Brilio.net - Selama ini banyak orang memanfaatkan WhatsApp sebagai aplikasi penyampai pesan. Namun belakangan, WhatsApp sebagai aplikasi chat sedang jadi perbincangan lantaran kebijakan baru yang mengharuskan pengguna menyetujui berbagi data.

Namun sebenarnya bukan hanya WhatsApp yang bisa kamu andalkan untuk menyampaikan pesan. Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan kok. Nah jika merasa tidak aman atau ragu, kamu bisa menggunakan aplikasi chatting selain WhatsApp seperti dilansir Ponseloka berikut ini.

1. Telegram

7 Aplikasi perpesanan © 2021 brilio.netgadgethacks.com

Telegram merupakan aplikasi chatting yang mempunyai banyak sekali fitur menarik. Jika pada aplikasi lain kamu dapat unsend pesan, maka pada aplikasi ini kamu dapat mengedit pesan yang telah terkirim, menarik bukan?

Loading...

2. LINE

7 Aplikasi perpesanan © 2021 brilio.netLine.me

Siapa sih yang tidak mengenal aplikasi ini? Aplikasi chat selain WhatsApp populer yang banyak digunakan terutama oleh remaja. LINE merupakan aplikasi besutan LINE Corporation yang memiliki kantor pusat di Jepang.

Aplikasi ini memiliki interface yang interaktif dengan berbagai stiker lucu yang bisa mewarnai chat kalian, guys. Bahkan, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk voice dan video call secara gratis di Android kamu.

3. Facebook Messenger

7 Aplikasi perpesanan © 2021 brilio.netFacebook.com

Facebook Messenger merupakan salah satu yang satu perusahaan dengan WhatsApp. Platform ini bisa dijadikan alternatif lain jika WA sedang mengalami down. Tidak jauh berbeda dengan aplikasi lain, kamu juga bisa berkirim pesan chat, dan melakukan video call. Satu hal yang berbeda, pada Facebook kamu tidak perlu tahu nomor telepon seseorang yang akan kamu kirimi pesan. lebih simple bukan?

4. Discord

7 Aplikasi perpesanan © 2021 brilio.netDiscord.com

Discord sebenarnya dibuat khusus untuk para gamer. Dalam aplikasi ini kamu bisa menemukan komunitas game untuk berbagai pengalaman dan membahas berbagai cara atau strategi dengan gamer lain. Menariknya, kamu juga bisa menelepon rekan dan melakukan chatting di dalam game melalui aplikasi ini, karena Discord mendukung berbagai game online seperti LoL, CS GO, dan masih banyak lagi.

5. Viber

7 Aplikasi perpesanan © 2021 brilio.nettechcrunch.com

Platform yang satu ini memang tidak terlalu populer seperti aplikasi lain. Namun, ternyata Viber merupakan aplikasi hasil kolaborasi dari BBM dan WhatsApp, lho. Oleh karena itu, hampir semua fitur yang dimiliki Viber hampir sama dengan yang dimiliki WhatsApp, seperti panggilan video, panggilan suara, end-to-end, hingga unsend pesan.

6. Skype

7 Aplikasi perpesanan © 2021 brilio.netrawpixel.com

Meskipun dikenal sebagai aplikasi video call terbaik, tapi Skype juga menawarkan fitur chatting yang bisa kalian manfaatkan untuk berkirim pesan, guys. Layaknya aplikasi chat kamu juga bisa berbagi foto, audio, emoticon, hingga panggilan telepon. Bahkan, kamu juga bisa melakukan panggilan video call bersama lebih dari dua orang lho. Jadi, Skype sangat cocok untuk dijadikan salah satu pilihan aplikasi pengganti WhatsApp.

7. Signal

7 Aplikasi perpesanan © 2021 brilio.netgadgetsnow.com

Belakangan ini popularitas Signal meningkat usai CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk menyarankan untuk beralih dari WhatsApp ke aplikasi yang satu ini. Signal merupakan aplikasi berkirim pesan dan obrolan suara gratis yang berfokus pada privasi pengguna. Kamu bisa menggunakan nomor telepon seluler untuk registrasi pada aplikasi ini.

Itulah aplikasi chat selain WhatsApp yang bisa kalian gunakan sebagai alternatif untuk berkirim pesan. Namun demikian, ada yang menarik pada WhatsApp. Ada salah satu tren yang membahas masalah sadap-menyadap yaitu dengan menggunakan aplikasi Social Spy WhatsApp yang tidak bisa dilakukan di aplikasi lain.