Brilio.net - Kisah remaja sekolah selalu berhasil bikin gemes para penontonnya. Sebab, pada masa tersebut, sebagian besar orang masuk dalam masa pencarian jati diri yang luar biasa sengit. Karena itu, masa remaja merupakan salah satu masa emas yang menentukan perjalanan lanjut yang nantinya akan menjadi seorang dewasa.

Karena itu, drama-drama Korea bertema sekolah memang menceritakan para remaja dengan rasa keingintahuan luar biasa. Mulai dari mengenal soal asmara hingga proses PDKT pertama hingga menjadi seorang penyelidik sebuah kasus layaknya Detektif Conan atau Sherlock Holmes.

Semua hal tersebut tampil dengan lucu dan juga seru sebagai bagian dari masa hidup seseorang. Masa-masa sekolah tak dipungkiri penuh dengan beragam kisah tak terlupakan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (29/12), berikut 15 drama Korea tentang sekolah, penuh kisah cinta dan detektif para remaja.

1. Light On Me (2021).

Drama Korea tentang sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Light On Me mengisahkan Tae-kyung, seorang siswa berusia 18 tahun yang hidup sebagai penyendiri. Suatu hari, ia mulai mempertanyakan penilaiannya sendiri dan memberi tahu bahwa ia tak lagi sendirian.

Namun kemudian, ada kendala yang membuatnya bingung. Ia tak tahu bagaimana memulai mencari teman baru. Tahu hal tersebut, sang guru menyarankan agar ia bergabung dengan siswa sekolah. Tae-kyung setuju dengan saran tersebut, walaupun baginya, hal itu jauh lebih sulit dari apa yang ia pikirkan.

2. True Beauty (2020-2021).

Drama Korea tentang sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

True Beauty mengisahkan Lim Ju-kyung (Moon Ga-young) yang punya perasaan rendah diri karena penampilannya. Ia terus dijelek-jelekkan oleh keluarga dan diintimidasi teman-temannya karena dinilai tidak cantik.

Bosan dengan perlakukan tersebut, Ju-kyung pun belajar tata rias wajah dari video tutorial makeup di Internet. Ia kemudian berhasil mengubah penampilannya dan teman-teman sekolahnya memanggilkan dengan sebutan dewi.

3. At a Distance, Spring Is Green (2021).

Drama Korea tentang sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

At a Distance, Spring Is Green mengisahkan Yeo-jun (Park Ji-hoon), seorang mahasiswa baru yang baru lulus SMA di Universitas Myeongil. Yeo-jun dikenal sebagai mahasiswa berparas tampan yang tumbuh di keluarga kaya serta disayangi banyak orang. Namun, tidak yang tahu bahwa Yeo-jun sangat menyimpan sisi kehidupannya yang lain dari kebanyakan orang.

Selama proyek kelompok, ia bertemu Nam Soo-hyun (Bae In-hyuk), tahun ke-3 di departemennya yang merupakan siswa straight-A. Berasal dari keluarga miskin, Soohyun hanya peduli dengan mendapatkan kredit sekolah dan uang untuk menghidupi keluarganya. Walaupun begitu, Yeo-jun kemudian jatuh cinta kepada Soo-hyun.

4. How to Buy a Friend (2020).

Drama Korea tentang sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea How to Buy a Friend mengisahkan dua murid SMA membuat surat perjanjian yang memungkinkan mereka mengambil keuntungan satu sama lain. Layaknya remaja seusianya, Park Chan-hong (Lee Shin-young) menghabiskan hari-hari dengan berbagai kegiatan di sekolah. Ia rajin menulis dan berharap suatu saat akan menjadi seorang penulis.

Sementara itu, ia punya teman bernama Eom Se-yoon (Kim So-hye) yang dikenal sebagai murid populer. Berbeda dengan Chan-hong, Se-yoon tidak suka mata pelajaran apa pun dan cenderung malas dan tidak peduli dengan segala hal terkait sekolah. Walaupun begitu, mereka berdua berteman satu sama lain.

