Brilio.net - Menjadi popular di sosial media tentu merupakan hal yang menarik serta menantang bagi kalangan tertentu. Kebayang nggak sih kalau kalian dikenal banyak orang di dunia maya dan menjadi selebgram? Apalagi mereka selalu menyukai apa yang kita posting.

Buat kalian yang mempunyai bisnis dan menggunakan Instagram sebagai salah satu media promosi, pasti pengen banget dong jadi hits. Banyak saingan audiens, banyak saingan produk, banyak saingan strategi marketing di sosial media sudah bukan merupakan hal yang asing. Hal yang paling menantang ialah ketika kamu mendapatkan banyak respons positif berupa like dan komentar.

Namun itu merupakan hal yang sulit bukan? Yuk kepoin gimana caranya supaya dapat lebih banyak likes dan followers di Instagram, seperti dikutip dari berbagai sumber, Jumat (22/2).

1. Posting pada waktu yang tepat.

Sebelum kamu memposting foto, ada dua hal yang perlu diingat, zona waktu audiens dan jam berapa mereka paling sering memeriksa Instagram. Sebagian besar pengguna Instagram masuk di pagi hari dan di malam hari. ,Biasanya mereka memeriksa Instagram ketika sudah menyelesaikan aktivitasnya, ketika menunggu jemputan, dalam perjalanan pulang dari kantor atau sekolah.

Loading...

Menurut penelitian perusahaan analitik Simply Measured, waktu terbaik untuk memposting di Instagram, pada hari Rabu antara 17.00 dan 18.00. Jangan sesekali memposting foto pada waktu tengah malam karena foto yang akan tampil pada feed audiensmu hanya terlihat 4 jam, setelah itu foto akan "tenggelam".

Bagi kamu yang mempunyai akun bisnis, sangat penting untuk mengetahui kesibukan target audiensmu. Misal target audiensmu adalah anak sekolah menengah atas, poskan foto pada saat jam makan siang sehingga ketika mereka beristirahat, mereka dapat melihat fotomu.

2. Gunakan tagar populer.

Hal ini sangat membutuhkan kepekaan kamu guys. Kamu diharuskan mengikuti arus tagar yang sedang tren pada eksplore Intagrammu. Jika tidak puas dengan pencarian ekplore Instagram kamu bisa menggunakan bantuan Google. Penggunaan tagar sebaiknya jangan banyak-banyak agar masih terlihat rapi

3. Gunakan keterangan foto untuk mengajukan pertanyaan.

Salah satu cara terbaik agar medapatkan 'like' yang banyak ialah menggunakan keterangan foto yang seolah mengajukan pertanyaan. Tidak hanya 'like', tetapi juga komentar akan menghujani fotomu.

4. Pilih foto yang benar-benar bagus.

Dengan kamu mengupload foto yang benar-benar bagus, apalagi cukup langka di Instagram, secara otomatis fotomu akan muncul di pencarian Instagram dan kamu akan mendapatkan banyak 'like'.

5. Bagikan give away.

Untuk akun bisnis, upload foto Instagram yang seolah menggiring audiensmu mengajukan pertanyaan, serta sering-seringlah mengadakan give away. Tantang audiensmu untuk menjawab pertanyaan atau permainan berhadiah agar mereka termotivasi dengan tantangan yang kamu berikan.

6. Bagikan foto yang jujur.

Kalau kamu mengupload menggunakan akun sosial media pribadi, sebisa mungkin fotomu nggak editan. Kalau kamu mengupload menggunakan akun sosial media berbisnis, sebisa mungkin fotomu natural meskipun kamu mengeditnya. Fokuskan fotomu pada produk yang kamu tawarkan. Karena orang-orang tidak ingin melihat gambar yang terlalu dipoles.

7. Minta bantuan followersmu.

Jangan ragu untuk bertanya pada followersmu mengenai produk yang kamu jual dan pendapat mereka mengenai produk yang kamu upload. Dengan begitu kamu akan menerima banyak saran dan kritikan, tapi nggak masalah, itu kan demi kebaikanmu. Hehehe…

8. Gunakan video Instagram.

Agar tidak monoton, sesekali uploadlah video. Buatlah konten yang menarik perhatian audiens untuk penasaran. Apalgi jika kamu memiliki akun berbisnis. Tingkatkan daya penasaran audiensmu. Tapi ingat, fokuskan konten pada produk, menceritakan sebuah kisah, menghibur dan memberikan makna mendalam.

9. Gunakan jasa selebgram untuk akun bisnismu.

Ada banyak selebritis Instagram di platform ini. Orang-orang ini punya pengaruh. Dalam hitungan menit, foto yang dipajang selebgram bisa mendapatkan ribuan suka dan ratusan komentar. Bekerjasamalah dengan beberapa selebgram untuk menggiring like dan komentar public pada akun bisnismu. Mintalah mereka untuk mengenalkan serta mempromosikan produkmu.

10. Mintalah shoutout atau fitur.

Emang butuh usaha keras banget nih agar kamu punya banyak followers, like dan komentar yang menggiring usahamu laku keras. Sebisa mungkin kamu menggiring opini publik hingga salah satu influencer Instagram menggunakan produkmu dan mempromosikannya tanpa diminta. Jangan lupa setelah itu, hubungi influencernya dan ucapkan 'terima kasih'.

11. Tunjukkan cinta pada followersmu.

Salah satu caranya ialah dengan merepost apa yang audiens posting. Apalagi jika mereka mengupload menggunakan produkmu. Selain menguntungkan kamu karena secara tak langsung mereka mempromosikan produkmu, mereka juga akan mendapatkan followers baru ketika kamu merepost postingannya.

12. Manfaatkan bio Instagram kamu.

Jangan abaikan bio Instagram kamu! Gunakan ruang ini untuk menampilkan ajakan untuk bertindak, tagar bermerek dan tautan web. Atau lebih baik lagi, gunakan ShortStack untuk membangun dan kampanye Instagram yang dapat kamu perbarui dengan mudah tanpa harus mengubah tautan di bio kamu setiap hari.

Untuk pengguna Instagram yang baru mengenal produk kamu dan menemukan akun kamu untuk pertama kalinya, bagian ini penting. Sering kali berperan dalam keputusan pengguna untuk mengikuti bisnis kamu atau tidak.

13. Temukan orang dan produk baru untuk diikuti.

Jika akun sosial Instagrammu merupakan akun baru yang ingin memulai platform dan kamu tidak yakin siapa yang harus kamu ikuti kamu bisa duluan memfollow beberapa akun yang memungkinkan menjadi target audiensmu serta akun-akun yang lebih dulu berdiri. Dengan cara itu kamu bisa memplejari juga strategi pemasaran mereka lho!

(mgg/chatarina lia)