Brilio.net - Pada Maret 2021 lalu, perusahaan vendor ponsel pintar asal Tiongkok, Oppo akhirnya secara resmi meluncurkan smartphone seri Find X3. Kali ini, Oppo memperkenalkan empat model terbaru seri Find X3 yang salah satunya ialah Find X3 Pro.

Dengan segudang kecanggihan yang ditawarkan, tak heran jika smartphone ini dibanderol dengan harga yang fantastis. Keluaran Oppo Find X3 Pro ini merupakan peningkatan dari seri sebelumnya, Find X2 Pro yang telah sukses dipasarkan. Sebagai produk terbaik, OPPO Find X3 Pro jelas membawa spesifikasi terbaik di kelasnya.

Salah satunya, chipset Snapdragon 888 5G akan jadi mesin utama pada ponsel flagship papan atas yang satu ini. Diketahui chipset yang diusung oleh OPPO Find X3 Pro ini merupakan keluaran terbaru dari Qualcomm, sehingga performa perangkat Find X3 Pro tak bisa diragukan lagi.

Beberapa kecanggihan yang bisa dinikmati pada ponsel ini di antaranya bodi yang kuat, layar yang tangguh, kamera yang fantastis, hingga fitur-fitur terbaru lainnya.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut, berikut harga, spesifikasi, kelebihan dan kekurangan OPPO Find X3 Pro, seperti dilansir brilio.net dari oppo.com, Jumat (2/7).

-

Harga Oppo Find X3 Pro.

Dilansir dari laman resmi Oppo, ponsel yang dilengkapi dengan fitur-fitur canggih ini dijual dengan harga Rp 15.999.000.

-

Spesifikasi Oppo Find X3 Pro.

Oppo Find X3 Pro 5G © Oppo.com

foto: oppo.com

 

Rilis: 19 Maret 2021

Warna: Gloss Black (Glossy glass) dan Blue (AG glass)

Ukuran dan berat:
- Tinggi: 163.6mm
- Lebar: 74.0mm
- Tebal: 8.26mm
- Berat: 193g

Layar: LTPO AMOLED, 6.7 inci

Sistem operasi: ColorOS 11.2 berbasis Android 11

Resolusi: 3216 x 1440 (QHD +)

Chipset: Qualcomm Snapdragon 888 (5 nm)

GPU: Adreno 660

Penyimpanan: RAM 12 GB + ROM 256 GB

Memori Eksternal: -

Versi USB: USB 3.1.0

USB OTG: Didukung

Kamera Belakang: 50 MP + 13 MP + 50 MP + 3 MP

Kamera Depan: 32 MP

Baterai: Li-Po 4500mAh tidak dapat dilepas

Pengisian cepat: Super VOOC 2.0/Super VOOC/VOOC 3.0/PD (9V / 2A)/QC (9V / 2A)/PPS (30W)

Biometrik: Mendukung buka sidik jari dan pengenalan wajah

-

Kelebihan HP Oppo Find X3 Pro 5G.

 

1. Desain ponsel unik.

Oppo Find X3 Pro 5G © Oppo.com

foto: oppo.com

 

Dari segi desain, Oppo Find X3 Pro 5G hadir dengan tampilan unik. Vendor ponsel pintar ini menyebut desain ponsel Oppo Find X3 Pro itu terinspirasi dari pesawat luar angkasa. Desainnya lengkung dan terkesan futuristis.

Menariknya pada bagian kamera belakang bingkainya bukan merupakan bagian terpisah dari bodi belakang. Melainkan bingkai kamera belakang itu menyatu dari bodi belakangnya. Sehingga bentuknya terlihat timbul.

Ponsel kelas flagship ini juga memiliki material yang tidak sembarangan. Bodi belakangnya terbuat dari material kaca Gorilla Glass 5, sama seperti bagian depannya. Kemudian, pada bagian depan terlihat premium dengan sisi kiri dan kanan layar yang melengkung.


2. Sudah jaringan 5G.

Oppo Find X3 Pro 5G © Oppo.com

foto: oppo.com

 

Untuk urusan konektivitas, Oppo Find X3 Pro sudah bisa terkoneksi ke jaringan 5G. Band yang didukung pun lengkap, mulai dari n1, n3, n5, n7, n8, n20, n28, n38, n40, n41, n77, n78, dan n79. Jadi, ponsel ini sudah bisa terkoneksi jaringan 5G dengan baik.


3. Performa responsif.

Oppo Find X3 Pro 5G © Oppo.com

foto: oppo.com

 

Ponsel flagship Oppo Find X3 Pro ini dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 888 Mobile Platform. Sehingga, konsumsi daya yang dibutuhkan lebih rendah dan masa pakai baterai yang lebih lama.

