Brilio.net - WhatsApp telah menjadi aplikasi terkenal untuk mengirimkan pesan, meski begitu masih banyak aplikasi lain yang dapat dijadikan alternatif dalam hal bertukar pesan, seperti Telegram. Telegram sudah eksis cukup lama. Semenjak WhatsApp sempat mengalami server down beberapa waktu lalu, banyak penggunanya yang berpindah ke Telegram.

Jika kamu merupakan salah satu pengguna Telegram, kini aplikasi berlogo biru muda ini memiliki banyak fitur yang bisa digunakan, lho. Dirangkum brilio.net dari beragam sumber pada Senin (01/11), berikut tips dan trik untuk menggunakan aplikasi Telegram agar kamu dapat menggunakan fitur sepenuhnya secara profesional.

1. Dapat mengedit pesan yang terkirim.

Tahukah kamu bahwa Telegram memiliki fitur yang dapat mengedit pesan yang telah terkirim? Daripada menghapus pesan untuk semua orang, cukup edit saja pesan yang telah terkirim tersebut. Pengguna cukup memilih pesan mana yang ingin diganti, tekan ikon pensil di bagian atas dan edit pesan yang dipilih. Perlu diketahui, pesan yang dapat diedit harus maksimal berumur dua hari setelah pesan tersebut dikirim.

2. Self-destructing media.

Ini merupakan fitur eksklusif Telegram. Kini self-destructing media bisa digunakan secara gratis. Self-destructing media merupakan pesan berupa gambar yang penggunanya bisa menghapus pesan tersebut tergantung berapa menit yang ia pilih.

3. Dapat mengedit video.

Bila ingin mengirim file video lewat Telegram, ada fitur dari aplikasi ini yang memudahkan pengguna untuk mengedit video tersebut, seperti durasi, cahaya atau contrast, serta exposure dalam video.

4. Bisa membuat setting kapan waktu untuk mengirim pesan.

Terkadang, para pengguna platform aplikasi bertukar pesan ingin mengirim chat pada waktu tertentu tanpa kelupaan. Mungkin saja seperti pengingat atau reminder untuk menjemput sang kekasih, jadwal rapat, atau mengirim ucapan ulang tahun kepada orang tercinta. Kini Telegram ada fitur untuk mengatasi hal tersebut. Pengguna cukup tekan dan tahan tombol kirim dan pilih tanggal maupun waktu pesan yang hendak dikirim.

5. Memberi hashtag atau tagar percakapan.

Untuk Twitter dan Instagram, tanda hashtag digunakan untuk mengategorikan postingan secara bersamaan. Telegram pun demikian. Cukup tambahkan hashtag ke dalam pesan, ini akan mengarahkan pengguna pada percakapan yang telah diberi hashtag.

6. Mode pelan atau slow mode.

Percakapan grup adalah ruang yang tepat untuk berbagi opini. Namun, terkadang banyaknya pesan yang terkirim dari individu grup tersebut membuat orang lain kebingungan. Hal ini bisa diorganisir oleh admin dari grup Telegram agar menggunakan fitur slow mode. Dengan ini, grup tidak akan ramai dan dapat bergiliran mengirimkan pesan. Cara mengaksesnya cukup pergi ke pengaturan grup, pilih Permissions, dan ketuk Slow Mode.

7. Bisa mengirim file media yang belum dikompres.

File yang belum ada formatnya bisa dikirim melalui Telegram. Untuk mengirim file yang belum dikompres, pengguna cukup memilih file yang hendak dikirim, ketuk ikon titik tiga pada bagian atas, dan pilih "Send without compression".

8. Dapat menggunakan berbagai akun.

Jika pengguna memiliki lebih dari satu akun Telegram, kamu tidak perlu dua HP untuk mengakses. Cukup pergi ke pengaturan di Telegram, pilih Edit dan pilih "Add Another Account".

9. Bisa ubah tampilan Telegram.

Yup, tampilan pada Telegram dapat diubah. Untuk mengubah Telegram's Appearance, pengguna harus ke pengaturan, pilih Appearance atau tampilan dan pengguna akan diarahkan untuk memilih berbagai tema yang tersedia.

10. Dapat mengunci percakapan.

Telegram ada fitur enkripsi end-to-end, di mana ini adalah hal baik untuk melindungi pesan secara digital. Namun bagaimana bila ada seseorang yang mengakses HP kamu dan membaca semua percakapan Telegram?

Pergi ke pengaturan, pilih Privacy and Security, pilih Passcode Lock dan tinggal ikuti instruksi. Dalam sesi percakapan, di bagian atas terdapat ikon baru untuk mengunci. Ketuk ikon tersebut dan semua percakapan kamu akan terkunci dan tersembunyi.

11. Mencari video dari YouTube dan GIFs.

Kini Telegram sudah mempunyai fitur pencarian built-in yang bisa diakses untuk mencari video YouTube atau GIFs yang hendak dikirim melalui percakapan. Dengan demikian, pengguna Telegram tak perlu repot-repot menutup aplikasi Telegram.

12. Dapat mengirimkan pesan mode silent atau bisu.

Bila kamu hendak mengirim pesan tanpa mengganggu seorang yang sedang ada rapat ataupun tidur, gunakan fitur silent mode saat mengirim pesan dengan Telegram. Cara mengaksesnya tinggal tekan dan tahan tombol kirim, pilih "Send without sound".

13. Bisa menghentikan fitur dimasukkan dalam grup tak dikenal.

Bila tiba-tiba diundang secara random ke dalam grup, kamu bisa menghentikan isu ini. Cukup pergi ke pengaturan, pilih Privacy and Security, ketuk Groups and Channels, dan pilih My Contacts. Hal ini akan memberhentikan spam dari orang-orang yang tidak kamu simpan nomornya.

*

INFOGRAFIS FITUR TERBARU TELEGRAM NOVEMBER 2021 © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS FITUR TERBARU TELEGRAM NOVEMBER 2021
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan