Brilio.net - Jun Ji-hyun atau dikenal juga dengan Gianna Jun menjadi artis Korea dengan bayaran termahal di Korea Selatan pada 2021. Pemeran drama korea Kingdom: Ashin of The North itu telah menghasilkan KRW 17 ratus juta atau setara dengan Rp 209,6 miliar sepanjang tahun ini.

Jun Ji-hyun ramai diperbincangkan publik Indonesia saat tampil dalam serial drama Korea seperti My Love from the Star (2013-2014) dan Legend of the Blue Sea (2016-2017). Namanya kian melambung saat ia tampil sebagai pemeran utama film spin-off Kingdom dalam Kingdom: Ashin of the North.

Berbagai drama dan film yang diperankan Jun Ji-hyun membuatnya dikenal kancah internasional dan membawanya menjadi seorang bintang Hallyu terkenal. Hallyu merupakan istilah yang diberikan untuk tersebarnya budaya pop Korea secara global di berbagai negara di dunia sejak tahun 1990-an. Drama maupun film yang diperankannya mendapat sambutan positif dari berbagai khalayak penonton di berbagai negara.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (8/9), berikut drama Korea diperankan Jun Ji-hyun, artis termahal di Korea Selatan.

1. Cliffhanger (2021).

Drama Korea diperankan Jun Ji-hyun berbagai sumber

foto: soompi.com

Cliffhanger atau Mount Jiri merupakan drama Korea yang mengisahkan para penjaga gunung yang bekerja di Taman Nasional Jirisan. Mereka bekerja dalam rangka penyelamatan pendaki yang hilang ataupun yang tersesat. Selain itu, salah satu tantangan yang mesti mereka hadapi adalah Gunung Jirisan merupakan gunung yang misterius dan belum banyak dijelajahi. Dalam drama ini, Jun Ji-hyun berperan sebagai Seo Yi-kang, seorang penjaga hutan yang memiliki naluri navigasi jalur pegunungan. Selain itu, pengalaman tersebut membuatnya dengan mudah melacak pejalan kaki yang hilang hanya berdasarkan sehelai daun dan rumput. Ji-hyun akan bermain bersama Ju Ji-hoon Kang Hyun-jo, seorang lulusan akademi militer yang memutuskan menjadi ranger setelah mengalami insiden mengerikan di gunung.

2. Kingdom: Ashin of the North (2021).

Drama Korea diperankan Jun Ji-hyun berbagai sumber

foto: asianwiki.com

Jun Ji-hyun awalnya tampil sebagai cameo dalam episode terakhir dari Kingdom season 2 sebagai Ashin. Namun, Kingdom kemudian mengembangkan cerita Ashin menjadi cerita tersendiri dan Jun Ji-hyun menjadi bintang utamanya. Kingdom: Ashin of the North mengisahkan masa kecil Ashin yang menemukan daun ajaib yang dapat menghidupkan orang mati. Penemuan tersebut menjadi salah satu jalannya untuk balas dendam atas apa Kerajaan Joseon yang menyerang desanya dan menyebabkan keluarganya meninggal dunia. Ju Ji-hoon tampil dengan meyakinkan bahwa dia adalah yang membawa penyebab wabah zombi di Kerajaan Joseon.

3. Legend of the Blue Sea (2016-2017).

Drama Korea diperankan Jun Ji-hyun berbagai sumber

foto: asianwiki.com

Legend of the Blue Sea merupakan drama Korea yang diadaptasi dari legenda Joseon klasik, sejarah tak resmi tentang seorang nelayan yang menangkap dan melepaskan putri duyung. Dalam drama ini, Jun Ji-hyun berperan sebagai putri duyung yang diberi nama Se-hwa dan Lee Min-ho berperan sebagai Dam-ryeong. Cerita berkembang sejak Dam-ryeong diselamatkan oleh Se-hwa dan sudah dianggapnya sebagai adik perempuannya sendiri. Hubungan itu pun berlanjut sampai mereka saling jatuh cinta. Namun, Dam-ryeong dipaksa keluarganya untuk menikahi gadis lain. Dam-ryeong dan Se-hwa pun pergi melarikan diri. Cerita berlanjut saat Dam-ryeong dan Se-hwa kembali lagi sebagai inkarnasi di masa modern. Kisah mereka pun berlanjut dan tragedi yang sama pun kembali menimpa cinta mereka.

4. My Love from the Star (2013-2014).

Drama Korea diperankan Jun Ji-hyun berbagai sumber

foto: asianwiki.com

My Love from the Star mengisahkan Do Min-joon (Kim Soo-hyun) seorang alien yang mendarat di bumi pada masa Dinasti Joseon. Ia terdampar di bumi ditinggalkan oleh kawanannya setelah menolong seorang gadis. Ia terdampar di bumi selama empat abad dan tampil sebagai manusia biasanya. Setiap sepuluh tahun sekali, ia harus berganti profesi. Ia pernah jadi dokter, astronom, pengacara, dan bankir, dan sekarang bekerja sebagai profesor perguruan tinggi. Tahun demi tahun, dari era ke era, sudah ia rasakan semua jenis pekerjaan hingga Korea sampai di era modern.

Sampai kemudian Min-joon bertemu dengan Cheon Song-yi (Jun Ji-hyun), seorang anak sekolah yang angkuh dan terkenal di media sosial karena sikapnya. Pertemuan tersebut membuat Min-joon tak lagi merasa kesepian karena kehadiran Song-yi. Walaupun berusaha untuk jauh dari Song-yi, Min-joon sadar bahwa hal itu tidak bisa lakukan karena ia sudah terlanjur sayang kepada Song-yi.

5. Happy Together (1999).

Drama Korea diperankan Jun Ji-hyun berbagai sumber

foto: asianwiki.com

Happy Together merupakan drama keluarga yang mengisahkan lima saudara kandung yang sudah lama berpisah sejak kematian orang tuanya. Cerita berawal saat Seo Tae-poong (Lee Byung-hun), seorang pemain bisbol profesional yang rindu kembali menemui keluarganya. Ia pun mencari saudara laki-lakinya dan tiga saudara perempuan lainnya. Pencarian demi pencarian dilakukan oleh Tae-poong. Namun, kehadirannya ditolak dan ingin ditemui oleh saudaranya. Sampai pada adegan, Seo Yoon-joo (Jun Ji-hyun), adik bungsu dari keluarga tersebut menemui Tae-poong tanpa diketahui oleh kakak laki-lakinya tersebut. Drama ini mengisahkan perjalanan lima bersaudara yang mengharukan dan bagaimana mereka kembali disatukan.

-

INFOGRAFIS JUN JI-HYUN 2021 © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS JUN JI-HYUN 2021
© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan