Brilio.net - Oppo Indonesia akhirnya secara resmi mengumumkan bahwa peluncuran Oppo Reno6 akan dilakukan pada 15 Juli mendatang lewat acara virtual. Dalam acara pre-launch yang dilakukan virtual, PR Manager Oppo Indonesia Aryo Meidianto A menegaskan, suksesor Oppo Reno5 ini tetap mengandalkan keunggulan fitur fotografi dan videografi.

Menurutnya, Oppo Reno6 memiliki sejumlah keunggulan terutama dari sektor AI Potrait Expert, di mana Oppo fokus pada teknologi pencitraan yang inovatif. Aryo menjelaskan sejauh ini Oppo menerima data 200 juta pengguna seri Reno di seluruh dunia yang merekam video berkualitas tinggi kapan pun dan di manapun. Jumlah ini terus bertambah tiap bulan.

“Reno6 membantu pengguna dengan mudah untuk mengambil video dan foto potrait berkualitas tinggi melalui fitur pencitraan inovatif dengan kemampuan kecerdasan buatan yang Oppo kembangkan,” papar Aryo.

Nah berbicara AI Potrait Expert, maka akan sangat erat hubungannya dengan kamera. Lantas seperti apa Oppo Reno6 yang digadang-gadang bisa diandalkan untuk menghasilkan video kelas sinematografi ini, berikut faktanya.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Sektor kamera

Desain Oppo Reno6 © 2021 brilio.net

Oppo Reno6 memiliki rangkaian kamera yang bisa diandalkan untuk menghasilkan kualitas gambar ciamik. Pada bagian depan Oppo Reno6 dibekali kamera 44 megapiksel dengan bukaan lensa (f/2,4). Sementara pada bagian belakang terdapat empat konfigurasi kamera, yaitu kamera utama 64 megapiksel (f/1,7), lalu kamera lensa lebar (wide angle) 8 megapiksel (f/2,2), lensa makro 2 megapiksel, dan lensa mono 2 megapiksel (f/ 2/4).  

Reno6 juga hadir dengan kamera utama beresolusi ultra-tinggi yang dilengkapi algoritma resolusi super mampu menghasilkan foto beresolusi hingga 108MP. Gambar yang dihasilkan akan terlihat jelas dan tajam saat diperbesar.

2. Fitur Bokeh Flare Video Portrait

Oppo Reno6 © 2021 brilio.net

Sejak kabar Oppo Reno6 akan diluncurkan di Indonesia, pihak Oppo sudah membocorkan salah satu fitur andalan yang sekaligus menjadi jualan utama perangkat ini. Fitur Bokeh Flare Video Portrait yang dapat digunakan pada kamera depan dan kamera belakang. Keunggulan fitur ini dapat membuat efek layaknya pada produksi sinema di mana latar belakang dibuat blur terlebih jika terkena lingkaran cahaya. 

Fitur ini memiliki keunggulan di antaranya suar cahaya yang dibuat dari sumber cahaya asli. Karena menggunakan algoritma kecerdasan buatan yang dikembangkan Oppo, fitur ini dapat menunjukkan dengan tepat sumber cahaya asli pada latar belakang dan menciptakan titik cahaya bokeh pada berbagai tingkatan kedalaman, meniru apa yang dapat dihasilkan kamera profesional.

Oppo Reno6 © 2021 brilio.net

Keunggulan lainnya adalah pratinjau real-time di mana pemotretan dan pemrosesan gambar dapat diselesaikan hanya dalam waktu10 milidetik. Hal ini memungkinkan pratinjau potret bokeh flare video secara real-time. “Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan,” ujar Aryo.

Selain itu Bokeh Flare Portrait Video Reno6 secara otomatis mengoptimalkan latar belakang dengan titik cahaya bokeh sekaligus mencerahkan subjek potret, sehingga pengguna bisa mendapatkan efek potret tingkat profesional hanya dengan satu klik.

3. AI Highlight Video

Oppo Reno6 © 2021 brilio.net

Reno6 juga memiliki fitur unggulan AI Highlight Video yang berfungsi membuat video lebih jelas di malam hari atau dengan cahaya latar yang kuat. Fitur ini secara otomatis mendeteksi cahaya sekitar dan membantu membuat video potret yang lebih jelas, lebih cerah, dan lebih hidup.

Saat mengambil video potret di malam hari dengan AI Highlight Video, algoritma Ultra Night Video secara otomatis diaktifkan untuk meningkatkan kecerahan dan mengembalikan warna asli. Tekstur video akan terlihat lebih detail, bahkan pada area yang lebih gelap.

Dengan kondisi cahaya latar yang sangat kuat, pengguna tetap dapat merekam video potret super jernih dengan Reno6. Saat merekam dengan cahaya latar kuat, Algoritma Live HDR akan diaktifkan, memungkinkan kamera menangkap bidikan dengan lebih jelas, mempertahankan warna dan detail pada area yang gelap.

