Brilio.net - Setelah beberapa kali mengalami penundaan tayang karena Covid-19, Black Widow akan segera tayang pada 9 Juli 2021. Sebelumnya, film yang diproduksi oleh Marvel Cinematic Universe ini direncanakan tayang pada Mei 2020.

Film yang dibintangi oleh Scarlett Johansson sebagai Black Widow atau Natasha Romanoff ini, merupakan spin-off dari karakter Avenger perempuan pertama yang difilmkan.

Black Widow bercerita tentang Natasha Romanoff yang menemukan dirinya sendiri dalam pelarian dan terpaksa menghadapi konspirasi berbahaya terkait masa lalunya sebagai mata-mata yang sudah jauh ditinggalkannya sebelum menjadi Avenger. Ia diburu oleh kekuatan yang tak berhenti untuk menjatuhkannya.

black widow istimewa

foto: istimewa

Black Widow dibuka dengan suasana Ohio, Amerika Serikat pada 1995. Saat itu, Natasha merupakan seorang gadis tomboi pemberani yang serius dengan tatapan tajamnya sedang merawat Yelena (Florence Pugh), adik perempuannya sembari ikut bersama kedua orang tuanya, Melina (Rachel Weisz) dan Alexei (David Harbour), dengan penuh curiga.

Melina dan Alexei adalah mata-mata yang menyamar sebagai pasangan yang telah menikah. Saat itu, Natasha sudah memulai latihan di Red Room, kamp pelatihan rahasia Soviet yang.

Di kamp tersebut, Natasha dan banyak gadis lainnya diajari beragam hal hingga diajari untuk membunuh. Kamp tersebut telah mengubah karakter Natasha menjadi agen perempuan muda yang mematikan. Natasha juga sempat bergabung menjadi pembunuh KGB yang sangat terlatih dan mantan agen SHIELD.

black widow istimewa

foto: istimewa

Natasha menjadi buronan federal yang diburu tim SWAT di bawah arahan Menteri Luar Negeri AS Thaddeus Ross (William Hurt). Hal tersebut memaksanya untuk meninggalkan negara itu dan bersembunyi di Norwegia yang terpencil.

Sementara itu, Yelena (Pugh), sekarang seorang pembunuh terampil, berada di Maroko, setelah membelot dari barisan Dreykov dan melepaskan alat pelacak yang ditanam di bawah kulitnya. Dia mengungguli pasukan pembunuh wanita yang dikirim untuk melenyapkannya dan lolos dengan kotak botol berisi penangkal senyawa kimia Dreykov yang dirancang untuk menghambat kehendak bebas.

Sampai kemudian Natasha sadar dan mengetahui bahwa Red Room merupakan lahan bisnis pimpinannya Dreykov (Ray Winstone). Di tempat tersebut, perempuan sebayanya dimanipulasi secara kimiawi untuk menjadi pembunuh tanpa kendali mereka sendiri.

Kesadaran Natasha ini kemudian membuatnya ingin menjatuhkan Dreykov beserta Red Room. Dia pun enggan untuk kembali bersama keluarga palsunya, termasuk Yalena yang pernah dirawatnya yang sudah berjauhan.

Perjalanan Natasha dengan keluarga mata-matanya, menginspirasi dirinya untuk kembali kepada Avengers, pihak lain yang sudah dianggapnya sebagai keluarga sendiri.

black widow istimewa

foto: marvel.com

Selain berbeda dengan film Marvel yang lain, film ini melekatkan moral keluarga yang kuat. Selain itu, dengan adegan pemaksaan, misi penculikan, dan pembunuhan korban sipil membuat film ini seperti film aksi lain.

Dengan alur maju-mundur, Black Widow mengarahkan ceritanya ke Avenger Infinity War dengan adegan-adegan yang melompat ke masa depan dan hadir dengan watak protagonisnya.

Maya Phillips, kritikus film di New York Times, dalam esainya mengatakan, Black Widow hanya catatan kaki dalam cerita dalam kisah superhero Avengers.

Walaupun begitu, Black Widow layak ditonton sebagai renungan bagi kita semua yang sedang mencari jati diri untuk menentukan arah jalan hidup.

Judul: Black Widow
Sutradara: Cate Shortland
Penulis: Eric Pearson
Bintang: Scarlett Johansson, Florence Pugh, David Harbour, Rachel Weisz, Olga Kurylenko
Durasi: 2 jam 13 menit
Genre: Aksi, Petualangan, Fiksi Ilmiah

Reporter: Suhairi