Brilio.net - Hollywood bisa selalu punya aktor dan aktris berbakat yang diakui dunia. Hampir semua artisnya bisa dibilang menguasai seni peran dan melahirkan banyak film-film berkualitas.

Bicara tentang kualitas film, ajang bergengsi Academy Awards tentu tak boleh dipandang sebelah mata. Sebab ajang yang juga disebut Piala Oscar itu selalu memilih aktor/aktris, sutradara, komposer musik, dll, yang sudah berkontribusi filmnya masing-masing.

Pada Academy Awards 2017, Kevin O'Connell mendadak jadi bahan perbincangan masyarakat dunia. Pasalnya sosoknya sudah memecahkan rekor paling sering diunggulkan di Oscar tapi tak pernah menang sama sekali. Bahkan aktor berusia 59 tahun ini sudah terhitung masuk nominasi 21 kali hingga 2017 lalu, dan kini dia sudah memenangkannya.

Nah, tapi rupanya selain Kevin O'Connell masih ada 12 artis lainnya yang mengalami nasib serupa, terutama para pekerja di balik film-film itu, seperti komposer musik, seniman sketsa, direktur fotografi dan lainnya. Bisa dibilang sudah sekitar 10 kali masuk nominasi Oscar tapi pada akhirnya mereka selalu tersingkir juga.

Siapa saja mereka? Berikut ulasannya seperti dilansir brilio.net dari Antara melalui People, Senin (5/3):

Loading...

1. Greg P Russell.

Artis selalu gagal Oscar © 2018 brilio.net

foto: awardscircuit

Penata suara terbaik ini sudah masuk nominasi 17 kali tapi tak pernah menang. Sejak 2010 sampai 2013 dirinya sudah menggarap untuk film The Rock, Con Air, Armageddon, Pearl Harbor, dan Spider-Man.

2. Roland Anderson.

Artis selalu gagal Oscar © 2018 brilio.net

foto: the tribune

Roland Anderson dipekerjakan sebagai seniman sketsa pada dasawarsa '20-an. Dia masuk unggulan sebanyak 15 kali selama jabatannya di Paramount, termasuk Moon River. Namun sayang, hingga 1989 dia tak pernah merasakan kemenangan satu kali pun.

3. Alex North.

Artis selalu gagal Oscar © 2018 brilio.net

foto: thescl.com

Alex North pernah masuk unggulan sebagai komposer film 1951's A Streetcar Named Desire. Dia juga termasuk komposer musik film yang mendapat Oscar untuk Piala Pencapaian Seumur Hidup (1986), setelah dia harus gagal 15 kali dalam nominasi.

4. Loren L Ryder.

Artis selalu gagal Oscar © 2018 brilio.net

foto: legacy.com

Loren L Ryder pernah memenangkan lima penghargaan 'teknis' sekaligus gelar kehormatan Academy Awards tanpa memungut piala kompetitif apapun, bahkan setelah masuk 12 nominasi. Karya-karya legendarisnya adalah Rear Window, The War of the Worlds, dan Double Indemnity.

5. George J Folsey.

Artis selalu gagal Oscar © 2018 brilio.net

foto: cinematographers.nl

Folsey sudah membuat 162 karya film sejak tahun 1919 hingga pensiun di tahun 1976. Sebagai seorang direktur fotografi, dia pernah masuk nominasi 13 kali untuk kategori Best Cinematography namun tak pernah menang. Akhirnya delapan bulan sebelum dirinya meninggal, Folsey mendapatkan Piala Capaian Seumur Hidup dari American Society of Cinematographers.

6. Roger Deakins.

Artis selalu gagal Oscar © 2018 brilio.net

foto: collider.com

Roger Deakins bisa dikatakan sebagai sinematografer beberapa film terbaik dunia sejak seperempat abad lalu. Di antaranya The Shawshank Redemption, Fargo, O Brother, Where Art Thou? No Country For Old Men, dan The Reader and True Grit. Tapi sayangnya Deakins tak pernah menang meski sudah 13 kali masuk nominasi Oscar.

7. Thomas Newman.

Artis selalu gagal Oscar © 2018 brilio.net

foto: youtube

Newman si penata musik dalam film ini sudah masuk 14 kali nominasi Academy Awards tapi tak pernah menang. Padahal karyanya semisal The Shawsank Redemption, American Beauty, dan Finding Nemo bisa dibilang adalah film terbaik dunia.

8. Federico Fellini.

Artis selalu gagal Oscar © 2018 brilio.net

foto: nostraitalia.it

Sosok film director legendaris abad ke-20 ini terhitung sudah masuk 12 kali unggulan nominasi tapi tak pernah menyabetnya. Kesempatan pertamanya, setelah empat nominasi datang pada tahun 1962 (La Dolce Vita). Fellini sempat meraih Oscar Kehormatan pada 1993 meski sebenarnya penghargaan ini terpisah dari penghargaan utama.

9. Rick Kline.

Artis selalu gagal Oscar © 2018 brilio.net

foto: vignette.wikia

Kline pernah menggarap beberapa film legendaris seperti Star Wars, The Godfather, Rambo, Harry Potter, X-Men, Fast and Furious dll. Diketahui dirinya sudah sudah 11 kali masuk nominasi tapi sayang tak pernah menang.

10. Anna Behlmer.

Artis selalu gagal Oscar © 2018 brilio.net

foto: hollywood reporter

Behlmer adalah sound engineer wanita pertama sudah masuk 10 kali nominasi dalam Academy Awards namun selalu kalah.

11. Walter Lantz.

Artis selalu gagal Oscar © 2018 brilio.net

foto: wikipedia

Pemilik studio Lantz ini sudah 10 kali masuk nominasi Academy Awards di tahun 1934 hingga 1956. Namun sayang produser film legendaris ini tak pernah menerima satu pun piala hingga tahun 1979.

12. Walter Scharf.

Artis selalu gagal Oscar © 2018 brilio.net

foto: mrmagooschristmascarol

Scharf pernah memenangkan Piala Emmy dan Golden Globe. Namun sayangnya komposer legendaris ini tak pernah menang di Academy Awards meski sudah 10 kali masuk nominasi.