Brilio.net - Ada begitu banyak film kartun yang menghiasi dunia hiburan perfilman seluruh dunia. Namun jarang sekali film kartun yang mengangkat cerita dari kisah nyata. Sebuah film kartun dari Uni Emirat Arab mengadaptasi dari sosok ternama Bilal bin Rabah.

Film ini diberi judul Bilal: A New Breed of Hero Official. Film ini sudah tayang sejak 2016 di Uni Emirat Arab. Sedangkan di Indonesia sendiri, film kartun ini rilis pada 15 Mei serentak di beberapa bioskop Tanah Air. Bilal berisikan mengenai aksi dan petualangan. Film ini ditulis oleh Alavi, Alex Kronemer, Michael Wolfe, dan Yassin Kamel.

Film ini menggambarkan para pahlawan dari semenanjung Arab. Bercerita tentang kehidupan Bilal, seorang anak yang sejak kecil ingin menjadi pejuang. Namun ia justru menjadi tawanan, ia kemudian dijual ke Umayah bin Khalaf, pedagang terkaya Hijaz. Bilal terkenal memiliki suara yang merdu dan indah.

Film kartun Bilal bin Rabah ini berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia. Ditambah lagi film ini akan diputar bertepatan dengan bulan Ramadan. Simak fakta menarik dari film ini, seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (14/5).

1. Cerita berisi mengenai dakwah Islam yang bisa membuat haru.

Loading...

fakta Bilal bin Rabah imdb

foto: antaranews.com

Kartun ini adalah animasi panjang pertama dari Uni Emirat Arab. Film ini juga penuh dengan kisah haru. Dilansir brilio.net dari liputan6. Ketika film ini tayang di Amerika, seorang pemuka agama Islam yang tinggal di Amerika, Ustaz Fahmi Zubir mengajak keluarganya untuk menonton film ini. Alhasil mereka semua terharu dan terkesima. Film ini termasuk film model dakwah yang lembut.

2. Seorang budak dari Ethiopia menjadi muadzin Islam.

fakta Bilal bin Rabah imdb

foto: antaranews.com

Bilal yang dikenal memiliki suara indah, tumbuh menjadi pria yang tampan dan gagah berani. Film ini memang mangambil dari sosok nyata Bilal bin Rabah. Seorang budak Ethiopia yang berhasil selamat dan menjadi muadzin Islam, sosok orang yang dekat dengan Nabi. Namun film ini tidak mengacu secara utuh kisah Bilal. Pembuat film ini menakutkan akan terjadi potensi melenceng dari kisah sejarah agama Islam.

3. Sudah mendapatkan penghargaan Best Inspiring Movie di festival film Cannes.

fakta Bilal bin Rabah imdb

foto: antaranews.com

Sebelum mulai tayang di bioskop Indonesia, film ini memang sudah mencuri perhatian. Pasalnya film ini sudah diputar selama festival film Cannes, mendapatkan penghargaan Best Inspiring Movie. Sebelum sampai di Indonesia, film ini sudah tayang terlebih dahulu di Amerika.

4. Film animasi termahal di Uni Emirat Arab.

fakta Bilal bin Rabah imdb

foto: liputan6.com

Film ini menampilkan elemen yang sangat rinci dan imajinatif. Tak bisa dipungkiri film ini menghabiskan waktu yang cukup lama, sehingga menghabiskan dana yang sangat mahal pula. Film ini menghabiskan dana sebanyak 30 juta USD atau senilai dengan Rp 433 miliar.

5. Membutuhkan waktu pembuatan selama 8 tahun.

fakta Bilal bin Rabah imdb

foto: liputan6.com

Film ini dibuat sangat lama kerena penulis ingin mengkaji dengan sangat teliti. Mengenai alur cerita dari sosok Bilal bin Rabah ini. Dia melakukan peneleitian intensif untuk memberikan penghormatan kepada kisah sejarah Islam. Ada banyak karakter dan lokasi yang tak terhitung jumlahnya.

6. Digarap 250 animator.

fakta Bilal bin Rabah imdb

foto: imdb

Saking lama dan telitinya saat menggarap film ini, tentu membutuhkan tenaga ahli yang lumayan banyak pula. Film ini digarap oleh 250 animator. Film kartun ini nggak kalah bagusnya dengan film animasi buatan Hollywood, jadi banyak orang yang tidak menduga kalau Bilal: A New Breed of Hero Official dibuat oleh Uni Emirat Arab.