooler pad.

 

Panasnya smartphone saat bermain game adalah salah satu keluhan utama yang dirasakan oleh gamers. Dengan durasi bermain yang lama, smartphone akan menjadi panas bahkan menurunkan performa ponsel. Kejadian seperti ini mengharuskan gamers untuk terpaksa berhenti di saat sedang serunya bermain.

Sebagai solusi, kamu bisa menggunakan perangkat pendingin ini yang mampu menjaga kestabilan suhu smartphone-mu. Sehingga permainan pun tidak akan terganggu.

5. Smartphone gaming.

5 Perangkat mobile gaming yang wajib dimiliki para gamers berbagai sumber

foto: pexels.com

Ini merupakan hal utama yang perlu diperhatikan oleh gamers. Seperti yang diketahui, mobile gaming dikenal mempunyai ukuran yang besar (bahkan hingga 1 GB). Ditambah lagi dengan grafis yang digunakan juga terbilang tidak ringan.

Untuk bermain game tanpa kendala, kamu harus menggunakan smartphone yang mumpuni, yang memiliki kapasitas memori besar untuk kelancaran bermain. Hal yang perlu diperhatikan dimiliki smartphone tersebut seputar chipset terbaik, RAM dengan kapasitas besar, ruang penyimpanan yang besar, baterai tahan lama, serta layar dengan resolusi tinggi dan memadai.