film Netflix lingkungan hidup berbagai sumber foto: imdb.com

The Ivory membahas tentang perburuan gajah di Afrika, perdagangan gading di China dan Hong Kong, serta dampak perburuan gajah jika dibiarkan terus.

Sutradara Keif Davidson dan Richard Ladkani menghabiskan 16 bulan menyamar bersama kru mereka dan beberapa subjek menyelidiki pembunuhan gajah untuk diambil gadingnya dan penyelundupan gading ke China.

Gading gajah bernilai jutaan dolar karena dianggap sebagai simbol status. Meskipun ilegal, ada pasar gelap yang merajalela tempat praktik dan transaksi bisnis korup terjadi. Film ini membawa penontonnya dari Tanzania, Kenya, dan Zambia ke China, Hong Kong, dan Vietnam, singgah sebentar di London.

Film dibuka di Tanzania, Afrika, saat Elisifa Ngowi, kepala intelijen Satgas, bersama dengan para perwiranya, melakukan operasi penyergapan malam hari dalam upaya untuk menangkap Shetani, salah satu pemburu paling terkenal di wilayah tersebut.

Shetani bertanggung jawab atas kematian 10.000 gajah. Sementara Ngowi melacak Shetani dan para pemburu, Craig Millar, kepala keamanan di Yayasan Kehidupan Besar di Kenya, berusaha untuk menghentikan perburuan agar tidak terjadi.

Tim Millar menghabiskan siang dan malam mereka melindungi gajah di sabana yang luas, menakut-nakuti pemburu dan mencegah penduduk setempat menyerang gajah yang telah menghancurkan tanaman pangan mereka.

7. Cowspiracy (2014).

film Netflix lingkungan hidup berbagai sumber foto: imdb.com

Cowspiracy mengeksplorasi dampak peternakan terhadap lingkungan dan menyelidiki kebijakan beberapa organisasi lingkungan tentang masalah ini.

Film ini melihat berbagai masalah lingkungan, termasuk perubahan iklim, penggunaan air, penggundulan hutan, dan zona laut mati. Hal-hal tersebut menunjukkan bahwa peternakan adalah sumber utama perusakan lingkungan.

Walaupun begitu, film ini telah dikritik karena menyesatkan tentang kontribusi peternakan terhadap perubahan iklim yang dinilai jauh lebih sedikit daripada yang dinyatakan dalam film.

8. Mission Blue (2014).

film Netflix lingkungan hidup berbagai sumber foto: imdb.com

Mission Blue mengisahkan Cabo Pulmo, desa di Meksiko tempat para nelayan membuat kehidupan bawah laut dengan baik dan menjadikan kehidupan laut sebagai objek wisata.

Film ini bertujuan untuk melindungi bawah laut dan menciptakan taman nasional bawah laut. Selain itu, untuk mengingatkan para pencari ikan untuk tidak mengambil ikan dengan cara membom dan pengeboran.

9. Virunga (2014).

film Netflix lingkungan hidup berbagai sumber foto: imdb.com

Virunga mengisahkan empat karakter yang berjuang untuk melindungi Taman Nasional Virunga di Republik Demokratik Kongo, rumah bagi gorila gunung terakhir di dunia, dari perang, perburuan, dan ancaman eksplorasi minyak.

Film ini mengikuti pengasuh gorila André Bauma, sipir sektor pusat Rodrigue Mugaruka Katemb, kepala sipir Emmanuel de Merode, dan jurnalis investigasi Prancis Mélanie Gouby, berfokus pada keindahan alam dan keanekaragaman hayati Virunga.

Selain itu, mereka juga menelusuri berbagai masalah politik dan ekonomi yang cukup kompleks seputar minyak eksplorasi dan konflik bersenjata di wilayah tersebut.