Brilio.net - Setelah kematian Natasha Romanov, identitas Black Widow pun tak ada lagi yang memegangnya. Karena itu, Yelena Belova muncul untuk mengambil identitas tersebut dan menjadikannya sebagai penerus Black Widow.

Di film Black Widow, Natasha sempat memanggil Yelena dengan sebutan 'sis'. Namun, mereka berdua sejatinya bukan saudara kandung. Mereka dianggap memiliki hubungan saudara karena berada di satu pelatihan program yang sama, yaitu Red Room.

Awalnya, Yelena merupakan rival Natasha saat sama-sama berada di Red Room dan bahkan sempat ingin membunuhnya. Namun, saat sama-sama membangun reputasinya di dunia Marvel, Yelena menjadi salah satu superhero yang layak diperhitungkan.

Pengalamannya di berbagai organisasi rahasia dan bahkan pernah menjadi bagian dar penjahat super, membuatnya lebih tahu banyak hal apa yang terjadi di lapangan. Pengalaman Yelena Belova sebagai anggota SHIELD, Vanguard, dan HYDRA, membuatnya punya pandangan lain atas apa yang ia lakukan.

Setelah kemunculan pertamanya di Black Widow (2021) sebagai rekan Natasha Romanov, Yelena Belova akan kembali muncul di serial Hawkeye (2021) mendatang. Ia akan tampil sebagai sebagai mata-mata pengintai yang memburu Hawkeye. Serial ini dijadwalkan tayang di Disney+ mulai 24 November 2021-29 Desember 2021.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (3/11), berikut 9 kisah menarik Yelena Belova, mata-mata pengintai yang memburu Hawkeye.

1. Dilatih di Red Room.

Yelena Belova mata-mata Hawkeye berbagai sumber

foto: imdb.com

Yelena Belova dilatih di Red Room bersama Natasha Romanov dengan master dan pelatih yang sama, Pyotr Vasilievich Starkovsky. Karena dilatih oleh master dan pelatih yang sama, kemampuan mereka pun tak jauh berbeda. Bahkan, Yelena pun ditugaskan untuk menjadi mata-mata atau agen rahasia.

Tugas pertama yang harus dikerjakan oleh Yelena adalah saat harus menyelidiki kematian pelatihnya yang dibunuh secara misterius. Setelah menemukan pembunuhnya, Yelena pun dijuluki sebagai Black Widow oleh pimpinan KGB.

2. Natasha Romanov adalah rivalnya.

Yelena Belova mata-mata Hawkeye berbagai sumber

foto: imdb.com

Walaupun dilatih di tempat yang sama dan juga pelatih yang sama, Yelena Belova dan Natasha Romanov bukan sepasang teman yang baik. Bahkan, mereka menganggap satu sama lain sebagai rival yang harus saling mengalahkan. Setelah Natasha berhasil keluar dari KGB, Yelena pun melakukan hal yang sama untuk membangun reputasinya sendiri.

3. Sempat pensiun dan menjadi manusia normal.

Yelena Belova mata-mata Hawkeye berbagai sumber

foto: imdb.com

Yelena pernah pensiun menjadi orang yang sering berpindah tempat sebagai mata-mata dan melakukan misi berbahaya. Ia kemudian pindah ke Kuba dan menjadi seorang model pakaian sukses besar hingga menjadi jutawan. Namun, hal itu tidak berlangsung lama, karena Yelena kembali ditawari SHIELD untuk melakukan misi untuk kepentingan orang banyak.

4. Hampir mati di Savage Land.

Yelena Belova mata-mata Hawkeye berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah menjadi bagian dari SHIELD untuk memerangi terorisme, Yelena ditugaskan ke Savage Land. Yelena terpikat kembali ke bisnis spionase oleh SHIELD yang semakin bermasalah, terlibat dalam penambangan ilegal vibranium di Savage Lands.

Avengers menemukan mereka dan selama pertempuran, penjahat seperti Pteranodon Sauron tiba dan hampir membunuhnya. Ia pun mengalami luka bakar yang cukup parah di beberapa bagian tubuhnya. Namun, ia selamat dari kejadian tersebut setelah dibawa ke rumah sakit.

5. Bergabung dengan Hydra dan AIM.

Yelena Belova mata-mata Hawkeye berbagai sumber

foto: imdb.com

Saat mengalami krisis dan hampir mati di rumah sakit, Yelena menerima perubahan genetik dari Hydra. Hydra merupakan organisasi teroris paramiliter-subversif otoriter yang bertekad mendominasi dunia.

Selain itu, dalam waktu yang bersamaan, ia juga direkrut oleh Advanced Idea Mechanics (AIM) dan mengubahnya menjadi versi baru Super-Adaptoid. Setelah semua pulih kembali dengan kekuatan barunya, Yelena pun menyerang menara Avengers sebagai tanda perang.

6. Menjadi dewan tinggi AIM.

Yelena Belova mata-mata Hawkeye berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah melanglang buana sebagai agen AIM, Yelena pun diangkat menjadi salah satu dewan AIM. Yelena ditugaskan untuk menjadi salah satu menteri di negara Bagalia yang terkenal sebagai negara yang penuh dengan penjahat super. Di negara tersebut,ia bertugas untuk bekerja sama dengan beberapa penjahat super terkenal di negara tersebut.

7. Sempat bekerja untuk Vanguard dan bergabung dengan Thunderbolt.

Yelena Belova mata-mata Hawkeye berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah mempunyai kekuatan superhero, Yelena pun sempat berkali-kali keluar-masuk dengan organisasi rahasia. Salah satunya yang pernah masuki adalah Vanguard. Vanguard adalah tim operasi hitam rahasia pahlawan super yang menjalankan misi pembunuhan di berbagai tempat tanah asing. Selain itu, ia juga sempat bergabung dengan Thunderbolt saat Norman Osborn mengubah Dark Avengers.

8. Mengambil alih identitas Black Widow dari Natasha Romanov.

Yelena Belova mata-mata Hawkeye berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah Black Widow versi Natasha Romanov terbunuh oleh versi jahat Captain America, Yelena pun mengambil alih identitas tersebut. Bahkan, jubah yang dipakai oleh Natasha diambil dan dipakai oleh Yelena.

Yelena berjanji untuk menghormati warisan pendahulunya dan bertekad untuk membunuh Agen Hydra dan orang jahat lainnya. Meskipun banyak pahlawan Marvel sangat skeptis terhadap Black Widow baru ini, ia menunjukkan beberapa janji untuk hidup sesuai dengan warisan Natasha.

9. Debutnya di MCU.

Yelena Belova mata-mata Hawkeye berbagai sumber

foto: imdb.com

Yelena Belova memulai debutnya di Marvel Cinematic Universe (MCU) dalam film Black Widow (2021). Dalam film tersebut, tampak bahwa ia sedang bekerja sama dengan Natasha dan menjalankan misi bersama.

Berlatar periode antara Captain America: Civil War dan Avengers: Infinity War, film solo ini mengikuti pelarian Natasha Romanov dari berbagai negara yang telah menandatangani Kesepakatan Sokovia. Yelena Belova diperankan oleh Florence Pugh dan akan mengulangi perannya dalam serial Hawkeye mendatang.