Brilio.net - Saat ini dunia usaha dan sektor pendidikan masih menerapkan sistem bekerja maupun belajar jarak jauh. Meksi begitu, dalam situasi new normal, baik pekerja maupun siswa tetap dituntut untuk produktif. Nah dalam kondisi seperti ini, tidak jarang pekerja maupun siswa termasuk orangtua merasa jenuh.

Tapi sebenarnya, perkembangan perangkat teknologi digital saat ini bisa mendukung aktivitas seluruh anggota keluarga di masa pandemi ini. Perangkat seperti tablet terbaru Samsung Galaxy Tab A7 dapat membantu orang tua melakukan multitasking antara bekerja dan mengurus rumah tangga, serta mendampingi anak dalam proses pembelajaran jarak jauh.

“Samsung selalu menghadirkan inovasi teknologi yang tidak hanya canggih, tapi juga memberikan manfaat bagi penggunanya dalam berbagai situasi. Galaxy Tab A7 menjadi solusi untuk menjawab berbagai tantangan yang timbul di masa new normal dari bekerja dan belajar dari rumah,” tutur Product Marketing Professional Samsung Electronics Indonesia Elvira Dwi Anggraeni belum lama ini.

Sementara itu konselor pendidikan Vivid Argarini menjelaskan, generasi produktif saat ini dihadapkan pada tantangan dalam beradaptasi di keseharian new normal. Sembari bekerja dari rumah, para orang tua juga perlu mendampingi anak-anaknya sekolah dari rumah.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

“Perlu pandai-pandai menavigasi berbagai tantangan ini, agar tetap produktif sekaligus sehat mental dan bahagia. Di sini perangkat teknologi dapat berperan sebagai solusi mempertahankan well-being seluruh anggota keluarga,” ujar Vivid. 

Berikut tips saat bekerja dari rumah atau belajar jarak jauh dengan memanfaatkan perangkat teknologi untuk mendukung edukasi, produktivitas, dan rekreasi anggota keluarga. 

1. Dampingi anak

4 Tips produktif di masa new normal © 2020 brilio.netSamsung.com

Pembelajaran jarak jauh yang diikuti anak-anak, selain dapat menjadi sarana untuk pendidikan, juga sebuah kesempatan bagi orang tua untuk bonding dan mengenal anak lebih mendalam.

Sebagai dukungan kepada orang tua untuk menghadirkan perilaku digital anak yang aman, edukatif, dan kreatif, gunakan perangkat yang mendukung dengan memanfaatkan fitur seperti Samsung Kids yang bisa diakses dengan mudah. Fitur ini ibarat ruang kelas digital di mana anak bisa bermain dan melatih kreativitas dengan aman.

Bagi anak yang lebih besar, Tab A7 juga dilengkapi parental control untuk memonitor maupun memahami perilaku penggunaan tablet oleh anak secara mendetail. Orang tua dapat mengatur aplikasi apa saja yang boleh dibuka dan jam penggunaannya. “Dengan fitur parental control yang diperbarui, Tab A7 juga memudahkan orang tua memonitor aktivitas gadget anak,” ungkap Elvira.

2. Tetap bisa terhubung dengan sekitar

4 Tips produktif di masa new normal © 2020 brilio.netSamsung.com 

Berada di rumah, tidak berarti mengabaikan orang-orang terkasih di luar sana. Supaya tetap sehat mental, penting menjaga kontak dengan teman sekolah, sahabat, ataupun sanak saudara. Gunakan perangkat seperti Tab A7 yang menempatkan kamera depan di tengah atas dan mampu menampilkan video HD, sehingga menghasilkan komunikasi visual yang lebih akrab saat video call dengan teman yang lama tidak dijumpai, pandangan mata tepat ke tengah layar seolah-olah sedang bertatap muka langsung.

“Keluarga dapat memanfaatkan perangkat ini untuk bertemu secara virtual dengan teman-teman atau saudara yang dirindukan, juga memenuhi kebutuhan akan hiburan yang fun ataupun relaksasi,” ujar Vivid.  

3. Tetap produktif ya

4 Tips produktif di masa new normal © 2020 brilio.netSomagnews.com

Kemajuan perangkat teknologi saat ini tak lagi membatasi ruang dan tempat saat ingin menikmati suasana yang bervariasi ketika belajar atau bekerja di rumah. Kamu harus tetap produktif. Perangkat seperti Samsung Tab A7 yang memiliki layar 10,4 inci beresolusi 2000x1200 piksel dan rasio screen-to-body hingga 79% sangat nyaman untuk membaca email-email dari klien atau kolega, memeriksa atau mengerjakan dokumen-dokumen penting. Walaupun layarnya besar, Tab A7 tetap ringan dan tipis, sehingga mendukung mobilitas penggunanya saat bekerja atau belajar di rumah.

4. Melepas penat

4 Tips produktif di masa new normal © 2020 brilio.netSamsung.com

Selain menjaga produktivitas, kesehatan mental juga penting loh. Seusai hari yang panjang, beristirahat sambil mengendurkan otot-otot yang kaku akan menyenangkan. Mengikuti tutorial olahraga, yoga, atau meditasi. Saat membatasi frekuensi bepergian ke luar rumah, relaksasi juga dapat dibantu dengan mendengarkan lagu, menonton film, ataupun bermain game favorit. Bisa juga sambil belajar atau bekerja luangkan waktu untuk bermain tebak kata. Ya selain menjaga produktivitas, kesehatan mental juga harus diperhatikan, dan ini dapat diciptakan. happiness is created, no matter where you are.

“Pengalaman nonton film dan gaming ditunjang Tab A7 melalui penempatan quad speaker di keempat sisi tablet sehingga kualitas audio yang didengarkan tetap sama, apapun orientasi layar yang digunakan, portrait atau landscape. Ditambah surround sound yang dinamis dengan Dolby Atmos, akan semakin menghanyutkan. Menonton sendiri atau bersama keluarga, sama-sama mengasyikan,” papar Elvira.  

Oh iya, Galaxy Tab A7 kini telah tersedia di Indonesia dalam warna Dark Gray dan Silver dengan harga Rp4.999.000. Pembelian Galaxy Tab A7 hingga 15 November 2020 akan mendapatkan bonus 12 bulan perlindungan dari Samsung Care+ senilai Rp449.000, yang dapat di-redeem di aplikasi Samsung Gift Indonesia.

(brl/red)