Brilio.net - Supergirl merupakan salah satu superhero perempuan DC yang mempunyai nama samaran yang cukup banyak. Ia kadang dikenal sebagai Kara Zor-El atau Linda Lee Danvers, Kara Kent, Linda Lang, dan Kara Danvers.

Reputasi Supergirl di semesta DC tak perlu diragukan lagi. Hal ini dibuktikan dengan penayangan seri Supergirl yang sudah sampai musim keenam dan sudah tayang pada Maret 2021 lalu dan tayang kembali pada 17 November 2021.

Sosok Supergirl yang belum diketahui banyak orang, membuat sosoknya seolah misterius dan bagaimana kaitan superhero satu ini dengan Superman yang disebut sebagai sepupunya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Sabtu (6/11), berikut 9 fakta sosok superhero Supergirl yang lebih kuat dari Superman.

1. Menjadi anggota Legion of Superheroes.

fakta sosok superhero Supergirl berbagai sumber

foto: imdb.com

Supergirl merupakan karakter ciptaan penulis Otto Binder dan artis Al Plastino pada 1959. Supergirl dirancang untuk menjadi tambahan baru di alam semesta Superman (walaupun tidak semua versi Supergirl masa depan terkait dengan Superman).

Binder mulai menulis untuk komik pada akhir 1930-an dan menghasilkan karya untuk berbagai penerbit komik, termasuk Fawcett Comics, Timely Comics, dan Quality Comics, sebelum bergabung dengan komik DC pada tahun 1948.

Supergirl juga bukan karakter wanita pertama yang dibuat bersama oleh Binder. Sebelumnya, ia sudah menciptakan karakter wanita seperti Mary Marvel, Miss America, dan Gimmick Girl.

Supergirl diciptakan bersamaan terbentuknya Legion of Superheroes, sekelompok pahlawan super remaja dari masa depan yang terinspirasi oleh Superboy (Superman selama masa mudanya). Supergirl akhirnya akan menjadi anggota Legion of Superheroes, bergabung dengan Lightning Boy, Saturn Girl, dan Cosmic Boy.

2. Pertama kali muncul di Action Comics #252.

fakta sosok superhero Supergirl berbagai sumber

foto: imdb.com

Supergirl pertama kali muncul dalam Action Comics #252 pada Mei 1959. Pada awalnya, Supergirl mengambil nama Linda Lee sampai dia diadopsi bertahun-tahun kemudian oleh Fred dan Edna Danvers, dan kemudian dikenal sebagai Linda Lee Danvers. Supergirl dan Superman muncul dalam banyak petualangan bersama-sama, tetapi dia sangat sukses sehingga dia pindah ke peran utama dalam seri "Adventure Comics" pada 1960-an.

3. Supergirl pernah mati untuk menyelamatkan dunia.

fakta sosok superhero Supergirl berbagai sumber

foto: imdb.com- -Dalam sebuah cerita, Supergirl pernah mati untuk menyelamatkan dunia. Hal itu terjadi saat ia berusaha untuk menyelamatkan Superman yang hampir kalah melawan Antimonitor. Namun, cerita tersebut kemudian direkonstruksi dan bahkan diatur ulang, sehingga Supergirl bisa hidup kembali.

4. Supergirl juga dikenal sebagai Power Girl.

fakta sosok superhero Supergirl berbagai sumber

foto: imdb.com

Dalam semesta alternatif semesta DC, Supergirl juga dikenal sebagai Power Girl yang memulai debut di "All-Star Comics" #858 pada 1976 dan menjadi bagian dari Justice Society of America. Namun, kehidupan di semesta alternatif tersebut tak berlangsung lama dan ia kembali ke alam semesta utama DC.

Walaupun diperankan oleh orang yang sama, tetapi dua karakter tersebut berbeda. Rambut Power Girl lebih pendek, kostumnya putih, dan di sebagian besar tampil dengan seksi.

5. Pernah digantikan oleh Matrix Supergirl selama satu dekade lebih.

fakta sosok superhero Supergirl berbagai sumber

foto: imdb.com

Selama 1988-2002 keberadaan Supergirl seolah menghilang dan digantikan oleh Matrix Supergirl. Matrix Supergirl diciptakan oleh Lex Luthor dalam realitas alternatif.

Luthor memutuskan untuk menggunakan 'matriks protoplasma'-nya untuk menciptakan seorang wanita dalam citra Lana Lang (wanita yang diinginkan Lex) tetapi dengan kekuatan yang sama seperti Superman. Matrix memiliki banyak kekuatan Supergirl tetapi juga memiliki kekuatan telekinesis, tembus pandang, dan bisa berubah bentuk.

6. Hanya ada tiga aktris yang memerankan Supergirl.

fakta sosok superhero Supergirl berbagai sumber

foto: imdb.com

Dalam serial Supergirl yang sudah sampai musim keenam, karakter superhero tersebut diperankan oleh Melissa Benoist. Ia muncul sebagai Kara Danvers berusia 24 tahun yang telah menyembunyikan kekuatan supernya dari dunia.

Selain itu, karakter Supergirl juga diperankan oleh aktris Laura Vandervoort dalam serial hit Smallville. Supergirl memainkan peran besar di musim ketujuh Smallville saat dia terlihat menyesuaikan diri dengan kehidupan di Bumi, dan kembali untuk beberapa penampilan di musim berikutnya.

Selain dua aktris tersebut, Helen Slater juga pernah memerankan karakter tersebut dalam film live-action pertama Supergirl pada 1984.

7. Supergirl punya kuda peliharaan sendiri.

fakta sosok superhero Supergirl berbagai sumber

foto: imdb.com

Supergirl memiliki hewan peliharaan lain dengan cerita yang lebih aneh. Comet the Super-Horse memulai debutnya dalam komik "Superboy" pada tahun 1962, tetapi kemudian pada tahun itu pindah untuk bergabung dengan Supergirl dalam cerita bonusnya di "Action Comics."

Komet awalnya berperan sebagai centaur di Yunani kuno, tetapi akhirnya menjadi kuda dengan kekuatan super. Kuda peliharaan tersebut bisa digunakan saat Supergirl bosan terbang dan ingin bersantai.

8. Pernah menjadi anggota Red Lantern Corps.

fakta sosok superhero Supergirl berbagai sumber

foto: imdb.com

Selain menghabiskan waktu di Legion of Super-Heroes remaja, Supergirl juga menghabiskan beberapa waktu di Red Lantern Corps. Red Lantern Corps adalah sekelompok antipahlawan yang memulai debutnya pada tahun 2007, awalnya sebagai tentara yang berperang melawan Korps Lentera Hijau. Supergirl menjadi terlibat dengan Red Lanterns setelah memiliki cincin merah, mampu memberikan kekuatan pembawanya berdasarkan kemarahan.

9. Lebih kuat dari Superman.

fakta sosok superhero Supergirl berbagai sumber

foto: imdb.com

Superman dikenal sebagai karakter yang bisa menahan kekuatannya sendiri dan tidak melakukan kerusakan yang tidak perlu pada orang yang tidak bersalah. Sementara itu, Supergirl, di sisi lain, mengalami kesulitan untuk menahan diri.

Superman dan Supergirl berasal dari Krypton, mereka tentu saja memiliki banyak kekuatan yang sama. Beberapa berpendapat Superman lebih kuat karena dia lebih besar, sementara yang lain mengklaim bahwa Supergirl benar-benar tumbuh di planet Krypton yang lebih besar yang membuat ia memiliki kekuatan yang lebih besar pula.

(brl/pep)

(brl/pep)