Brilio.net - Bagi para pecinta TV serial produksi HBO, Game of Thrones (GoT), setiap episodenya tidak boleh dilewati. Serial yang awalnya diadaptasi dari buku A song of Ice and Fire karya George R.R. Martin ini menghadirkan berbagai adegan ekstrem, cinta terlarang bahkan naga-naga mengerikan.

Seriat GoT saat ini telah sampai pada season 7 yang dibintangi oleh Kit Harington sebagai Jon Snow, Emilia Clarke sebagai Daenerys Targaryen, Lena Heady sebagai Cersei Lannister dan banyak bintang-bintang terkenal lainnya. Serial ini secara umum bercerita tentang perebutan kekuasaan yang terjadi di sebuah negara.

Tapi tahukah Sobat brilio.net bahwa tidak semua adegan di GoT merupakan fiksi? Menurut penuturan Martin, ada beberapa adegan merupakan hasil inspirasi dari kejadian di dunia nyata lho. Berikut 8 adegan yang diadaptasi dari sejarah nyata yang dilansir dari Cosmopolitan, Minggu (Minggu (30/7).

1. Kasus Pembunuhan di Glen Coe = The Red Wedding

Game of Thrones © 2017 brilio.net

Loading...

Ketika Raja James VII, Raja Skotlandia digulingkan dari takhta kerajaan karena memiliki keturunan beragama Katolik, para bangsawan memilih William III menjadi raja penerusnya. Setelah menduduki takhta, Raja William III mengeluarkan titah kerajaan untuk semua klan di wilayah kekuasaanya membuat sumpah setia kepadanya dengan batas 1 Januari 1692.

MacDonald, pemimpin Klan MacDonald karena sumpahnya ke raja terdahulu baru bisa mengucapkan sumpahnya ke Raja William setelah deadline yang telah ditetapkan. Awal Februari 1962, beberapa tentara kerajaan berkunjung ke kediamannya untuk menginap dengan alasan ruang di mess telah penuh. Atas asas kekeluargaan, Klan MacDonald menerima mereka tanpa rasa curiga. Namun, 12 hari kemudian tepatnya pada tanggal 13 Februari malam, seluruh anggota Klan MacDonald dibunuh oleh para tentara. Tepatnya 38 mayat keluarga MacDonald ditemukan esok paginya.

Dalam serial GoT, ada kisah yang mirip. Awalnya Keluarga Stark menghadiri perayaan pernikahan Edmure Tully dan Roslin. Namun, ada peristiwa berdarah akibat pelanggaran Rob Stark yang membatalkan rencana pernikahan dengan putri keluarga Frey. Lord Frey bekerja sama dengan Tywin Lannister merencanakan pembunuhan besar-besaran keluarga Stark pada saat perayaan yang dikenal dengan The Red Wedding.

2. Tembok Hadrian = The Wall

Game of Thrones © 2017 brilio.net

Tembok Hadrian merupakan peninggalan bersejarah di Inggris dan menjadi warisan budaya UNESCO sejak tahun 1987. Menurut sejarah, tembok ini dibangun pada zaman kekaisaran Roma tepatnya pada kunjungan Kaisar Hadrian pada 122 Sebelum Masehi. Tembok ini berfungsi sebagai pembatas wilayah kekaisaran Roma selama hampir 3 tahun.

Tembok ini juga menjadi salah satu inspirasi The Wall yang terkenal dalam GoT. Di tembok ini Jhon Snow ditugaskan sebagai komandan perang untuk menjaga wilayah perbatasan. Wah, George Martin bisa kepikiran sampai ke situ ya?

3. Api Yunani = Wildfire

Game of Thrones © 2017 brilio.net

Api Yunani merupakan sebuah penemuan pada masa kekaisaran Byzantine. Api ini dapat tetap menyala di atas air dan digunakan oleh tentara ketika terjadi peperangan di laut. Api yang mirip juga yang disebut Wildfire muncul di Game of Thrones ketika terjadi peperangan pada season 2. Saat itu kubu Cersei melawan kubu Stannis Baratheon. Api yang sama juga digunakan di akhir season 6 melawan Sept Agung dari Baelor.

