Brilio.net - Robot kerap dikaitkan dengan teknologi yang bisa membantu manusia dalam menjalankan tugas-tugas tertentu. Selain itu, ada robot yang dapat bekerja secara otomatis tanpa harus digerakkan oleh manusia.

Ternyata teknologi robot kerap menjadi inspirasi bagi industri perfilman India atau Bollywood. Beberapa film India telah diproduksi dengan tema teknologi, yakni robot. Film India bertema robot ini dibuat dengan alur cerita yang juga memiliki watak bak manusia seperti antagonis, protagonis, romantis, hingga robot yang begitu garang, dan mematikan.

Tak hanya dalam sebuah film, pada kenyataan dunia mengalami perkembangan yang pesat. Kecanggihan teknologi merupakan karya dan kreasi dari manusia. Mereka menciptakan sesuatu untuk mempermudah pekerjaan manusia, termasuk robot. Melihat teknologi yang semakin canggih, tak sedikit orang berpendapat suatu hari nanti semua pekerjaan manusia akan diambil alih oleh robot.

Melihat fenomena-fenomena tersebut, para penggiat film mencoba untuk mengangkatnya dalam sebuah film. Salah satunya India, film-film bertemakan robot berhasil mencuri perhatian penonton. Berikut ini beberapa film India mengenai pertarungan robot yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (17/12).

1. Ra.One

Loading...

Robot istimewa

foto: imdb.com

Ra.One merupakan film pahlawan super fiksi ilmiah yang disutradarai oleh Anubhav Sinha. Film yang dirilis pada tahun 2011 ini dibintangi Shah Rukh Khan, Arjun Rampal, Kareena Kapoor, Armaan Verma, Shahana Goswami, dan Tom Wu.

Film Ra.One mengisahkan tentang seorang developer game bernama Shekhar Subramanium yang menciptakan game dengan karakter antagonisnya, Ra.One. Karakter Ra.One digambarkan lebih kuat dari karakter protagonisnya, yakni G.One. Kisah film ini dimulai ketika Ra.One keluar dari dunia game untuk membunuh pemilik ID gamer bernama Lucifer yang merupakan putra Shekhar sendiri.

2. Enthiran

Robot istimewa

foto: imdb.com

Enthiran merupakan film fiksi ilmiah yang disutradarai oleh S. Shankar. Film bertemakan robot ini dibintangi oleh Rajinikanth dan Aishwarya Rai. Dirilis pada tahun 2010, film Enthiran disukai oleh penontonnya. Selain actionnya yang memukau, aksi-aksi kocak yang disuguhkan dalam film sukses mengundang tawa.

Film ini mengisahkan seorang ilmuan cerdas. Sang ilmuwan berhasil menciptakan robot canggih yang memiliki kecerdasan buatan. Robot tersebut bernama Chitti. Robot pintar ini diprogram untuk melindungi umat manusia. Keunggulan dari robot tersebut bisa merasakan perasaan manusia. Namun permasalahan terjadi, saat Chitti jatuh cinta pada seorang wanita.

3. 2.0

Robot istimewa

foto: imdb.com

Film 2.0 dibintangi oleh Rajinikanth, Akshay Kumar, Amy Jackson, Sudhanshu Pandey, Adil Hussain, Kalabhavan Shajohn, dan Riyaz Khan. Film ini juga dikatakan sebagai film 3D yang meraup anggaran cukup besar dan menjadi film termahal di India.

Film action India ini rilis pada 25 Januari 2018 digarap epik oleh disutradara S. Shankar. Dalam film ini dikisahkan tentang seorang ilmuan yang membuat sebuah robot dalam waktu yang cukup singkat. Namun robot buatannya tak sesuai yang diharapkan dan menjadi manusia burung.

4. Taarzan: The Wonder Car

Robot istimewa

foto: imdb.com

Taarzan: The Wonder Car merupakan film garapan Mustan dan Abbas Burmawalla yang dirilis pada tahun 2004. Film ini dibintangi oleh Ajay Devgn dan Vatsal Sheth. Film Taarzan: The Wonder Car merupakan film yang banyak disukai, bahkan film ini sudah diputar berkali-kali oleh stasiun televisi swasta.

Film Taarzan: The Wonder Car mengisahkan pria bernama Devan yang tinggal bersama ibu dan anaknya Raj. Devan memiliki keahlian dalam merancang mobil. Namun suatu hari, Devan mengalami hal sial, ia dikhianati oleh teman-temannya sendiri. Devan bersama mobilnya di dorong ke sungai dan meninggal.

Anaknya Raj tumbuh dewasa dan suatu hari membeli sebuah mobil bekas yang kemudian dirancang ulang oleh dirinya. Ternyata mobil tesebut memiliki kekuatan super.

5. Phuntroo

Robot istimewa

foto: imdb.com

Phuntroo merupakan film fiksi India yang diliris tahun 2016. Disutradarai oleh Sujay Dahake dan diproduksi Krishika Lulla di bawah naungan Eros International, film Phuntroo disutradarai dibintangi  oleh Mategaonkar dan Madan Deodhar.

Phuntroo mengisahkan seorang mahasiswa teknik yang mencoba membuat terobosan baru. Mahasiswa tersebut menciptakan sebuah robot. Dalam film ini pula penonton diajak melihat unsur manusia dimasukkan ke robot.