7. To the Bone (2017).

film Netflix kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

To the Bone merupakan film Netflix tentang kesehatan mental yang menceritakan Ellen (Lily Collins) yang mengidap anoreksia. Semakin hari, kondisi kesehatan dan berat badan Ellen semakin turun. Hampir setiap hari, Ellen sering mengukur lingkar tangannya sendiri. Ia memastikan agar lingkar tangannya tak melebihi cengkaraman tangannya.

Di sebuah tempat rehabilitasi, Ellen berinteraksi dengan pasien-pasien anoreksia lainnya. Ellen melihat banyak pasien seperti dirinya dan bahkan pasien dengan kondisi lebih parah. Ia bertemu seorang pasien bernama Pearl (Maya Eshet) yang mesti dipasang selang asupan di tubuhnya sebab kondisi kesehatannya kian memburuk. Tubuh Pearl menolak semua asupan yang masuk. Film ini menggambarkan bagaimana usaha Ellen untuk melawan penyakitnya dan dampak mental yang dialami.

8. Posesif (2017).

film Netflix kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

Posesif merupakan film Netflix tentang kesehatan mental yang diceritakan melalui kisah cinta ala remaja. Film ini mengisahkan Lala Anindhita (Putri Marino), siswi teladan di sebuah SMA di Jakarta dan atlet loncat indah, yang dilatih oleh ayahnya sendiri (Yayu Unru).

Lala yang hanya tinggal berdua dengan ayahnya sepeninggalan sang ibu, merasa dunianya sudah cukup dengan kehadiran ayah dan kedua temannya, Rino (Chicco Kurniawan) dan Ega (Gritte Agatha). Meski ayahnya sedikit mengekang, Lala tidak terlihat keberatan dan menjalani hidupnya dengan baik.

Lala bertemu murid pindahan baru di sekolah bernama Yudhis Ibrahim (Adipati Dolken), yang langsung bermasalah dengan seorang guru killer (Ismail Basbeth). Lala pun ketahuan membantu Yudhis, dan sebagai hukuman keduanya harus berjalan sepanjang lapangan sekolah dengan tali sepatu yang saling terikat. Meski ditertawai seluruh sekolah, Lala dan Yudhis menjadi dekat karena kejadian ini.

Lala pun menyanggupi ajakan Yudhis untuk berpacaran dan untuk pertama kalinya hidup Lala menjadi begitu berwarna. Berpacaran dengan Yudhis membuat hidup Lala tak lagi sama. Namun ia justru semakin terkekang dan mengalami hubungan yang posesif.

9. The Edge of Seventeen (2016).

film Netflix kesehatan mental berbagai sumber

foto: imdb.com

The Edge of Seventeen merupakan film Netflix tentang kesehatan mental yang berkisah tentang gadis remaja berusia 17 tahun bernama Nadine Franklin (Hailee Steinfeld). Sejak kecil, ia memiliki hubungan yang kurang harmonis dengan keluarganya. Nadine dan ibunya yang bernama Mona (Kyra Sedgwick) sudah seperti musuh bebuyutan. Ia hanya dengan dekat ayahnya yang tak lama kemudian meninggal dunia.

Beruntung, Nadine masih memiliki Krista (Haley Lu Richardson), sahabat sejak kecil yang kini satu sekolah di SMA yang sama. Namun, dinamika pertemanan mereka berubah saat Krista justru berpacaran dengan Darian. Nadine yang selama ini menganggap Darian sebagai saingan, merasa semakin terpinggirkan dengan kenyataan tersebut.

Film ini menggambarkan bagaimana seorang remaja perempuan menghadapi berbagai trauma masa kecilnya dan dibawanya hingga menjelang dewasa.