Brilio.net - Kedutaan Besar Italia dan Istituto Italiano di Cultura kembali mengadakan Italian Film Festival (ITAFF) yang akan berlangsung pada 21-29 Januari 2023. Festival film ini akan berlangsung di dua kota di Indonesia, yaitu Jakarta dengan lokasi di Istituto Italiano di Cultura dan CGV Grand Indonesia serta Yogyakarta yang berlokasi di Institut Francais Indonesia Yogyakarta.

"Kami sangat bersemangat untuk menyelenggarakan Italian Film Festival kedua kalinya tahun ini setelah yang pertama diadakan secara daring pada 2021," ujar Festival Director Italian Film Festival 2023, Maria Battaglia saat acara konferensi pers yang dihadiri brilio.net pada Jumat (13/1).

Italian Film Festival merupakan salah satu acara festival terbesar yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Italia dan Istituto Italiano di Cultura untuk memperkenalkan kebudayaan Italia kepada masyarakat Indonesia.

 italian film festival 2023 © berbagai sumber

foto: brilio.net/Dewi Suci

Hal ini karena industri film Italia dikenal sebagai salah satu yang terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Tak hanya itu, Cinecitta yang merupakan institusi di bawah Kementerian Kebudayaan Italia juga turut memberikan dukungannya kepada Italian Film Festival 2023.

Gelaran festival film Italia kali ini akan menghadirkan delapan film bergengsi yang telah mendapatkan pengakuan dan penghargaan di beberapa festival film internasional seperti Cannes Film Festival, Berlin International Film Festival, Venice Film Festival, dan Toronto International Film Festival.

Italian Film Festival 2023 akan menayangkan film Nostalgia sebagai pembuka. Film ini merupakan sebuah karya dari sutradara Mario Martone yang terpilih menjadi perwakilan Italia untuk seleksi nominasi Kategori Best International Feature Film di Academy Awards 2023.

Sedangkan film berjudul Il Legionario karya sutradara Hleb Papou akan hadir sebagai penutup festival. Film ini berhasil memenangkan penghargaan Prix CICAE di Annecy Italian Film Festival 2021 dan mendapatkan nominasi Best Emerging Director - Filmmakers of The Present di Lonarco International Film Festival 2021.

Film-film lain yang akan tayang di Italian Film Festival 2023 di antaranya adalah C'e Un Soffio Di Vita Soltanto (A Breath of Life) karya sutradara Matteo Botrugno dan Daniele Coluccini, film Il Colibri (The Hummingbird) karya Francesca Archibugi, film Leonara Addio karya sutradara Paolo Taviani, dan Piccolo Corpo (Small Body) karya sutradara Laura Samani.