Brilio.net - Nggak cuma menghibur, film pun juga bisa memberi inspirasi kehidupan. Salah satunya karakter cewek yang ada di film tersebut. Sudah nggak zamannya cowok selalu jadi tokoh utama, kan? Apalagi sekarang sudah banyak film yang bercerita tentang perjuangan wanita yang inspiratif.

Nah, berikut 8 karakter wanita yang inspiratif di berbagai film, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (25/7):

1. Cut Nyak Dhien dalam Tjoet Nja' Dhien

foto: movienthusiast

Sosok pahlawan wanita asal Aceh Cut Nyak Dhien pun tak bisa dilupakan dari perjuangan bangsa Indonesia. Tahun 1988 lalu, sosok Inspiratif ini diangkat dalam sebuah karya layar lebar dan menjadikan Christine Hakim sebagai tokoh utamanya. Pelajaran yang bisa diambil adalah meski harus menderita melawan penjajah, Cut Nyak Dhien tak pernah melupakan kewajibannya sebagai istri dan ibu.

2. Butet Manurung dalam Sokola Rimba

foto: filmdoo

Butet Manurung (Prisia Nasution) adalah seorang guru yang mengajarkan pendidikan kepada anak-anak dari Suku Anak Dalam. Sokola Rimba memberikan banyak gambaran bagaimana perjuangan Butet untuk memberi pendidikan yang layak.

3. Annisa dalam Perempuan Berkalung Surban

foto: indonesianfilmcenter

Film Karya Hanung Bramantyo ini mengisahkan Anissa (Revalina S Temat), seorang anak dari Kiai Salafiah sekaligus seorang ibu dan istri yang tinggal di lingkungan pesantren. Anissa beranggapan Islam membela laki-laki sementara posisi perempuan sangat lemah dan tidak seimbang.

4. Kartini dalam Surat Cinta Untuk Kartini

foto: Instagram/raniaps

Kartini (Rania Putri Sari) memang berasal dari keluarga ningrat, namun keadaan ini tak membuat Kartini menjadi sosok wanita muda yang sombong. Kartini justru peduli dengan rakyat kecil, salah satunya mau mengajarkan baca tulis kepada anak-anak kecil di sekitar rumahnya. Kartini juga ingin mendirikan sekolah bagi kaum bumi putra. Semangat untuk memperjuangkan hak kaum wanita mendapat pendidikan ini layak diteladani.

Kamu suka yang mana? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


5. Katniss Everdeen dalam The Hunger Games

foto: wired.com

Katniss Everdeen (Jennifer Lawrence) adalah cewek sederhana yang berjiwa pahlawan. Ia secara sukarela menggantikan adiknya untuk bertarung dalam sebuah kompetisi maut, The Hunger Games yang disiarkan langsung oleh stasiun televisi dengan konsep reality show.

6. Black Widow dalam The Avengers

foto: aceshowbiz

Ada dua hal yang bikin Black Widow (Scarlett Johansson) kelihatan super di berbagai filmnya. Dia tangguh dan nggak takut meski harus bertarung dengan musuhnya yang kebanyakan laki-laki. Kamu juga harus punya jiwa seperti itu ya ladies..


7. Ma dalam Room

foto: media.salon.com

Perjuangan Ma (Brie Larson) untuk membawa anaknya, Jack keluar dari sepetak ruangan demi melihat dunia luar cukup mengharukan. Di film ini Ma digambarkan sebagai sosok ibu yang tangguh serta bikin kita melongo dengan tingkah serta akalnya.

8. Wonder Woman

foto: comicbookbrain

Wonder Woman sering dijuluki sebagai 'Feminime Icon' yang mencintai kedamaian, keadilan dan kebenaran. Tak hanya parasnya yang cantik, Wonder Woman juga mahir bertarung dan bisa bikin lawannya jadi salah fokus sehingga mudah diperdaya. Beberapa nama besar Hollywood pun pernah memerankan karakter ini, antara lain Lynda Carter, Adrianne Palick hingga yang terakhir si cantik Gal Gadot.