Brilio.net - Kemenangan Parasite di perhelatan ajang penghargaan Oscar 2020 telah menorehkan sejarah baru. Ia menjadi film non-Inggris pertama dalam sejarah yang sukses membawa pulang Academy Award untuk Film Terbaik. Tak hanya itu, Parasite juga memenangkan Skenario Film Asli, Sutradara, dan Film Internasional Terbaik.

Kendati demikian, hal tersebut rupanya tak membuat Parasite bebas dari kritik maupun pendapat miring. Tak sedikit pula pihak-pihak yang merasa heran dengan kemenangan Parasite. Presiden Amerika Serikat, Donald Trump adalah salah satunya.

Seolah tak terima dengan kemenangan Parasite dalam ajang penghargaan bergengsi itu, Trump justru mengejek film asal Korea Selatan tersebut. Dirinya kemudian mengaitkan hal tersebut dengan isu perdagangan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Loading...

"Ngomong-ngomong, seberapa burukkah Academy Awards tahun ini, Anda lihat? Dan pemenangnya adalah, film dari Korea Selatan, apa-apaan itu? Kami punya cukup masalah dengan Korea Selatan dengan perdagangan," ujar Trump.

"Kita punya cukup masalah dengan Korea Selatan dalam perdagangan. (Tapi) sekarang mereka memberinya penganugerahan film terbaik tahun ini? Apa itu bagus?" lanjutnya, dikutip brilio.net dari Variety, Jumat (21/2).

Lebih jauh, dalam ujarannya tersebut, Trump pun menilai jika penilaian Oscar tahun ini tak memuaskan. Dirinya menganggap jika sudah semestinya Oscar memberi ruang yang lebih pada film produksi Amerika Serikat sendiri.

"Aku mencari (film) seperti 'Gone with The Wind'. Bisakah kita mendapatkan (film terbaik) seperti 'Gone with The Wind'? 'Sunset Boulevard', begitu banyak film hebat (tapi) pemenangnya adalah dari Korea Selatan. Apakah itu pernah terjadi sebelumnya?" ucap Trump.

Sementara itu, menanggapi hal tersebut, distributor 'Parasite' di Amerika Serikat, NEON tak berkomentar banyak. Ia hanya menyebut jika Trump seperti tak tahu soal apapun tentang Parasite.

"Cukup dimengerti, dia tak bisa membaca," jelas NEON.