Brilio.net - PeduliLindungi adalah sebuah aplikasi yang dirancang dan dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah melakukan pelacakan terhadap penyebaran Covid-19. Adapun manfaat dari aplikasi PeduliLindungi ini untuk memberikan peringatan pada masyarakat terhadap kasus Covid-19, mengawasi, mengunduh sertifikat vaksin, mengetahui informasi hasil tes Covid-19, dan juga sebagai bukti untuk mengakses layanan publik.

Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kasus Covid-19, pemerintah akan memperluas akses aplikasi PeduliLindungi di berbagai platform digital ternama di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa 11 aplikasi ini akan memperlihatkan menu PeduliLindungi mulai Oktober mendatang.

Seperti yang diungkapkan oleh Chief Digital Transformation Office Kemenkes, Setiaji, dalam diskusi daring, Senin (27/9), "Ini akan launching di bulan Oktober ini. Ada proses di mana kami memerlukan beberapa model untuk bisa diakses oleh setiap orang. Jadi aplikasi yang paling banyak digunakan itu kan seperti ada Gojek, Grab, Tokopedia dan lain sebagainya. Itu bisa digunakan untuk masuk ke berbagai macam fitur yang ada di PeduliLindungi."

11 Aplikasi hadirkan PeduliLindungi, sudah ada di Tokopedia dan Gojek PeduliLindungi

foto: PeduliLindungi

Adapun aplikasi yang sudah bisa melihat menu PeduliLindungi yaitu Tokopedia, Gojek, dan Jaki. Sedangkan aplikasi lain seperti Grab, Traveloka, Cinema XX, Dana, Tiket, dan LinkAja belum tersedia.

Pada aplikasi Gojek sendiri, menu PeduliLindungi berada di deretan layanan yang sering digunakan di halaman utama dengan nama menu "Check in.". Sedangkan di aplikasi Tokopedia, menu PeduliLindungi muncul di tampilan utama aplikasi. Di lain tempat, menu PeduliLindungi di aplikasi Pemerintah Jakarta, Jaki, muncul lewat tombol "Masuk" yang digunakan untuk memindai kode QR saat pengguna berkunjung ke beberapa tempat umum.

11 Aplikasi hadirkan PeduliLindungi, sudah ada di Tokopedia dan Gojek PeduliLindungi

foto: Twitter/@PLindungi

Untuk tetap meningkatkan pengalaman masyarakat terhadap aplikasi PeduliLindungi, Setiaji juga bertutur akan memproses update aplikasi PeduliLindungi saat pandemi ini maupun setelahnya.

"Kami sedang proses update PeduliLindungi. Sekarang sedang dipersiapkan termasuk penambahan fitur, karena ke depannya PeduliLindungi akan berdampingan di kehidupan sehari-hari, di masa pandemi ini dan bahkan nanti saat sudah masuk endemi," ujarnya.

Adapun 11 aplikasi yang akan menghadirkan menu PeduliLindungi antara lain:

1. Gojek

2. Grab

3. Tokopedia

4. Traveloka

5. Tiket.com

6. Dana

7. Cinema XXI

8. LinkAja

9. Jaki

10. Livin' by Mandiri

11. GOERS

Selain membahas tentang 11 aplikasi tersebut, Setiaji juga turut memastikan bahwa masyarakat yang hendak bepergian menggunakan moda transportasi kereta atau pesawat wajib mengunduh aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan.

"Kalau naik kereta api itu sudah tervalidasi pada saat pesan tiket, sehingga tanpa menggunakan handphone pun itu bisa diidentifikasi bahwa yang bersangkutan sudah memiliki vaksin dan ada hasil tesnya (PCR atau antigen),” tambah dia.