Brilio.net - Drama Korea menjadi salah satu hiburan yang populer, termasuk di Indonesia. Kelebihan drama Korea sebagai tontonan yang punya sedikit episode juga tak kalah menarik perhatian.

Dengan jumlah episode yang singkat, nyatanya tidak membuat kisah dalam drama berkurang maknanya. Kebanyakan drama Korea justru menampilkan kepadatan cerita dan menghadirkan rasa penasaran untuk menyaksikan episode selanjutnya.

Seperti tak habis ide, drama Korea selalu menyajikan kisah-kisah yang menarik dengan berbagai genre. Inspirasinya pun bisa datang dari mana saja. Ada yang berasal dari kisah nyata dan ada pula yang berasal dari adaptasi karya terkenal. Salah satunya adalah adaptasi dari novel.

Drama Korea yang diadaptasi dari novel memiliki berbagai kelebihan, salah satunya adalah target penontonnya yang lebih luas. Sebab novel yang diangkat juga populer dan memiliki jumlah pembaca yang tidak sedikit. Dengan demikian, orang akan antusias untuk menyaksikan bagaimana jika kisah di novel yang sebelumnya hanya mampu dibayangkan, pada akhirnya digambarkan lebih jelas lewat drama.

Beberapa drama Korea yang didaptasi dari novel ternyata dinilai mampu melampaui ekspektasi pembaca. Bahkan ada yang melebihi kesuksesan novel aslinya.

Loading...

Pensaran apa saja? Berikut 16 drama Korea populer yang diadaptasi dari novel yang telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (30/12).

1. Touch Your Heart.

drakor dari novel istimewa

foto: asianwiki.com

Touch Your Heart menjadi drama kedua setelah Goblin yang mempertemukan Lee Dong-hwok dan Yoo In-na sebagai pasangan. Dalam drama ini, dikisahkan seorang aktris bernama Oh Yoon-seo harus bekerja di firma hukum untuk mendalami peran.

Ia jatuh cinta pada pengacara andal yang bersikap dingin, bernama Kwong Jung-rok. Drama ditayangkan perdana pada Februari 2019 lalu ini diadaptasi dari novel karya Yegeo.

2. Her Private Life.

drakor dari novel istimewa

foto: asianwiki.com

Setelah Touch Your Heart tamat, drama Her Private Life menjadi drama yang mengisi slot tersebut. Drama ini diadaptasi dari novel berjudul Noona Fan Dot Com karya Kim Sung-yeon. Drama yang dibintangi Park Min-young dan Kim Jae-wook ini mengisahkan tentang kurator seni bernama Sung Deok-mi.

Ia adalah fangirl garis keras, namun juga sosok yang kompeten saat bekerja. Karena sering berinteraksi dan terlibat kegiatan yang sama, Direktur galeri seni bernama Ryan Gold pun jatuh cinta pada Deok-mi.

3. The Moon that Embracing the Sun.

drakor dari novel istimewa

foto: asianwiki.com

Kisah dalam drama the Moon that Embracing the Sun ini diadaptasi dari novel karya Jung Eun-gwol. Drama yang mengambil latar waktu era Dinasti Joseon ini mengisahkan tentang raja Lee Hwon yang jatuh cinta pada seorang saman wanita. Pada akhirnya terungkaplah bahwa saman tersebut sebenarnya adalah Putri Mahkota yang dikabarkan meninggal karena sebuah konspirasi.

Dibintangi oleh Kim Soo-hyun dan Han Ga-in, drama ini berhasil mendapatkan 22 penghargaan dan ditayangkan di Thailand, Jepang, Hongkong, Singapura, Indonesia, Malaysia, Myanmar, dan India.

4. Moonlight Drawn by Clouds.

drakor dari novel istimewa

foto: asianwiki.com

Drama yang didaptasi dari novel karangan Yoon Yi-soo ini dibintangi oleh Park Bo-gum dan Kim Yoo-jung. Dikisahkan bahwa seorang Putra Mahkota bernama Lee Yeong jatuh cinta pada gadis bernama Hong Ra-on.

Ia adalah seorang perempuan yang menyamar sebagai laki-laki dan masuk ke istana sebagai kasim. Namun ada hal yang mengejutkan dibalik latar belakang Hong Ra-on. Ra-on ternyata adalah putri dari pria yang dahulu dicap sebagai seorang pemberontak.

5. Personal Taste.

drakor dari novel istimewa

foto: asianwiki.com

Drama yang dibintangi Lee Min-ho ini merupakan drama populer yang diadaptasi dari novel karya Lee Se-in. Drama ini mengisahkan tentang Jeong Jin-ho, pria yang berpura-pura sebagai gay agar bisa tinggal bersama wanita bernama Park Kae-in.

Mulanya Jin-ho melakukan itu untuk tujuan tertentu, yakni memenangkan proyek Dam ArtCentre. Namun selama tinggal bersama, Jin-ho mulai menyimpan rasa pada Kae-in.

6. Sungkyunkwan Scandal.

drakor dari novel istimewa

foto: asianwiki.com

Diadaptasi dari novel karangan Jung Eun-gwong, drama ini mengisahkan skandal di Sungkyunkwan, tempat belajar di era dinasti Joseon. Dahulu hanya kalangan pria saja yang diperbolehkan belajar di Sungkyunkwan.

Namun Kim Yoon-hee adalah perempuan yang menyamar menjadi adik laki-lakinya demi bisa masuk dan belajar disana. Selama menyamar, ia bertemu dengan Lee Sun-joon, Go Yong-ha, dan Moon Jae-shin.

