Brilio.net - Sekarang ini kamera bisa menjadi nilai jual utama sebuah smartphone. Nggak sedikit lho pabrik smartphone yang menghadirkan smartphone dengan kamera yang memiliki megapixel besar.

Namun, kamera dengan megapixel besar juga bisa menghasilkan gambar yang kurang baik kalau penggunaannya salah. Misalnya, kamera tergores dan membuat kamera menjadi buram.

Pengguna harus merawat kamera agar bisa terus menghasilkan gambar yang bagus, jernih dan tajam.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (15/6), ini empat tips merawat kamera smartphone yang bisa bikin kamera tetap jernih.

1. Gunakan case.

Loading...

rawat kamera hp berbagai sumber

foto: unsplash

Hal yang paling utama adalah gunakan case baik softcase atau hardcase. Penggunaan case bisa melindungi kamera dari goresan, dan benturan secara langsung.

2. Jangan gunakan jari untuk membersihkan kamera.

rawat kamera hp berbagai sumber

foto: unsplash

Saat membersihkan lensa kamera usahakan untuk nggak menggunakan jari, tapi gunakan kain. Kamu bisa gunakan kain pembersih kacamata karena bahannya sangat bersahabat dengan lensa kamera.

3. Hindari terkena air.

rawat kamera hp berbagai sumber

foto: unsplash

Air adalah musuh utama untuk smartphone, bahkan bagi smartphone yang tahan air sekalipun. Air akan membuat lensa kamera berembun sehingga bisa mengganggu ketajaman dari kamera.

4. Gunakan pengering rambut untuk hilangkan embun.

rawat kamera hp berbagai sumber

foto: unsplash

Ketika lensa kamera sudah terkena embun, gunakan hairdryer untuk menghilangkannya.

Jangan arahkan hairdryer secara langsung ke kamera. Arahkan ke bagian samping dari kamera yang terlihat ada garis sekat dengan jarang yang nggak terlalu dekat, sehingga nggak menimbulkan panas berlebih pada smartphone.