Diketahui, seri chipset tersebut merupakan seri tertinggi dari chipset buatan Qualcomm untuk perangkat mobile. Kinerja CPU pada Oppo Find X3 Pro ini sebesar 25% dengan kecepatan rendering grafis sebesar 35% untuk pengalaman yang lebih cepat dan lebih imersif.


4. Dua kamera utama.

Oppo Find X3 Pro 5G © Oppo.com

foto: oppo.com

 

Smartphone Oppo Find X3 Pro dilengkapi kamera 50 MP untuk mengambil gambar dengan kualitas warna yang sangat tajam. Hasil jepretan ini disimpan dengan kualitas 10-bit, sehingga saat bernostalgia di kemudian hari kualitas gambar masih tetap jernih.

Di samping itu, ponsel flagship ini juga dibekali oleh sensor mikro hingga pembesaran mencapai 60X. Sensor ini juga mampu membidik gambar sangat dekat dari sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh mata manusia seperti tekstur pada helaian kain atau LED komputer. Dengan begitu, kemunculan sensor ini menciptakan kamera OPPO Find X3 Pro menjadi lebih adaptif.


5. Sudah kantongi sertifikat IP68.

Oppo Find X3 Pro 5G © Oppo.com

foto: oppo.com

 

Selanjutnya, Oppo Find X3 Pro sudah mengantongi sertifikat IP68 yang artinya tahan terhadap debu dan air. Menurut laman voi.id, dengan mengantongi sertifikat IP68 sebuah ponsel dapat bertahan di air kedalaman 1,5 sampai 2 meter selama 30 menit.


6. Pengisian daya cepat 65 watt.

Oppo Find X3 Pro 5G © Oppo.com

foto: oppo.com

 

Salah satu kelebihan Oppo Find X3 Pro adalah didukung dengan pengisian daya cepat 65 Watt. Untuk fitur pengisian daya cepat, Oppo Find X3 Pro ini terbilang lengkap.

Ponsel ini memiliki fitur pengisian daya cepat 65 Watt (dengan charger kabel), pengisian daya cepat nirkabel mencapai 30 Watt, lalu ada reverse wireless charging 10 Watt.

Berdasarkan klaim pihak Oppo, saat menggunakan charger yang mendukung pengisian daya cepat 65 Watt, daya ponsel ini dapat terisi sampai 40 persen hanya dalam waktu 10 menit.


7. Memanjakan para gamers.

Oppo Find X3 Pro 5G © Oppo.com

foto: oppo.com

 

Bagi para gamers, ponsel ini mendukung penggunanya agar terhindar gangguan dari luar. Saat sedang menikmati keseruan permainan, Find X3 Pro membantu kamu memblokir panggilan masuk, notifikasi, dan ikon pemberitahuan.

-

Kekurangan HP Oppo Find X3 Pro.

Oppo Find X3 Pro 5G © Oppo.com

foto: oppo.com

 


1. Tidak ada lensa telefoto periskop.
Berbeda dengan seri Oppo Find X2 Pro, seri kali ini tidak disematkan lensa telefoto periskop pada kamera utamanya, sehingga ponsel terbaru ini tidak dapat membidik benda lebih jauh.

Namun, sebagai gantinya kamera utama pada OPPO Find X3 Pro membawa sensor telefoto yang memiliki kapabilitas memperbesar sampai 2X (52mm) dengan diafragma f/2.4 serta didukung oleh PDAF, yaitu sebuah teknologi autofocus.


2. Tidak ada slot microSD dan port 3.5mm jack.
Sama seperti ponsel flagship lainnya, di Find X3 Pro 5G tidak ada slot microSD dan port 3.5mm jack. Jadi, kamu harus puas dengan memori internal di ponsel ini.

Lalu, jika ingin mendengarkan musik via earphone atau headphone, pengguna harus menggunakan TWS atau bahkan wireless headphone tanpa kabel.


3. Variasi memori terbatas.
Perangkat ini hanya menawarkan dua kombinasi ruang penyimpanan saja yakni 8/256 GB dan 12/256 GB. Dalam hal ini OPPO Find X3 Pro mengalami kemunduran dibandingkan seri sebelumnya yang punya kapasitas ROM hingga 512 GB.


4. Kapasitas baterai 4.500 mAh.
Jika dibandingkan dengan ponsel flagship lainnya, daya baterai yang terpasang di Oppo Find X3 Pro 5G kapasitasnya cenderung kecil.

Handphone Oppo Find X3 Pro 5G ini hanya dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh saja. Daya tersebut sebenarnya bisa bertahan seharian asalkan tidak digunakan secara intens.