Drama ini juga populer dan meraih banyak penghargaan. Selain itu, drama Sungkyunkwan Scandal juga dibintangi aktor dan aktris ternama seperti Park Min-young, Song Joong-ki, Park Yoo-chun, dan Yoo Ah-in.

7. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo.

drakor dari novel istimewa

foto: asianwiki.com

Drama yang menampilkan IU dan Kang Ha-neul sebagai pemeran utama ini didaptasi dari novel karya penulis China bernama Bu Bu Jing Xin. Drama ini mengisahkan tentang seorang perempuan yang kembali pada masa era Goryeo. Ia hidup sebagai gadis bernama Hae Soo dan bertemu dengan pangeran Wang So.

Menurut ramalan, Wang So akan menjadi raja yang akan membuat peperangan hingga menumpahkan darah. Hae Soo pun mencoba mengubah Wang So menjadi raja yang bijaksana. Namun drama ini punya akhir yang sedih dimana Hae Soo ternyata harus kembali ke masa depan dan meninggalkan Wang So sendirian.

8. The King in Love.

drakor dari novel istimewa

foto: asianwiki.com

Drama the King in Love diadaptasi dari novel karya Kim Yi-ryung. Drama ini mengisahkan tentang pengeran bernama Wang Won dan Wang Rin yang jatuh cinta pada satu wanita yang sama, bernama Eun San.

Diperankan oleh Yoona SNSD, Eun San dikisahkan sebagai putri dari menteri kerajaan. Tidak hanya di Korea Selatan, drama ini juga ditayangkan di Amerika, Autralia, India, Filipina, dan Thailand.

9. Cheongdam-dong Alice.

drakor dari novel istimewa

foto: asianwiki.com

Mengisahkan tentang Han Se-kyung, seorang desainer andal yang baru saja ingin berkerja pada perusahaan besar yang terletak di Cheongdam-dong. Daerah ini terkenal dengan toko-toko fashion kelas atas di Korea Selatan dan dijuluki sebagai 'Fashion and Art Street'.

Namun dikisahkan Se-kyung harus menghadapi kenyataan bahwa ia dipekerjakan bukan sebagai desainer, melainkan sebagai asisten pribadi dari istri pemilik perusahaan.

10. Fluttering Warning.

drakor dari novel istimewa

foto: asianwiki.com

Drama yang diadaptasi dari novel karangan Soe Han-kyul ini mengisahkan tentang seorang dokter yang terlibat skandal dengan aktris.

Namun demi sebuah tujuan, mereka pun menyanggupi kontrak yang isinya adalah persetujuan untuk memperlihatkan seolah-olah mereka sedang jatuh cinta. Jadi Cha Woo-hyun dan Yoo Yoo-jung harus berpura-pura sebagai sepasang kekasih.

11. Something About 1 Percent.

drakor dari novel istimewa

foto: mydramalist.com

Selanjutnya ada drama berjudul Something About 1 Percent yang diadaptasi dari novel karya Hyun Go-woon. Drama ini mengisahkan tentang cucu konglomerat yang ingin mewarisi aset dari sang kakek.

Namun ia harus mendekati seorang guru bernama Kim Da-hyun sesuai dengan surat kuasa yang telah tertulis.

12. I Order You.

drakor dari novel istimewa

foto: mydramalist.com

Diadaptasi dari novel karya Fla-da, drama ini mengisahkan tentang Yeo Gook-dae, pria yang berprofesi sebagai koki dan memiliki trauma terhadap cinta.

Ia takut jatuh cinta setelah mengalami pengalaman buruk bersama calon istrinya. Gook-dae ditinggalkan calon istrinya tepat pada hari pernikahan yang akan segera dilangsungkan.

13. The Greatest Marriage.

drakor dari novel istimewa

foto: mydramalist.com

Drama the Greatest Marriage ditayangkan perdana pada 2014 dan kisahnya didaptasi dari novel karya Jung Yi-joon.

Drama ini mengisahkan tentang ibu tunggal bernama Cha Ki-young. Ia dan kekasihnya Park Tae-yeon adalah pasangan yang takut untuk menikah meski telah memiliki anak.

14. Shine or Go Crazy.

drakor dari novel istimewa

foto: asianwiki.com

Drama yang diadaptasi dari novel karya Hyun Go-woon ini, mengisahkan tentang kehidupan pengeran Wang So yang memilukan. Ia harus diasingkan karena ramalan yang mengatakan bahwa Wang So adalah raja yang kelak akan menumpahkan darah dan menimbulkan banyak peperangan.

15. Painter of the Wind.

drakor dari novel istimewa

foto: asianwiki.com

Drama Painter of the Wind didaptasi dari novel karangan Lee Jung-myun dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan tentang seorang pelukis perempuan bernama Shin Yun-bok.

Setelah ayahnya terbunuh, ia memutuskan untuk menyembunyikan identitas aslinya dengan berpura-pura sebagai seorang laki-laki. Namun ia justru jatuh cinta pada pria bernama Kim Hong-do.

16. Hwang Jin-yi.

drakor dari novel istimewa

foto: asianwiki.com

Tayang perdana pada 2006, Hwang Jin-yi menjadi salah satu drama Korea yang cukup populer. Terbukti, tidak hanya ditayangkan di negara asalnya, drama Hwang Jin-yi juga ditayangkan di Malaysia, Filipina, Taiwan, Thailand, bahkan di Amerika Serikat.

Drama ini mengisahkan tentang Giseang yang jatuh cinta pada bangsawan di era Dinasti Joseon. Drama ini diadaptasi dari novel kray Kim Tak-hwan berjudul I, Hwang Jini

Reporter: Deta Jauda Najmah