4. Baja Damaskus = Baja Valyrian

Game of Thrones © 2017 brilio.net

Masih ingat pedang yang dimiliki oleh Ned Stark atau pedang yang saat ini dimiliki oleh Jon Snow? Yup! pedang-pedang itu dibuat dengan bahan dasar baja Valyrian. Baja Valyrian diduga merupakan hasil inspirasi dari baja Damaskus. Sama seperti penggambaran baja Valyrian, baja Damaskus juga terkenal tajam, kuat, namun ringan dan tidak memerlukan terlalu banyak perawatan.

5. Kematian Marcus Licinius Crassus = Kematian Viserys Targaryen

Game of Thrones © 2017 brilio.net

Masing ingat Viserys Targaryen? Itu lho kakaknya Danaerys yang rakus kekuasaan sampai tega menjual Danaerys ke Khal Drogo. Masih ingat penyebab kematiannya? Kepribadian dan penyebab kematian Viserys dan Marcus terbilang mirip. Pertama, mereka sama-sama kaya raya. Viserys dulu kaya raya ketika ayahnya masih berkuasa. Kedua, sama-sama serakah. Ketiga cara matinya mirip.

6. Charles VI dari Prancis = Aerys Targaryen aka The Mad King

Game of Thrones © 2017 brilio.net

Charles VI adalah Raja Prancis yang berkuasa dari tahun 1380 sampai 1422. Charles VI dikenal sebagai raja yang boros, dan kejam. Pada masa pemerintahannya, ia membuang orang Yahudi dari Prancis. Kepribadiannya juga menyeleneh. Ia juga dipercaya mengalami gangguan jiwa karena beberapa kali kedapatan melakukan tindak kejahatan kepada para pelayannya dan yang paling parah mengaggap dirinya terbuat dari gelas.

Tidak terlalu berbeda jauh dengan Charles VI, ketika Aerys mewarisi takhta, dia menjadi paranoid, takut kehilangan apa yang telah dia genggam. Aerys kemudian menjadi mudah curiga dengan orang terdekatnya, bahkan pada keluarganya sendiri. Dalam masa pemerintahannya, kondisi politik dan ekonomi sulit untuk diprediksi serta dia melakukan banyak pembunuhan untuk menjaga mahkotanya.

Mirip kan dengan Aerys aka the Mad King?

7. Ksatria Templar = The Night's Watch

Game of Thrones © 2017 brilio.net

Kesatria Templar dibentuk oleh Paus Innocent II. Para kesatria ini dibentuk dengan tujuan bertempur dalam Perang Salib. Selain bertempur, mereka juga bertugas mengurus keuangan, dan juga menguasai tanah dan harta. Mereka punya kemiripan dengan Night's Watch yang kegiatan mereka harus dilapor kepada Grand Master yang sedang bertugas. Grand Master merupakan pemimpin ordo yang telah bersumpah untuk tidak terlibat seksual selama hidupnya.

8. Perang Bunga Mawar = The Whole Seasons

Game of Thrones © 2017 brilio.net

Ini bukan perang di mana tentara saling melempar bunga mawar. Perang Bunga Mawar atau War of the Roses adalah kondisi Kerajaan Inggris setelah perang ratusan tahun dengan Prancis. Perang ini pada dasarnya merupakan perebutan kekuasaan antara Klan York dan Klan Lancaster. Kata mawar diambil dari simbol kedua Klan yakni Klan York dengan bunga mawar putih, dan Klan Lancaster dengan bunga mawar merah.

Dalam Got, perebutan kekuasaan antar klan-klan yang berkuasa juga menjadi poin utama jalannya cerita. Jon, Daenerys dan Cercei berperang memperbutkan kekuasaan atas tujuh kerajaan.

Wah ternyata banyak adegan di Game of Thrones yang diambil dari banyak sejarah di Inggris. Apakah sobat brilio.net menemukan fakta-fakta lainnya?