Brilio.net - Persaingan silikon smartphone kini semakin ketat dengan kehadiran Snapdragon 888. Penerus flagship dari seri Snapdragon 865 ini membawa penyempurnaan mutakhir untuk smartphone kelas atas. Bahkan, silikon Apple, A14 bisa takluk di hadapan silikon produksi Qualcomm ini.

Pabrikan dari Amerika ini mengklaim mempunyai kecepatan 5G tercepat dengan modem X60 yang ditanamkan di Snapdragon 888. Selain itu, kemampuan AI di chipset ini juga diklaim terbaik di kelasnya.

Dirilis Desember ini, peluncuran chipset flagship ini ditunggu-tunggu oleh penggemarnya. Xiaomi baru saja membocorkan bahwa Mi 11 akan menggunakan prosesor ini.

Seri silikon sebelumnya, Snapdragon 865 sebenarnya sudah membawa fitur yang luar biasa. Dilansir dari screenrant, chipset ini mempunyai fitur perekaman video hingga resolusi 4K dan 8K. Lebih kerennya lagi, Snapdragon 865 bisa mempunyai fitur video slowmotion dengan 960 frame per detik.

Snapdragon 888 membawa fitur yang 'dewa' dibandingkan sebelumnya. Tentunya, seri flagship ini akan menjadi standar industri yang nantinya akan turun ke seri chipset di bawahnya. Seperti apa hebatnya Snapdragon 888 dibandingkan seri sebelumnya Snapdragon 865?

Loading...

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (7/12), berikut 5 keunggulan Snapdragon 888.

1. Dukungan RAM hingga 32 GB.

5 kuatnya Snapdragon 888 vs generasi sebelumya istimewa

foto: Qualcomm.com

Memori RAM sangat penting di smartphone agar kamu bisa membuka banyak aplikasi tanpa takut lemot. Snapdragon 888 memiliki dukungan RAM hingga 32 GB. Angka ini sangat fantastis mengingat smartphone flagship tahun ini umumnya memiliki RAM sekitar 8GB hingga 12GB saja. Seri sebelumnya, Snapdragon 865 hanya bisa dibekali dengan RAM sebesar 16GB.

2. Menggunakan transistor ukuran 5 nm.

Semakin kecil ukuran transistor dalam suatu chipset, maka semakin besar pula kekuatannya. Beda dengan generasi sebelumnya, Snapdragon 888 menggunakan proses manufaktor dengan transistor ukuran 5 nm.

Ukuran super kecil ini membuat kekuatan chipset seri flagship ini tak tertandingi di kelasnya. Selain semakin kuat, chipset ini juga diklaim lebih efisien daya daripada sebelumnya.

3. Grafis lebih mumpuni dengan Adreno 660.

Adreno 660 yang ada di Snapdragon 888 digadang-gadangkan mempunyai kemampuan proses grafis 35% lebih besar daripada pendahulunya. Optimisasi yang ada di grafis ini tentunya akan sangat berguna saat gaming atau aplikasi lain yang membutuhkan daya pengolahan grafis yang berat.

4. Dukungan kamera yang luar biasa.

Pengolah foto Spectra 580 ISP yang ada di Snapdragon 888 bikin terkejut semua orang. Chipset ini mendukung kamera utama hingga 200 MP.

Selain itu, Spectra 580 ISP bisa memproses hingga 2,7 gigapixels setiap detiknya atau 120 foto dengan resolusi 12MP. Kemampuan pengolahan foto yang luar biasa ini tentu sangat mendukung fotografi mobile dengan smartphone yang saat ini sedang populer.

5. Mendukung konektivitas lebih cepat.

5G benar-benar didukung oleh chipset terbaru ini. Generasi ketiga dari modem X60 buatan Snapdragon ini memiliki dukungan global yang tak tertandingi.

Selain itu, Snapdragon 888 juga memiliki dukungan 5G untuk dua kartu sim yang berbeda atau yang biasa disebut 5G dual SIM support. Snapdragon 888 memiliki kemampuan download mencengangkan hingga 9.5 Gbps. Jauh di atas kemampuan seri sebelumnya Snapdragon 865 di angka 7.5 Gbps.