Brilio.net - Dorce Gamalama atau yang biasa dikenal sebagai Dorce meninggal dunia pada Rabu, 16 Februari 2022 sekitar pukul 7.30 di Rumah Sakit Simprug. Dorce banyak meninggalkan kenangan di dunia hiburan di Indonesia.

Nama Dorce mulanya diberikan oleh Myrna pemimpin kelompok tari waria Fantastic Dolls lantaran saat menjalani profesinya, Dorce lebih sering memposisikan dirinya sebagai seorang perempuan meski sosok pria masih sangat kental pada dirinya. Ia kemudian memutuskan menjadi seorang transgender pada 1983. Ia kemudian lebih dikenal dengan nama Dorce Gamalama. Nama Gamalama diambil dari Gunung Gamalama di Pulau Ternate, Kepulauan Maluku. Setelah kepulangannya dari ibadah haji, ia juga menambahkan namanya menjadi Dorce Gamalama Halimatussadiyah.

Dalam beberapa kesempatan, Dorce sering kali mengatakan bahwa pilihannya tersebut mendapat dukungan dari dua orang ulama yang dikenal dalam jagad dunia Islam Indonesia: Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dan KH Hamim Tohari Djazuli atau akrab dengan panggilan Gus Miek.

Sebelum terkenal dengan berbagai talkshow, Dorce juga pernah tampil dalam beberapa film dan sinetron. Aktingnya dalam film dan sinetron tersebut menjadi sebuah tanda atas perjalanan Dorce selama ini. Dari seorang biasa hingga kemudian menjadi kontroversial karena pilihannya menjadi seorang perempuan transgender.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (16/2), berikut deretan film dan sinetron yang diperankan Dorce Gamalama.

1. Dorce Sok Akrab (1989).

Film dan sinetron Dorce berbagai sumber

foto: trakt.tv

Dorce Sok Akrab menjadi film pertama yang pernah dibintangi oleh Dorce Gamalama. Selain Dorce, film ini juga diperankan oleh Kadir dan juga Nurul Arifin sebagai bintang utama dan beberapa artis lain yang penampilannya tak kalah seru.

Film yang disutradarai Deddy Armand tersebut, mengisahkan Pak Sugeng dan Pak Slamet yang sama-sama punya anak kembar dan sama-sama menamakan anaknya dengan nama Dorce.

Saat anak-anak tersebut sudah dewasa, Dorce anak Pak Sugeng pergi ke Jakarta. Rudy anak Pak Koco bersama Doyok berniat untuk menjemputnya. Namun, saat mereka tiba, Dorce yang mereka temui adalah Dorce anak Pak Slamet. Hal ini kemudian membuat mereka salah paham dan penuh dengan kegaduhan yang kocak.

2. Dorce Ketemu Jodoh (1990).

Film dan sinetron Dorce berbagai sumber

foto: trueid.id

Dorce Ketemu Jodoh merupakan film pertama Dorce Gamalama yang memerankan sosok perempuan transgender yang ia pilih sampai akhirnya hayatnya. Dalam film yang disutradarai N. Riantiarno ini, Dorce ditemani Rina Hasyim sebagai pemeran utama.

Film ini mengisahkan sosok Dorce yang baru saja pindah dari Surabaya ke Jakarta untuk menjadi penyanyi pub. Dorce hidup dalam kehidupan malam Jakarta yang cukup keras. Di kehidupan tersebut, Dorce menemukan cinta yang semakin membuatnya hidup. Dorce kemudian bertemu dengan Tante Gladiol yang menyebut Dorce sebagai gadis paling cantik di dunia.

3. Mas Suka, Masukin Aja-Besar Kecil It's OK (2008).

Film dan sinetron Dorce berbagai sumber

foto: imdb.com

Mas Suka, Masukin Aja-Besar Kecil It's OK merupakan film ketiga yang diperankan Dorce Gamalama setelah 18 tahun tak bermain film sejak film keduanya dirilis. Dalam film ini, Dorce menjadi sosok second lead yang memerankan Mak Irit sebagai penggambaran dari Mak Erot yang terkenal.

Dalam film ini, Mak Irit dikisahkan akan memberikan jurus pamungkasnya untuk menurunkan jurus kunci yang dimiliki Mak Irit. Mak Irit dikenal bisa membesarkan dan juga bisa mengecilkan sesuatu. Apa pun itu. Hingga akhirnya, Mak Irit datang ke Jakarta untuk menemui tiga muridnya: Miss Resita, Papi Ray, dan Sukino. Namun, ketiga muridnya tersebut ternyata tidak akur, saling bersaing. Walaupun begitu, Mak Irit tetap harus menemui mereka semua sebelum ia istirahat untuk selamanya.

4. Hantu Biang Kerok (2009).

Film dan sinetron Dorce berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah berhasil kembali ke dunia peran, setahun kemudian Dorce Gamalama tampil kembali dalam film Hantu Biang Kerok. Dalam film horor komedi tersebut Dorce tampil sebagai Mbah Upit, salah satu peran pendukung.

Film ini mengisahkan seorang pemuda yang liburan di sebuah rumah tua sedang bermain Jangka Setan, permainan pemanggil arwah yang menggunakan media jangka. Setelah semua mantra selesai dirapal, ada banyak kejadian aneh menimpa mereka.

5. Incan, Encim, Oncom (2007).

Film dan sinetron Dorce berbagai sumber

foto: imdb.com

Incan, Encim, Oncom merupakan sinetron pertama atau juga disebut sebagai dunia akting kelima yang diperankan oleh Dorce Gamalama. Dalam sinetron ini, Dorce tampil sebagai Bu Dorce yang menjadi salah satu penggerak cerita utama.

6. Kecil-Kecil Mikir Jadi Manten (2017).

Film dan sinetron Dorce berbagai sumber

foto: imdb.com

Kecil-Kecil Mikir Jadi Manten merupakan sebuah sinetron yang ditayangkan perdana pada tanggal 17 Juni 2017 dan sekarang disiarkan ANTV. Dalam sinetron ini, Dorce Gamalama tampil sebagai Dorce, sekaligus menjadi sinetron terakhir yang diperankan Dorce.

Sinetron ini berkisah tentang dua keluarga yang sama-sama melahirkan seorang anak. Keluarga satu melahirkan anak laki-laki, sementara keluarga lain melahirkan anak perempuan. Kedua orang tersebut kemudian setuju untuk menjodohkan anak mereka. Ketika anak mereka dewasa, anak-anak tersebut bingung untuk menyikapi perjodohan yang dikehendaki kedua orang tua mereka.