Brilio.net - Bulan Ramadan merupakan bulan yang suci bagi umat Islam di dunia. Di bulan ini, berbagai amalan ibadah dapat dilakukan untuk mendapatkan pahala yang besar.

Selain puasa, amalan-amalan ibadah di bulan Ramadan antara lain salat tarawih, tadarus Alquran, bersedekah, hingga zakat. Dengan banyaknya amalan yang dapat dilakukan di bulan Ramadan, umat Islam berlomba-lomba meningkatkan kualitas maupun kuantitas ibadah mereka selama Ramadan.

Di era moderen di mana teknologi sudah sangat memengaruhi kehidupan manusia, perihal ibadah pun dapat terbantu dengan kehadiran berbagai peralatan canggih. Salah satunya melalui aplikasi yang terpasang di ponsel kita.

Banyak pengembang di Indonesia maupun luar negeri yang terus mengembangkan aplikasi yang memudahkan kita untuk melakukan ibadah. Aplikasi-aplikasi tersebut sangat cocok dipasang di ponsel selama bulan Ramadan. Selain itu, kita tak perlu khawatir mengeluarkan biaya, hampir semua aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis.

Apa saja? Biar kamu makin rajin ibadah, brilio.net merangkum 10 aplikasi yang cocok dipasang saat bulan Ramadan, Jumat (10/5) berikut ini.

 

1. Masjid Terdekat.

aplikasi ramadan © 2019 brilio.net

foto: wisatanabawi.com

Masjid Terdekat ialah aplikasi yang berguna untuk mencari letak masjid terdekat dengan tempat di mana kita berada. Dengan aplikasi ini, kamu nggak perlu repot-repot mencari masjid untuk melaksanakan ibadah salat kapan pun dan di manapun.

 

2. Waktu Salat, Imsakiyah, Qibla.

aplikasi ramadan © 2019 brilio.net

foto: apkpure.com

Aplikasi ini dikembangkan oleh pengembang Indonesia yang bermanfaat untuk pengingat waktu salat sesuai dengan daerah kita. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan jadwal imsak, dan fitur untuk menentukan arah kiblat.

 

3. Hitung Zakat Muslim.

aplikasi ramadan © 2019 brilio.net

foto: apkpure.com

Aplikasi Hitung Zakat Muslim membantu untuk menghitung jumlah zakat yang harus kita berikan, baik zakat fitrah, zakat penghasilan, maupun zakat harta. Aplikasi ini gratis dan sangat ringan, yakni hanya 1,8 mb saja.

 

4. Al Quran Indonesia.

aplikasi ramadan © 2019 brilio.net

foto: play.google.com

Aplikasi Alquran Indonesia merupakan aplikasi Alquran digital yang sangat memudahkan kita untuk membaca Alquran kapan saja dan di mana saja. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan terjemahan dalam bahasa Indonesia yang telah diverifikasi oleh Kementerian Agama.

 

5. Rocket Alarm.

aplikasi ramadan © 2019 brilio.net

foto: liputan6.com

Rokcet Alarm adalah rekomendasi aplikasi alarm yang dapat digunakan untuk mengatur alarm khususnya saat waktu sahur. Dengan demikian, kita tidak akan melewatkan waktu sahur setiap harinya. Tak hanya itu, Rocket Alarm memiliki fitur wallpaper yang dapat diganti sesuai dengan selera.

 

6. Ensiklopedi Hadits - Kitab 9 Imam.

aplikasi ramadan © 2019 brilio.net

foto: lidwa.com

Untuk mendapat referensi hadis, kita dengan mudah terbantu lewat aplikasi ini. Kumpulan hadis dari 9 imam berisikan lebih dari 62 ribu hadis. Aplikasi ini dilengkapi dengan terjemahan Bahasa Indonesia sehingga sangat mudah dipelajari.

 

7. Islam Menjawab.

aplikasi ramadan © 2019 brilio.net

foto: play.google.com

Aplikasi Islam Menjawab berisikan kumpulan pertanyaan dan jawaban seputar agama Islam, mulai dari kehidupan sehari-hari hingga perihal ibadah. Kurang lebih sebanyak 2 ribu tanya jawab telah dikumpulkan dalam aplikasi tersebut.

 

8. Resep Sahur Praktis.

aplikasi ramadan © 2019 brilio.net

foto: play.google.com

Aplikasi Resep Sahur Praktis berisi kumpulan menu masakan nusantara pilihan sebagai hidangan sahur saat berpuasa. Dengan melihat referensi resep di sini, kita tidak akan bosan dengan menu makan sahur yang itu-itu saja sebab banyak pilihan yang dapat dicoba.

 

9. Panduan Ramadhan.

aplikasi ramadan © 2019 brilio.net

foto: play.google.com

Panduan Ramadhan merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Dakwah Techno dan Penerbit Belajar Islam. Aplikasi ini berisi panduan lengkap ibadah-ibadah di bulan Ramadan, mulai dari puasa, salat tarawih, zakat, hingga idufitri.

 

10. Kumpulan Doa Sehari-hari Lengkap.

aplikasi ramadan © 2019 brilio.net

foto: play.google.com

Aplikasi ini berisikan kumpulan doa sehari-hari dalam bahasa arab, latin, dan perjemahan Bahasa Indonia. Di dalam aplikasi ini, terdapat ratusan doa harian yang diambil dari Alquran dan Hadits. Aplikasi ini sepenuhnya offline dan tidak membutuhkan koneksi internet sama sekali untuk menjalankannya.