4. Portrait beautification video

Oppo Reno6 © 2021 brilio.net

Fitur ini menggabungkan pengenalan hingga 193 titik wajah untuk video sehingga memberikan efek beautifikasi yang halus dan alami untuk video potret. Fitur Portrait Beautification Video dapat menghilangkan ketidaksempurnaan kulit di wajah sambil mempertahankan fitur alami, mencocokkan warna kulit wajah dengan leher dan lengan, dan mencerahkan mata agar terlihat lebih istimewa.

5. Flash snapshot

Oppo Reno6 © 2021 brilio.net

Memanfaatkan Image Clear Engine (ICE) yang merupakan teknologi eksklusif OPPO, Flash Snapshot pada Reno6 akan memfokuskan objek secara otomatis dan cepat sejak pengguna menyalakan kamera, memastikan foto snapshot cepat selalu jernih dan stabil.

6. AI Pallete

Oppo Reno6 © 2021 brilio.net

AI Palette dapat dengan mudah menyalin gaya potret favorit preferensi pengguna ke dalam koleksi foto hanya dengan satu klik, memberi pengguna kontrol kreatif mutlak untuk setiap foto yang dihasilkan.

7. Sektor desain

Oppo Reno6 © 2021 brilio.net

Dari sisi desain, Oppo Reno6 memiliki ketebalan 7,8 mm dan berat sekitar 173g, Perangkat ini mudah dimasukkan ke dalam saku dan pas dalam gengaman. Selain itu Oppo Reno6 juga menggunakan teknologi warna ekslusif Reno Glow yang merupakan pusat daya tarik desain seri Reno karena menciptakan efek kilauan halus pada penutup belakang perangkat, sekaligus membuatnya bebas sidik jari. Oppo Reno6 hadir dalam dua tampilan warna, Aurora dan Stellar Black.

8. Bisa diandalkan untuk gaming

Oppo Reno6 © 2021 brilio.net

Reno6 dilengkapi layar berkualitas tinggi 6,4 Inci Amoled sehingga membuat pengguna nyaman saat bermain game. Selain itu, perangkat ini memiliki refresh rate 90Hz serta respons sentuhan hingga 180Hz. Dengan resolusi layar 2400 x 1080 FHD+ dilengkapi Sertifikasi SGS Eye Care Display membuat perangkat ini sangat nyaman di mata.

Selain  itu, Oppo Reno6 juga sudah dibekali Quick Startup yang dapat membantu pengguna mengidentifikasi game favorit yang paling sering dimainkan. Fitur ini akan membuat game tetap aktif di latar belakang bahkan setelah keluar dari game itu sendiri. Sementara fitur Game Focus Mode akan meminimalisasi semua pemberitahuan melalui notifikasi agar pengguna dapat berfokus kepada permainan yang dijalankan.

9. Teknologi ekspansi RAM

Desain Oppo Reno6 © 2021 brilio.net

Reno6 hadir dengan RAM besar 8GB + ROM 128GB dan teknologi Ekspansi RAM yang dikembangkan Oppo. Artinya jika ponsel kehabisan ruang RAM, pengguna dapat memilih untuk mengubah sebagian dari ROM (penyimpanan internal) yang tersedia menjadi RAM virtual. 

Pengguna dapat menyesuaikan tiga tingkat ukuran ekspansi, yang berarti RAM 8GB OPPO Reno6 dapat dilengkapi dengan memori tambahan mulai dari  2GB, 3GB, dan 5GB. Hal ini membuat Reno6 tetap berjalan dengan lancar dengan beberapa aplikasi yang berjalan bersamaan.

10. Ketangguhan baterai

Oppo Reno6 © 2021 brilio.net

Perangkat ini memboyong baterai 4310mAh dan pengisian daya cepat 50W, sehingga hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk baterai terisi 100%. Sementara dengan pengisian daya 5 menit akan memberi daya yang cukup untuk 3 jam pemutaran video berkelanjutan.

Baterai Reno6 juga dilengkapi fitur Super Power Saving Mode dan Super Nighttime Standby, di mana kedua fitur ini akan membantu memaksimalkan baterai terakhir ketika sangat dibutuhkan. Pengguna akan merasa aman ketika mengetahui masa pakai baterai terakhir dapat bertahan hingga menemukan tempat untuk mengisi daya.

11. Sistem operasi

Desain Oppo Reno6 © 2021 brilio.net

OPPO Reno6 dibekali O Relax, aplikasi bawaan unik yang berisi serangkaian suara yang menenangkan. Versi terbaru O Relax menampilkan The Sounds of the Cities, White Noise Customization, dan mini game penghilang stres. Oppo Reno6 menggunakan system operasi Colors 11.1 berbasis Android 11.

(brl/red)