Brilio.net - Penggunaan handphone atau smartphone saat ini memang wajib hukumnya pada era sekarang. Banyak waktu kita tersita untuk melihat layar handphone. Mulai dari bangun tidur, saat akan berangkat beraktivitas, hingga saat istirahat akan tidur, hampir para pengguna handphone tak bisa lepas dari kenikmatan memanfaatkan berbagai fitur yang ada di dalamnya. Hmm, kamu juga begitu kan? Ngaku deh!

Dikutip brilio.net dari dailymail, Sabtu (19/12), dalam sehari rata-rata orang mengecek handphonenya sebanyak 85 kali yang jika ditotal setiap orang menghabiskan 5 jam dalam sehari untuk melihat layar handphone. Itu baru rata-rata ya! Tentu banyak orang yang kecanduan dengan handphone punya penggunaan lebih tinggi dari rata-rata tersebut.

Padahal, masih banyak orang menyepelekan kalau handphone ternyata menimbulkan radiasi yang berdampak pada kesehatan manusia. Radiasi yang ditimbulkan oleh masing-masing handphone pun berbeda-beda. Ada handphone yang mempunyai radiasi tinggi, dan ada pula yang tingkat radiasinya rendah.

Tingkat radiasi yang terserap jaringan tubuh selama penggunaan handphone disebut Specific Absorption Rate (SAR). SAR untuk radiasi handphone ditetapkan maksimal sebesar 1,6 watt yang diserap per kilogram berat badan.

Nah, berikut ranking tingkat radiasi handphone tertinggi dan terendah, seperti dikutip brilio.net dari situs procon.org, Sabtu (19/12):


1. 20 radiasi handphone tertinggi

Ini 20 smartphone dengan tingkat radiasi tertinggi & terendah


2. 20 radiasi handphone terendah

Ini 20 smartphone dengan tingkat radiasi tertinggi & terendah


3. Lalu, ini tingkat radiasi iPhone dan Samsung yang masih dalam taraf rata-rata

Ini 20 smartphone dengan tingkat radiasi tertinggi & terendah

Untuk mengetahui tingkat SAR handphonemu yang tak tercantum di atas, kamu bisa melihatnya pada situs sarshield.com dengan penjelasan yang lebih lengkap. Nah, mulai sekarang gunakan HP-mu dengan bijak ya. Sempatkanlah untuk bersosialisasi langsung dengan lingkungan sekitarmu.