Brilio.net - Nama Nova baru-baru ini mencuat sebagai salah satu superhero yang akan masuk dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Namanya hampir tidak pernah muncul dalam beberapa film MCU dalam beberapa tahun terakhir ini. Namun, Nova punya kaitan erat dengan Thanos yang telah menghancurkan Xandar kampung halamannya di galaksi.

Nova merupakan alter-ego dari Richard Rider yang mendapatkan kekuatan superhero saat bergabung dan bertugas sebagai Nova Corps, pasukan polisi intergalaksi. Di tempat tersebut, Richard Rider menempa dirinya dan bisa mendapatkan kekuatan layaknya superhero. Richard Rider akhirnya punya kekuatan di atas rata-rata manusia biasa, bisa terbang dengan cepat, dan juga tahan dengan cedera parah.

Selain itu, Nova merupakan pengendali dan yang merawat The Worldmind yang memungkinkan dirinya punya kekuatan lain yang tak pernah terduga. Selain itu, berkat The Worldmind, Nova punya kemampuan untuk meretas semua jaringan musuh, bahkan yang dianggap sulit dan rumit sekalipun. Karena itu, keberadaannya layak ditunggu dan dinanti-nantikan untuk segera dirilis oleh MCU.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Selasa (2/11), berikut 9 kisah menarik Nova, superhero Marvel yang baru bergabung di MCU.

1. Awal mula menjadi superhero.

Nova superhero Marvel berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Sejak peristiwa invasi Cancerverse, Nova Force terjebak di Cancerverse dan membuat Richard Rider menjadi seorang superhero. Nova Force adalah sumber energi yang pertama kali dimanfaatkan oleh ras makhluk luar angkasa humanoid yang dikenal sebagai Xandrian. Hal ini membuat Richard Rider yang kemudian menjadi Nova lebih mudah mengenal kekuatannya sendiri. Ia lebih kuat dan lebih cepat daripada manusia biasanya. Selain itu, ia bisa terbang melintasi ruang angkasa dan tahan dengan kerusakan serius.

2. Belum mengetahui batas maksimal staminanya.

Nova superhero Marvel berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Superhero biasanya punya stamina yang luar biasa hebat dan bisa bertahan lama. Hal ini juga terjadi dalam diri Nova, tetapi dengan kekuatan yang lebih hebat lagi. Walaupun begitu, ia tidak benar-benar tahu batas maksimal kemampuan dirinya karena belum pernah ada proses uji kemampuan.

3. Punya akurasi super tepat.

Nova superhero Marvel berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Salah satu kekuatan Nova adalah akurasi yang super tepat. Hal ini tak lain berkat The Worldmind yang terhubung secara instan dengan Richard Rider. The Worldmind adalah superkomputer hidup, yang datanya seluruhnya terdiri dari pengalaman, sejarah, dan kepribadian anggota Nova Corps yang telah meninggal serta masyarakat umum Xandar. Kemampuan tersebut membuat Nova bisa melepaskan tembakan yang mustahil bisa dilakukan oleh superhero yang lain.

4. Punya kemampuan penyembuhan regeneratif.

Nova superhero Marvel berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Nova memiliki kemampuan penyembuhan diri yang selalu ditingkatkan setiap waktu. Kemampuan ini berkaitan erat kemampuan daya tahannya yang selalu mengalami peningkatan saat selesai bertarung.

5. Selalu membawa The Worldmind.

Nova superhero Marvel berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

The Worldmind tidak dirancang hanya untuk satu orang, melainkan juga menampung semua pengetahuan masyarakat Xandar dan beberapa orang lainnya yang dapat mengakses The Worldmind. Nova selalu membawa The Worldmind dan selalu menjaganya terus-menerus.

6. Nova bisa mengakses jaringan apa pun.

Nova superhero Marvel berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Berkat The Worldmind, Nova punya kemampuan untuk mengakses jaringan apa pun. Bahkan, The Worldmind bisa meretas komputer dengan keamanan tinggi seperti jaringan komputer yang dimiliki oleh SHIELD. Karena itu, The Worldmind menjadi hal yang sangat penting bagi Nova.

7. Sempat menjadi satu-satunya anggota Nova Force.

Nova superhero Marvel berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Pada periode tertentu, Nova pernah menjadi satu-satunya penghuni Nova Force. Hal ini membuatnya harus menghadapi risiko yang lebih tinggi dan ia terkonsentrasi dengan beberapa fasilitas di dalam Nova Force. Walaupun begitu, hal ini kemudian menjadi keuntungan sendiri bagi Nova karena bisa menjadi tempat latihan untuk meningkatkan kekuatannya.

8. Punya pembangkit energi.

Nova superhero Marvel berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Satu hal yang menarik dari Nova adalah kemampuannya untuk menjadi pembangkit energi dengan tingkat yang lebih tinggi. Energi tersebut kemudian disalurkan ke Nova Force dan mengubahnya menjadi sebuah ledakan yang sangat kuat. Kemampuan ini juga memungkinkannya untuk membuat portal hyperspace sebagai alasan utamanya untuk bisa berkeliling di ruang angkasa dengan sangat baik.

9. Disebut sebagai karakter yang pantang menyerah.

Nova superhero Marvel berbagai sumber

foto: marvel.fandom.com

Richard Rider dikenal sebagai karakter yang selalu tumbuh dan mau belajar dari berbagai pengalamannya. Hal ini membuatnya menjadi karakter superhero yang menjanjikan. Selain itu, sejarah panjang antara Nova dan Thanos tak bisa dibiarkan begitu saja. Setelah masyarakat Xandar dihancurkan Thanos, Nova bertekad untuk terus-menerus melawan dan bertarung dengan penjahat super terkuat tersebut.