5. Live On (2020).

Drama Korea tentang sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Live On mengisahkan Baek Ho-rang (Jung Da-bin), seorang siswa sekolah menengah, sedang populer di media sosial karena cantik dan berkelas. Namun, di sisi lain, sikap angkuh dan dingin secara pribadi membuatnya mendapatkan banyak pembenci. Suatu hari, dia mendengar pesan aneh dari pengirim anonim yang sedang dibacakan di radio sekolah. Pesan itu mengingatkannya pada episode traumatis pada masa lalunya yang dia rahasiakan dari semua orang.

Pesan dari akun anonim tersebut juga mengancam akan memerasnya dan mengungkapkan rahasia masa lalunya kepada publik. Karena itu, Ho-rang memutuskan pada menit terakhir untuk bergabung dengan klub penyiaran, yang dipimpin oleh Go Eun-taek (Hwang Min-hyun) yang perfeksionis dan disiplin waktu untuk melacak orang yang mencoba memfitnah dan mencemarkan nama baiknya.

6. Class Of Lies (2019).

Drama Korea tentang sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Class of Lies bercerita tentang pengacara bernama Gi Moo-Hyeok (Yoon Kyung-san) yang mendapat tugas untuk mengungkap kasus pembunuhan di sekolah elit. Tugas ini diberikan oleh pimpinan sekolah demi memperbaiki citra mereka di mata publik. Ia pun menyamar sebagai guru pengganti Gi Kang-jae di sekolah tersebut dan menyusuri semua bukti-bukti atas kasus pembunuhan siswa perempuan di sekolah tersebut.

7. Extraordinary You (2019).

Drama Korea tentang sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Extraordinary You merupakan drama Korea yang mengisahkan Eun Dan-oh (Kim Hye-yoon), seorang siswa sekolah menengah di akademi bergengsi. Suatu hari, secara kebetulan, ia menemukan fakta bahwa dunia yang ditinggalinya ini adalah sebuah dunia fantasi dalam komik. Dia dan semua orang hanyalah karakter dalam buku komik berjudul Secret dan berada di bawah kuasa Penulis mereka yang mahakuasa dan mahatahu.

Ditambah lagi, Dan-oh hanyalah karakter tambahan. Tidak puas dengan nasib tersebut, Dan-oh memutuskan untuk menempa nasibnya sendiri dengan mengubah plot cerita dan menemukan cinta sejatinya sendiri. Ia kemudian bertemu dengan siswa Nomor 13 (Rowoon) yang hadir tanpa nama. Nasib tersebut kemudian membawanya pada jalinan cerita yang tak pernah terduga.

8. A Love So Beautiful (2017).

Drama Korea tentang sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

A Love So Beautiful merupakan drama Korea yang diangkat dari serial drama Tiongkok dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan lima teman sekolah menengah yang tetap berteman hingga mereka semua dewasa. Shin Sol-i (So Joo-yeon ) yang berusia tujuh belas tahun adalah seorang siswi ceria dari SMA Chun Ji. Dia naksir sesama salah satu siswa di sekolah sekaligus tetangganya, Cha Heon (Kim Yo-han).

Sol-i berulang kali menyatakan cintanya kepada Cha Heon yang tampak jauh, tetapi sebenarnya canggung untuk mengungkapkan perasaannya. Woo Dae-seong (Yeo Hoe-Hyun), seorang perenang nasional, pindah ke Sekolah Menengah Chun Ji dan jatuh cinta dengan Shin Sol-i. Mereka kemudian terlibat dalam sebuah cinta segitiga anak SMA.

9. Solomon’s Perjury (2016).

Drama Korea tentang sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Solomon's Perjury berawal dari seorang siswa bernama Lee So-woo (Seo Young-joo) yang secara mengejutkan ditemukan tewas di halaman sekolah. Polisi dan pihak sekolah sepakat bahwa itu adalah kasus bunuh diri. Namun, beberapa hari kemudian, sebuah surat yang berisi pernyataan seorang saksi dikirimkan pada Ko Seo-yeon (Kim Hyun-soo), ketua kelas So-woo yang sekaligus putri seorang detektif polisi senior, menyatakan bahwa So-woo tidak bunuh diri, melainkan mati dibunuh oleh Choi Woo-hyuk (Back Cheol-min), berandalan sekolah yang kebetulan ayahnya adalah pria yang berpengaruh dan memiliki kuasa, CEO Choi (Choi Joon-Yong).

