Brilio.net - Merebaknya virus corona di berbagai belahan dunia, memberikan dampak yang begitu besar dan tak main-main pada sektor olahraga, tak terkecuali sepak bola. Kini jutaan penggemar sepak bola pun terpaksa harus puasa menonton pertandingan.

Pasalnya, wabah corona ini membuat kompetisi-kompetisi bergengsi sepak bola ditunda untuk sementara waktu. Bersamaan dengan itu, klub-klub sepak bola yang ada pun turut mengisolasi para pemainnya demi alasan kesehatan.

Hingga kini belum jelas kapan kompetisi-kompetisi sepak bola ini akan dimulai kembali. Kendati demikian, untuk kamu yang sudah sangat rindu dengan tontonan pertandingan, tak perlu resah.

Sambil menunggu situasi menjadi kondusif seperti semula, kamu bisa obati rasa rindumu akan sepak bola dengan film dokumenter. Penasaran apa saja dan sebagus apa?

Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (1/4), berikut 8 film dokumenter sepak bola yang wajib ditonton.

Loading...

1. The Two Escobar.

Film ini berkisah tentang Pablo Escobar dan Andres Escobars. Seperti diketahui, Pablo merupakan gembong narkoba, sedangkan Andres adalah pemain internasional Kolombia. Adapun adegan epik dari flim ini adalah saat Andres melakukan gol bunuh diri ketika Kolombia melawan Amerika Serikat pada Piala Dunia 1994.

2. Hillsborough.

film dokumenter sepak bola berbagai sumber

foto: liputan6.com

Hillsborough berkisah tentang peristiwa 15 April 1989 yang menewaskan 96 pendukung Liverpool. Di dalamnya terdapat cerita tentang kesaksian para keluarga korban dalam mencari keadilan atas peristiwa tersebut.

3. Zidane A 21st Century Portrait.

film dokumenter sepak bola berbagai sumber

foto: madman.com.au

Film ini merupakan biografi Zinedine Zidane. Ia berfokus pada laga Real Madrid vs Villareal pada 23 April 2004 silam yang mana memperlihatkan Zidane mendapat kartu merah karena perkelahian massal.

4. Take Pass The Ball.

film dokumenter sepak bola berbagai sumber

foto: imdb.com

Take Pass The Ball adalah film dokumenter Barcelona di era Pep Guardiola. Kala itu, Barca sukses meraih treble winner di musim debut kepelatihan Guardiola.

Kendati demikian, film ini juga memperlihatkan persaingan antara Guardiola dan Jose Mourinho saat itu. Penasaran kan kayak gimana? Yuk, makanya tonton.

5. George Best: All By Himself.

film dokumenter sepak bola berbagai sumber

foto: imdb.com

Pendukung setia Manchester United (MU) pasti tahu kalau George Best adalah pemain yang hebat. Namun sayang, karier George harus hancur karena masalah alkohol.

6. Sunderland ‘Til I Die.

film dokumenter sepak bola berbagai sumber

foto: themoviedb.org

Sunderland ‘Til I Die bercerita tentang bagaimana perjuangan klub tersebut untuk kembali ke papan atas. Tak hanya harus bersaing ketat dengan klub lain, untuk kembali ke peringkat atas Sunderland juga mesti berhadapan dengan sederet masalah.

7. Ultras.

Film ini bercerita tentang kehidupan sehari-hari pimpinan Ultras Napoli. Persahabatan, iman, dan cinta terhadap sepak bola terpotret baik di film ini.

8. Maradona in Mexico.

Sesuai dengan judulnya, film ini berkisah tentang Diego Maradona. Bagi kamu yang pengen tahu sepak terjang legenda yang satu ini, Maradona in Mexico wajib banget untuk disaksikan!