Brilio.net - Penggunaan smartphone yang berlebih dapat mengakibatkan hal buruk, salah satunya adalah penyakit pada mata karena efek radiasi. Penyakit ini kerap disebut dengan Eye Strain.

Eye Strain adalah gejala yang berhubungan dengan gangguan mata akibat penggunaan perangkat elektronik berbasis komputer, yakni laptop, PC, tablet, hingga smartphone. Tanda-tanda dari gangguan ini meliputi mata berair, penglihatan kabur, sakit kepala, hingga sensitivitas cahaya semakin meningkat.

Meski begitu, Sobat Brilio tak perlu khawatir. Karena ada beberapa tips yang bisa melindungi mata dari gejala Eye Strain. Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (6/11), inilah 5 tips melindungi mata dari penggunaan HP berlebih.

1. Sesuaikan tingat pencahayaan HP dengan kekuatan mata.

5 tips lindungi mata dari radiasi HP © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

Semua kekuatan mata berbeda-beda, hal ini bergantung pada usia pengguna ponsel pintar. Namun, semua smartphone mengizinkan penggunanya untuk mengatur cahaya, kontras, hingga tulisan font pada HP sendiri.

Bergantung pada di mana kamu berada, sesuaikan agar mata tidak cepat lelah, seperti ketika hendak tidur maka redupkan pencahayaan HP atau tingkatkan pencahayaan saat berada di luar rumah siang hari. Selebihnya, kamu juga bisa perbesar font teks agar membaca di ponsel lebih mudah.

2. Gunakan fitur mode malam atau Night Mode dari HP.

5 tips lindungi mata dari radiasi HP © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

HP Android dan iOS saat ini sudah dilengkapi dengan fitur Night Mode atau mode malam. Hal ini akan berpotensi mengurangi kendala Eye Strain bila pengguna tetap memandang layar HP di malam hari. Gunakan fitur Night Mode dan fitur ini akan secara otomatis mengatur pencahayaan pada HP, tergantung waktu.

3. Jangan lupa untuk berkedip.

5 tips lindungi mata dari radiasi HP © 2021 brilio.net

foto: How to Geek

Mungkin terdengar sedikit konyol. Namun, cara paling simpel ini juga membantu kamu mengurangi gejala Eye Strain, lho. Terkadang, pengguna tidak sadar ketika terlalu fokus bermain HP dan hanya memandang pada layar HP.

Tiap kali kita berkedip, akan membuat mata kita tetap basah dan mengembalikan fokus pada mata. Untuk itu, hal ini sangat berguna untuk mengurangi kekeringan pada gejala Eye Strain.

4. Beri jarak antara HP dan mata.

Saat fokus membaca di HP, jangan lupa untuk atur jarak agar nyaman dan mata tak lelah. Jarak yang direkomendasikan dari mata untuk memandang layar ponsel adalah 16 inci atau sekitar 40 cm. Selain itu, kamu juga bisa perbesar atau zoom in bacaan yang di HP, dari pada harus mendekatkan mata dengan layar.

5. Gunakan pelindung layar HP yang ramah mata.

5 tips lindungi mata dari radiasi HP © 2021 brilio.net

foto: Pixabay

Seiring majunya teknologi, kini pelindung layar HP ramah mata banyak dijual di toko gadget. Biasanya, layar ponsel pintar sangat mengilap. Untuk itu gunakan screen protector atau pelindung layar untuk melindungi mata kamu dari radiasi HP maupun pantulan sinar matahari.

(brl/pep)

(brl/pep)