Brilio.net - Beragam aksi penipuan melalui aplikasi pesan WhatsApp semakin marak. Ada banyak modus yang digunakan pelaku agar dapat melakukan penipuan di WhatsApp (WA).

Penipuan sengaja dilakukan untuk meraup uang sebanyak-banyaknya. Jika kamu nggak mau hati-hati, kamu bisa jadi korban penipuan.

Bahkan beberapa waktu lalu, pengguna WhatsApp pun diperingatkan adanya aktivitas penipuan berbahaya yang mengatasnamakan sebagai teman di WhatsApp. Modusnya, si penipu membajak akun salah satu pengguna dan dipakai untuk mendapatkan banyak uang dari pembobolan akun WhatsApp.

Oleh sebab itu, kamu perlu mawas diri. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melindungi akun WhatsApp agar tak mudah dibobol kamu seperti dirangkum dari berbagai sumber.

1. Aktifkan verifikasi dua langkah.

Loading...

Lindungi akun WhatsApp kamu dengan melakukan verifikasi keamanan dua langkah. Fungsi mengaktifkan ini untuk memastikan data kamu tidak diakses oleh orang lain. Untuk mengaktifkannya, caranya seperti berikut: Menu > Pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah > Aktifkan. Kemudian ikuti langkah-langkah untuk membuat kode PIN enam digit.

2. Periksa enkripsi untuk percakapan sensitif.

Untuk melakukannya, kamu bisa coba memulai percakapan dengan kontak tersebut. Di room chat atau ruang obrolan, dengan cara ketuk nomor tersebut, lalu ketuk enkripsi. Kamu akan menemukan 40 digit angka yang merupakan kode keamanan kamu.

Kamu dapat memverifikasi kode ini secara manual dengan membandingkan angka, dengan cara meminta kontak untuk memindai kode QR tersebut atau memindai kode kontakmu dengan tombol ‘Scan Code’.

3. Aktifkan pemberitahuan keamanan.

Agar akun kamu aman, perlu mengaktifkan pemberitahuan keamanan pada aplikasi WhatsApp. Dengan cara ini, kamu dapat memeriksa enkripsi dengan teman kamu melalui pesan yang berbeda, dan memastikan itu aman.

Untuk mengaktifkan pemberitahuan keamanan tersebut, kamu bisa lakukannya seperti ini: buka WhatsApp > Pengaturan > Akun > Keamanan > Tampilkan pemberitahuan keamanan dan aktifkan tombol hijaunya.

4. Lindungi privasi.

Cara ini bisa digunakan untuk mengontrol privasimu di WhatsApp dengan memilih apa saja yang perlu diketahui dan tidak perlu diketahui oleh kontak lainnya tentang akunmu.

Buka Pengaturan > Akun > Privasi. Kamu bisa memilih mana saja yang bisa kamu aktifkan untuk ke sesama kontak, semua jenis kontak, atau tidak ada yang bisa melihat status mu di WhatsApp.

5. Jangan beri akses root folder WhatsApp

Jangan memberi akses root pada folder WhatsApp mu. Hal ini akan memungkinkan aplikasi-aplikasi jahat akan mencuri data dari WhatsApp mu. Jangan berikan akses root pada folder WhatsApp agar tidak bisa disadap.