Brilio.net - Jika kamu mendengar kata film dokumenter, mungkin yang akan terbayang pertama kali adalah film-film tentang satwa liar garapan National Geographic atau Discovery Channel.

Padahal ada juga lho film dokumenter dengan kisah horor di dalamnya. Dan yang bikin seru, film-film itu pastinya akan menceritakan kisah nyata yang membuat semakin terasa seramnya.

Contohnya seperti enam film yang brilio.net lansir dari The-line-up, Kamis (26/1), di bawah ini. Cocok nih buat teman malam Jumatmu.

1. The Nightmare

Loading...

The Nightmare adalah film dokumenter yang coba mengangkat tema sleep paralized atau orang Indonesia biasa mengenalnya dengan fenomena tindihan. Film ini mencoba menguak fenomena tindihan berdasarkan beberapa mitos-mitos yang berkembang di masyarakat.

Film ini mendapat banyak pujian dari para kritikus film karena dinilai berhasil menyuguhkan sisi gaib dari fenomena tindihan dengan cukup nyata tanpa meninggalkan kesan seram yang ada.

2. My Amityville Horror

My Amityville Horror merupakan sebuah cerita yang diadaptasi dari sebuah buku berjudul The Amityville Horror: A True Story. Kisah nyata itu diawali pada tahun 1975.

Kala itu George dan Kathy Lutz beserta tiga anak dari perkawinan Kathy sebelumnya pindah ke rumah bergaya Belanda yang beralamat di 12 Ocean Avenue di kawasan pedesaan Amityville, di Long Island. Selama menempati rumah itu seluruh anggota keluarga dihantui peristiwa aneh dan mengerikan. Kehidupan mereka dicekam horor.

Hingga suatu hari, mereka memutuskan untuk lari dari rumah itu meninggalkan segala harta benda mereka. Film dokumenter ini adalah tentang kisah orang-orang yang dihantui dan dampaknya pada mereka yang mengalami.

3. Never Sleep Again

Never Sleep Again merupakan film mendokumentasikan kisah legenda dari Freedy Crugers. Film ini bercerita tentang rumah di jalan Elm Street, tempat konon sosok hantu Freddy Crugers, mulai muncul dan meneror korbannya lewat mimpi.

Dalam film ini kamu akan disuguhkan kumpulan foto dan video langka dari fenomena gaib yang terjadi di rumah angker tersebut.

4. A Haunting in Connecticut

A Haunting in Connecticut merupakan bagian dari seri film dokumenter horor lainnya berjudul 'The Haunting' yang tayang pada saluran Discovery Channel sejak tahun 2005. Seri dokumenter ini sendiri banyak mengabdikan kisah tempat-tempat mistis yang ada di Amerika, dengan mewawancarai narasumber setempat.

Dalam film ini, sang produser Larry Silverman fokus memvisualisasikan kejadian gaib yang terjadi pada rumah milik Sarah Campbell. Rumah tersebut menurut legenda yang ada merupakan saksi dari peristiwa mistis yang dialami ole keluarga Champbell pada tahun 1987 yang lalu.

5. Killer Legends

Killer Legends yang disutradarai oleh Joshua Zeman ini bertujuan untuk mendokumentasikan berbagai kisah urban legend tentang pembunuh-pembunuh yang melegenda di Amerika Serikat.

Dengan gaya layaknya sebuah investigasi, Zeman berhasil menyuguhkan kesan seram, meski tak melulu membahas soal kisah mistis. Dalam film ini Zeman menyuguhkan empat kisah pembunuhan misterius yaitu 'The Hookman,' 'The Candyman,' 'The Babysitter and Man Upstairs,' dan 'The Killer Clown.'

6. Room 237

Room 237 digadang-gadang sebagai salah satu film dokumenter paling menyeramkan sepanjang masa. Film ini mengisahkan tentang beragam argumentasi yang terjadi di sebuah kamar hotel bernomor 237.

Diawali dengan argumentasi yang mengarah tentang gagasan upaya genosida terhadap bangsa Indian. film ini kemudian mulai mengarah ke beragam dialog rancu yang seolah saling tumpang tindih.