Brilio.net - "The Power of the Dog" dari Netflix berhasil mengumpulkan 12 nominasi Academy Award pada hari Selasa (8/2). Kemudian Warner Bros "Dune" mendapatkan 10 nominasi. Sedangkan "West Side Story" dan "Belfast" masing-masing mendapatkan tujuh nominasi.

Keempat film tersebut dinominasikan sebagai film terbaik dari 10 nominasi film lainnya sebagai bagian dari inisiatif ekuitas dan inklusi Academy of Motion Picture Arts and Sciences.

Selain itu film Don’t Look Up, Licorice Pizza, CODA, King Richard, Nightmare Alley dan film Jepang Drive My Car - mencetak nominasi utama termasuk film terbaik, sutradara terbaik dan skenario adaptasi terbaik.

The Power of the Dog dan Dune memimpin nominasi Oscar 2022 Instagram

foto: Instagram/@theacademy

Sementara untuk kategori artis terbaik, Lady Gaga harus menerima kenyataan karena gagal masuk nominasi termasuk dalam nominasi Oscar 2022.

Yang dinominasikan dalam kategori artis terbaik adalah Nicole Kidman (Being the Ricardos), Olivia Colman (The Lost Daughter), Kristen Stewart (Spencer), Penelope Cruz (Parallel Mothers) dan Jessica Chastain (The Eyes of Tammy Faye).

Kategori aktor terbaik jatuh pada Benedict Cumberbatch (The Power of the Dog), Andrew Garfield (Tick, Tick ... Boom!), Will Smith (King Richard), Denzel Washington (The Tragedi Macbeth) dan Javier Bardem (Being the Ricardos).

Adapun nominasi untuk aktris pendukung terbaik adalah trio pendatang baru — Jessie Buckley (The Lost Daughter), Aunjanue Ellis (King Richard) dan Ariana DeBose (West Side Story) dan Judi Dench.

Kategori aktor pendukung terbaik Troy Kotsur (CODA) menjadi pria tuli pertama dan aktor tuli kedua yang dinominasikan untuk Academy Award. Rekan mainnya Marlee Matlin mendapatkan nominasi dan menjadi pemenang tunarungu pertama, pada 1986 untuk "Children of a Lesser God."

Lebih lanjut, dilansir brilio.net dari cnbc.com, Rabu (9/2), Flee sebuah film dokumenter animasi Denmark, mendapatkan nominasi untuk film internasional terbaik - fitur animasi terbaik dan film dokumenter fitur terbaik. Ini adalah fitur pertama yang pernah dinominasikan di ketiga kategori tersebut.

Kenneth Branagh juga membuat sejarah baru pada ajang penghargaan tersebut, dia telah mengumpulkan tujuh nominasi dalam tujuh kategori berbeda sepanjang kariernya. Filmnya "Belfast" membuatnya mendapatkan nominasi sutradara terbaik serta skenario asli terbaik dan gambar terbaik.

Sebelumnya, Branagh dinominasikan untuk Aktor Terbaik, Film Pendek Live Action Terbaik, Skenario Adaptasi Terbaik, dan Aktor Pendukung Terbaik.

Steven Spielberg kembali dinominasikan pada 2022 untuk karyanya di "West Side Story" 20th Century Studio. Ini adalah nominasi penyutradaraan pertamanya sejak "Lincoln" pada 2012. Dia merupakan orang pertama yang menerima nominasi sutradara terbaik dalam enam dekade berbeda.

(brl/lin)

(brl/lin)