Brilio.net - Spider-Man merupakan karakter superhero Amerika Serikat berdasarkan karakter dalam komik Marvel. Ia adalah karakter pahlawan super buatan dari Stan Lee dan Steve Ditko. Suksesnya film Spider-Man ditandai dengan series-series film ini yang selalu mencapai kesuksesan di box office.

Spider-Man memang memiliki penggemar yang sangat banyak di seluruh dunia. Para penggemar juga menyadari, bahwa Spider-Man sendiri memiliki versi yang berbeda dilihat dari aktor pemeran Spider-Man sendiri. Spider-Man juga banyak diadaptasi menjadi film layar lebar, animasi kartun, atau serial TV.

Film live-action pertamanya diperankan oleh Donald F Glut pada tahun 1969. Izin tayang Spider-Man lalu berpindah-pindah hingga dimiliki izinnya oleh Sony Pictures Entertainment (Columbia Pictures) yang lalu membuat film trilogi Spider-Man modern. Namun, karakter Spider-Man sekarang sangat melekat pada Tom Holland.

Jauh sebelum Tom Holland banyak aktor yang memerankan karakter Spider-Man. Siapa sih para aktor pemeran Spider-Man dari waktu ke waktu? Nah, brilio.net merangkum dari berbagai sumber, Selasa (21/1), aktor yang pernah memerankan Spider-Man.

1. Nicholas Hammond - The Amazing Spider-Man (1977).

Loading...

pemeran spiderman istimewa

foto: Pinterest.com

Saat ditayangkan sebagai series TV dan tiga FTV di tahun 1977, aktor yang memerankan Peter Parker adalah Nicholas Hammond. Hammond memerankan Spider-Man selama tiga tahun, dari 1977-1979. Karena saat itu CGI masih belum mumpuni, tentu saja kamu nggak akan bisa berharap banyak saat menontonnya.

2. Shinji Todo - Toei's Supaidaman TV Series (1978).

pemeran spiderman istimewa

foto: Youtube.com

Jepang nggak mau ketinggalan untuk mengadaptasi komik satu ini. Shinji Todo mendapatkan peran Spider-Man dan memerankan karakternya selama satu tahun dengan 41 episode. TV Jepang ini memiliki kisah yang berbeda dan sangat khas tayangan tokusatsu Jepang. Bahkan Spider-Man di Jepang bukan bernama Pater Parker, malainkan Takuya Yamashiro.

3. Tobey Maguire - Spider-Man, Spider-Man 2,Spider-Man 3 (2002-2007).

pemeran spiderman istimewa

foto: Pinterest.com

Jika ingat film Spider-Man, orang-orang akan selalu ingat dengan sosok Tobey Maguire yang memerankan Peter Parker. Awal 2000-an Tobey Maguire hadir sebagai Spider-Man baru dari versi modern.

Sosoknya sangat diingat dan berhasil mendapatkan gelar sebagai Spider-Man yang sebenarnya. Sebelum Tom Holland muncul, ia masih dianggap aktor pemeran Spider-Man terbaik yang pernah ada, bahkan setelah 10 tahun berlalu.

4. Andrew Garfield - The Amazing Spider-Man, The Amazing Spider-Man 2 (2012).

pemeran spiderman istimewa

foto: istimewa

Andrew Garfield sering mendapatkan kritikan dan dianggap tidak cocok memerankan sosok Peter Parker yang kutu buku dan tidak populer. Dan Andrew dianggap terlalu tampan untuk memerankan Peter.

Namun, aktingnya sangat memuaskan. Sehingga ia masuk ke dalam daftar aktor pemeran Spider-Man terbaik.

5. Jake Johnson - Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018).

pemeran spiderman istimewa

foto: Pinterest.com

Jake Johnson memerankan sosok Spider-man yang sama seperti karakter Thor dalam Avengers: Endgame, yaitu menyesal, depresi, dan menjadi gemuk.

Johnson merupakan aktor pemeran Spider-Man yang baik, karena berhasil memberikan kesan Peter Parker yang sudah lelah dengan kehidupannya.

6. Shameik Moore - Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018)

pemeran spiderman istimewa

foto: Pinterest.com

Shameik Moore akan menjadi Spider-Man terakhir dari Into the Verse dalam daftar ini. Dan ia adalah satu-satunya yang tidak memerankan sosok Peter Parker. Ia memerankan Miles Moralas, sosok remaja lelaki yang masih polos dan kebingungan dengan apa yang terjadi sebenarnya.

7. Tom Holland - Avengers: Infinity war, Spider-Man: Homecoming, Avengers: Endgame, Spider-Man: far from home (2016-2019).

pemeran spiderman istimewa

foto: Pinterest.com

Tom Holland pada awal kemunculannya mengundang berbagai pendapat negatif, namun ia berhasil memerankan karakter Peter Parker muda dan polos.

Holland memberikan kesan yang sangat berbeda dari aktor-aktor sebelumnya. Membuat para penggemar Spider-Man merasa mustahil membandingkan ia dengan versi lainya.

Reporter: mgg/Nurul Fitriana