4. 6 Balloon (2018).

film Netflix skizofrenia berbagai sumber

foto: imdb.com

6 Balloon merupakan rekomendasi film Netflix kisah penderita skizofrenia yang mengisahkan Keluarga Strelzyk dan Wetzel saat melarikan diri dari GDR ke Barat dengan balon udara buatan sendiri. Mereka mencoba melarikan diri dalam kondisi angin yang sempurna, walaupun Günter Wetzel melihatnya sebagai hal yang terlalu berbahaya.

Günter Wetzel pikir balon itu terlalu kecil untuk delapan orang, dan istrinya Petra takut sekali membawa kedua anak mereka. Oleh karena itu, mereka berhenti mencoba melarikan diri untuk waktu yang singkat. Doris dan Peter Strelzyk berani melarikan diri sendirian dengan kedua putra mereka. Pertemuan di balon raksasa tersebut membuat mereka sadar bahwa mereka sedang dalam kondisi mental yang memprihatinkan.

5. To the Bone (2017).

film Netflix skizofrenia berbagai sumber

foto: imdb.com

To the Bone merupakan rekomendasi film Netflix kisah penderita skizofrenia yang menceritakan Ellen (Lily Collins) yang mengidap anoreksia. Semakin hari, kondisi kesehatan dan berat badan Ellen semakin turun. Hampir setiap hari, Ellen sering mengukur lingkar tangannya sendiri. Ia memastikan agar lingkar tangannya tak melebihi cengkaraman tangannya.

Di sebuah tempat rehabilitasi, Ellen berinteraksi dengan pasien-pasien anoreksia lainnya. Ellen melihat banyak pasien seperti dirinya dan justru lebih parah. Ia bertemu seorang pasien bernama Pearl (Maya Eshet) yang mesti dipasang selang asupan di tubuhnya sebab kondisi kesehatannya kian memburuk. Tubuhnya menolak asupan apapun yang masuk. Film ini mengambarkan bagaimana usaha Ellen untuk melawan penyakitnya dan dampak mental yang dialami.

6. Clinical (2017).

film Netflix skizofrenia berbagai sumber

foto: imdb.com

Clinical merupakan rekomendasi film Netflix kisah penderita skizofrenia yang mengisahkan Dr Jane Mathis (Vinessa Shaw), seorang psikiater dan ahli dalam terapi serangga atau confrontational therapy. Dua tahun sebelumnya, ia memiliki seorang pasien, Nora Green, yang menyerangnya dan mencoba bunuh diri di kantornya. Akibatnya, Dr Mathis mengalami PTSD dan kelumpuhan tidur yang membuatnya mencari bantuan dari Dr Terry Drummond.

Selain itu, ia juga mulai berkencan dengan seorang petugas polisi bernama Miles. Melawan saran Dr Terry, ia melanjutkan praktiknya sebagai psikiater, meskipun tidak meresepkan obat. Ia enggan setuju untuk melihat pasien baru, Alex, yang wajahnya rusak karena kecelakaan mobil. Suatu malam, Dr Jane terlihat berjalan sambil tidur di dalam rumahnya dan memanggil polisi.

7. Shutter Island (2010).

film Netflix skizofrenia berbagai sumber

foto: imdb.com

Shutter Island merupakan rekomendasi film Netflix kisah penderita skizofrenia di sebuah pulau misterius yang menjadi penjara bagi narapidana dengan persoalan mental di sebuah pulau terpencil bernama Shutter Island. Teddy dan partnernya, Chuck Aule (Mark Rufallo), dikirim ke Ashecliffe untuk menyelidiki kasus hilangnya seorang pasien.

Di tempat tersebut, mereka diminta untuk menginvestigasi kasus hilangnya Rachel Solando, seorang ibu yang dengan tega menenggelamkan tiga anaknya. Satu-satunya petunjuk yang mereka miliki adalah sebuah pesan misterius yang ditinggalkan oleh Rachel dalam kamarnya, "The Law of 4: who is 67?".

Sayangnya, ketika Teddy dan Chuck berusaha untuk menginvestigasi kasus tersebut, kondisi psikis Teddy perlahan-lahan memburuk. Ia kerap mengalami sakit kepala dan mimpikan mendiang istrinya, Dolores (Michelle Willams), yang meninggal dalam sebuah insiden kebakaran.