film Netflix lingkungan hidup berbagai sumber foto: imdb.com

Seaspiracy film Netflix yang memprediksi kehidupan laut akan hancur karena ulah manusia. Film ini menampilkan berbagai dampak manusia terhadap kehidupan laut dan menganjurkan untuk mengakhiri konsumsi ikan.

Film ini mengeksplorasi berbagai masalah lingkungan yang mempengaruhi lautan, termasuk polusi plastik, jaring hantu, dan penangkapan ikan yang berlebihan.

Film ini berpendapat bahwa perikanan komersial adalah pendorong utama perusakan ekosistem laut. Film ini menolak konsep penangkapan ikan berkelanjutan dan mengkritik beberapa organisasi konservasi laut, termasuk Earth Island Institute dan label aman untuk lumba-lumba dan sertifikasi makanan laut berkelanjutan dari Marine Stewardship Council .

2. My Octopus Teacher (2020).

film Netflix lingkungan hidup berbagai sumber foto: imdb.com

My Octopus Teacher mengisahkan Foster saat mulai menyelam bebas di hutan rumput laut bawah laut dingin di lokasi terpencil di False Bay, dekat Cape Town, Afrika Selatan sejak 2010. Film ini menunjukkan hubungan intim Foster yang berkembang dengan gurita saat dia mengikutinya selama hampir satu tahun.

Mereka membentuk ikatan saat gurita tersebut bermain dengan Foster dan memungkinkan masuk ke dunianya untuk melihat bagaimana gurita tidur, hidup, dan makan.

Selain itu Foster juga sering harus membela diri saat bertemu dengan hiu piyama. Film ini menggambarkan hubungan intim antara manusia biasa dengan gurita sebagai makhluk laut.

3. Semesta (2018).

film Netflix lingkungan hidup berbagai sumber foto: imdb.com

Semesta berkisah tentang tujuh sosok di tujuh provinsi Indonesia yang bergerak memelankan dampak perubahan iklim. Ketujuh sosok tersebut berusaha merawat alam Indonesia atas dorongan agama, kepercayaan, dan budaya masing-masing.

Selain itu, film ini ingin menggambarkan bahwa masyarakat Indonesia di berbagai daerah punya caranya masing-masing untuk melindungi alam. Serta menegaskan bahwa Indonesia adalah kumpulan dari banyak orang, kebudayaan, dan tradisi yang beragam.

4. Okja (2017).

film Netflix lingkungan hidup berbagai sumber foto: imdb.com

Okja berkisah tentang Mija, seorang gadis remaja yang berjuang merawat binatang besar bernama Okja di sebuah pegunungan yang asri. Suatu ketika, Okja tiba-tiba hilang karena dicuri dan Mija berusaha untuk menemukan binatang kesayangannya tersebut.

Mija kemudian terlibat konflik dengan sebuah perusahaan raksasa yang ingin membunuh dan memanfaatkan Okja hanya sebagai bahan ekspor ke luar negeri.

5. Chasing Coral (2017).

film Netflix lingkungan hidup berbagai sumber foto: imdb.com

Chasing Coral berkisah tentang tim penyelam, ilmuwan, dan fotografer di seluruh dunia yang berusaha mendokumentasikan hilangnya terumbu karang. Film ini diproduksi oleh Exposure Labs dan disutradarai Jeff Orlowski.

Film tersebut tayang perdana di Sundance Film Festival 2017 dan dirilis secara global di Netflix sebagai Netflix Original Documentary pada Juli 2017.

Jeff Orlowski sebelumnya menyutradarai film Chasing Ice pada 2012 yang memiliki plot yang mirip dengan Chasing Coral.