drama Korea adaptasi serial Amerika Serikat berbagai sumber foto: imdb.com

Designated Survivor: 60 Days merupakan drama Korea adaptasi serial Amerika Serikat yang pernah booming di Netflix pada 2019, berjudul Designated Survivor. Walaupun memiliki jalan cerita yang sama, yaitu dengan Gedung Majelis Nasional yang dibom teroris, tetapi drama ini dikemas dengan cara berbeda mengikuti budaya dan politik di Korea Selatan.

Designated Survivor versi Korea memiliki cerita tentang perseteruan politik di semenanjung Korea yang memisahkan dua negara, yakni Korea Utara dan Korea Selatan.

Drama ini mengisahkan Park Moo-jin yang harus dengan terpaksa duduk di kursi kepresidenan selama 60 hari, pasca pengeboman di Gedung Majelis Nasional Korea Selatan yang menewaskan para pejabat negara termasuk Presiden.

Park Moo-jin berusaha untuk mengungkap kebenaran di balik serangan teroris yang terjadi dalam acara pidato kenegaraan itu. Park Moo-jin yang awalnya menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan tidak memiliki ambisi dalam dunia politik. Saat itu juga dia harus mempertaruhkan hidupnya dan bertanggung jawab untuk negara.

2. Leverage (2019).

drama Korea adaptasi serial Amerika Serikat berbagai sumber foto: imdb.com

Leverage merupakan drama Korea adaptasi serial Amerika Serikat dengan judul yang sama. Drama ini berkisah tentang Lee Tae-joon (Lee Dong-gun), seorang mantan penyidik asuransi elite yang cukup dikenal dengan prinsipnya. Dia kemudian membentuk tim pencuri dan penipu yang bertugas untuk menargetkan orang kaya raya. Selain itu, tim tersebut juga bertugas untuk membalas kematian anak Tae-joon.

Tim itu terdiri dari Hwang Soo-kyung (Jeon Hye-bin), seorang aktris yang tidak berbakat, tetapi penipu papan atas yang mampu berbicara empat bahasa dengan lancar. Go Na-byul (Kim Sae-ron), mantan atlet nasional anggar berubah menjadi pencuri kelas atas, yang mampu melakukan gerakan cepat dan fleksibel membantu rekannya untuk menipu dan menyelinap ke suatu tempat.

Selain itu, ada Roy Ryu (Kim Kwon), seorang spesialis keamanan yang menjadi tentara bayaran dan mengkhususkan diri dalam berbagai bentuk seni bela diri. Jeong Eui-sung (Yeo Hoe-hyun), seorang hacker yang memiliki keterampilan digital yang hebat, terutama di komputer, ponsel, dan CCTV menjadi kru penting saat tim ini melancarkan aksinya.

3. Suit (2018).

drama Korea adaptasi serial Amerika Serikat berbagai sumber foto: imdb.com

Suits merupakan drama Korea adaptasi serial Amerika Serikat dengan judul yang sama. Drama ini dibintangi Park Hyung-sik sebagai Go Yeon-woo, seorang pengacara pemula yang genius. Dia direkrut firma hukum "Kang & Ham" Choi Kang-Seok untuk menangani sebuah kasus besar.

Kemampuannya mengingat banyak hal dengan sangat akurat, menjadi modal luar biasa untuk menjadi seorang pengacara sekaligus menjadi detektif partikelir.

4. Missing 9 (2017).

drama Korea adaptasi serial Amerika Serikat berbagai sumber foto: imdb.com

Missing 9 merupakan drama Korea adaptasi serial Amerika Serikat dengan judul yang sama. Drama ini bercerita tentang sebuah kecelakaan pesawat yang membawa 47 orang dan beberapa selebritis terkenal saat terbang ke Cina.

Dalam pesawat tersebut, ada 9 selebritis terkenal dari Legend Entertainment. Mereka berencana menonton konser menggunakan pesawat pribadi yang tiba-tiba mengalami kecelakaan dan terjatuh di laut.

Sembilan orang yang selamat dari kecelakaan tersebut kemudian terdampar di sebuah pulau tak dikenal dan tak berpenghuni. Choi Tae-ho (Choi Tae-joon), seorang bassist yang selamat dari kecelakaan tersebut mengungkap diri yang sebenarnya. Tae-ho kemudian berencana melakukan aksi pembunuhan satu per satu orang yang dianggapnya sebagai saingan saat di Korea.