Brilio.net - Di tengah keseriusan untuk meluncurkan perangkat seri Reno terbaru yakni Oppo Reno6, Oppo Indonesia tak melupakan pengguna serie A yang banyak peminatnya. Terbukti, Oppo memperkenalkan Oppo A16 belum lama ini.

Suksesor A15 di Indonesia yang dibanderol Rp 1,9 jutaan ini hadir dengan desain stylish dan trendi. Memiliki body ramping dan kinerja tinggi, untuk memenuhi kebutuhan sehari–hari pengguna.

“OPPO A16 mengkombinasikan gaya dan fungsional perangkat. Desain yang trendi membuat perangkat ini dapat dipadu padankan dengan selera berpakaian anak muda sebagai targetnya,” ujar PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto A.  

Kendati perangkat ini masuk dalam kategori entry level, namun untuk urusan kecanggihan, Oppo A16 cukup mumpuni. Maklum, perangkat ini dibekali sejumlah fitur yang dapat diandalkan pengguna untuk menjelajah internet atau mengabadikan momen dengan kemampuan kameranya. 

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Nah seperti apa kemampuan perangkat yang tampil ramping dan stylish dengan beragam fitur tekologi pol namun tak membuat kantong jebol ini, berikut faktanya.  

1. Desain stylish

Oppo A16 © 2021 brilio.net

Dari sisi bobot, perangkat ini cukup ringan, hanya 190gram sehingga nyaman dibawa sepanjang hari. Bagian penutup atas perangkat ini terbuat dari bahan aluminium yang juga berfungsi untuk meredam panas.  Perangkat ini  hadir dalam dua varian warna, Crystal Black dan Space Silver.

2. Nyaman untuk mata

Oppo A16 © 2021 brilio.net

Perangkat ini sudah dilengkapi layar Eye Care Display yang dapat melindungi mata pengguna agar tidak mudah lelah setelah menggunakan perangkat dalam waktu lama. Layar LCD memberikan tampilan visual superior berkat resolusi dan kecerahannya yang tinggi.

3. Sektor kamera

Oppo A16 © 2021 brilio.net

Perangkat ini membawa tiga kamera kelas atas yang tampil premium. Kesan ini muncul dengan adanya bingkai yang dibalut dalam plat vakum dengan sentuhan akhir perak yang berkilau.

Perangkat ini memiliki kamera utama 13MP, kamera bokeh 2MP dan kamera makro 2MP. Lewat rangkaian kamera ini, pengguna mudah menyeimbangkan saturasi dan kecerahan, menyesuaikan level warna secara manual, atau menerapkan satu dari 7 filter yang tersedia, yaitu Warm, Mist, Country, Travel, Food, Film, and Autumn. Sementara kamera depan beresolusi 8MP yang memungkinkan pengguna mengambil swafoto dengan jernih.

4. Daya tahan baterai lama

Oppo A16 © 2021 brilio.net

Satu lagi fitur yang nggak kalah penting yakni daya tahan baterai. Perangkat ini dilengkapi baterai 5000mAh sehingga mampu bertahan seharian penuh tanpa isi ulang daya. Dengan 100% baterai, pengguna bisa mendapatkan 34 jam waktu panggilan, atau 21,02 jam pemutaran video Youtube berkelanjutan. Ada juga fitur tambahan yang berfungsi sebagai perlindungan termasuk overcharge dan over-discharge.

Perlindungan ini menjaga agar tidak terjadi pengisian daya dengan arus berlebihan. Untuk pengisian daya di malam hari, perangkat ini dilengkapi fitur Super Nighttime Standby di mana selama 8 jam waktu tidur perangkat hanya mengonsumsi daya 1,21%.

5. Sistem operasi

Oppo A16 © 2021 brilio.net

Di sisi perangkat keras A16 dilengkapi RAM 3GB dan penyimpanan internal 32GB yang dapat diperluas hingga 256GB. Perangkat yang mengandalkan chipset MEdiatek Helio G35 ini berjalan pada sistem operasi ColorOS 11.1, termasuk sertifikasi pihak ketiga, seperti ISO, ePrivacy, dan TrustArc, guna memastikan informasi pribadi pengguna selalu disimpan dan ditransfer dengan aman. Selain itu perangkat ini juga hadir dengan sertifikasi IPX4 Waterproof dan tes kualitas presisi lainnya.

(brl/red)