Perbedaan pemikiran dan kepentingan antara ‘orang dewasa’ (pihak sekolah, orang tua, kepolisian) dengan ‘anak muda’ (siswa sekolah) membuat Seo-yeon memutuskan untuk menyelidiki sendiri kasus kematian So-woo bersama dengan teman-temannya.

10. Cheer Up! (2015).

Drama Korea tentang sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Cheer Up! atau yang juga hadir dengan judul Sassy Go Go berlatar belakang di sebuah SMA yang menceritakan “cheerleader” sekolah. Ketika menghadapi persaingan pendidikan yang sangat keras mereka tetap bersemangat dan ceria. Drama ini juga menggambarkan tentang kisah cinta pemuda remaja dan juga persahabatan.

11. Who Are You: School 2015 (2015).

Drama Korea tentang sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Who Are You: School 2015 Go Eun-byul dan Lee Eun-bi (keduanya diperankan oleh Kim So-hyun ) saudara kembar identik yang sempat berpisah karena diadopsi keluarga lain ketika usia 5 tahun. Eun-bi tinggal di Love House, sebuah panti asuhan di Tongyeong, Provinsi Gyeongsang Selatan, tempat yang memandangnya sebagai sosok ibu. Namun, dia menyembunyikan fakta bahwa dia diintimidasi di sekolah oleh sekelompok gadis jahat yang dipimpin oleh Kang So-young dan para guru menutup mata seolah tidak mengetahui kejahatan tersebut.

Di sisi lain, Go Eun-byul belajar di Sekang High School, sekolah bergengsi dan menjadi swasta termahal di Seoul's Gangnam District. Mereka berdua punya kehidupan berbeda dan terkadang terhubung satu sama lain, baik di sekolah maupun saat mereka mau tidur di tempat tidurnya.

12. Schoolgirl Detectives (2014).

Drama Korea tentang sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Schoolgirl Detectives mengisahkan lima siswa perempuan di Seonam Girls' High School. Ahn Chae-yool, gadis berkelas, baru di sekolah; Yoon Mi-do, pemimpin yang dikenal sebagai orang aneh di sekolah; Lee Yee-hee, yang ingin menjadi aktris atau idola banyak orang; Kim Ha-jae, pakar komputasi; Choi Sung-yoon, tukang roti dan sesama suka perdamaian jika terjadi perselisihan.

Mereka berlima membentuk klub detektif dan berangkat untuk memecahkan misteri di sekitar mereka. Tanpa diduga mereka terlibat dalam beberapa kasus intimidasi, aborsi, dan bunuh diri akibat depresi karena perundungan yang dilakukan oleh pegawai dan siswa sekolah yang mereka tempati.

13. Reply 1997 (2012).

Drama Korea tentang sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Berbeda dengan Reply 1988 yang mengisahkan kehidupan bertetangga yang saling mendukung, Reply 1997 mengisahkan kehidupan para remaja SMA. Reply 1997 menceritakan saat industri K-pop di Korea Selatan sedang ramai dan menjadi hiburan utama para remaja. Bahkan, fanatisme buta penggemar kepada idolanya sudah terekam dalam drama ini.

Serial drama ini mengisahkan para siswa sekolah menengah perempuan Sung Shi-won (Jung Eun-ji) yang mengidolakan boyband HOT bersama lima teman SMA-nya. Sebagai seorang remaja, Shi-won terobsesi dengan boy band.

14. Dream High (2011).

Drama Korea tentang sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Dream High bercerita tentang enam orang anak SMA Kirin yang memiliki minat tinggi pada musik dan masing-masing ingin menjadi penyanyi sukses. Tujuan mereka memang sama, namun jalan mereka untuk bisa mencapai impian sangatlah berbeda.

Go Hye-mi (Bae Suzy) adalah gadis sempurna, sementara Song Sam-dong (Kim Soo-hyun) adalah pria urakan. Selain itu, ada Jin Guk (Taecyeon 2PM) merupakan teman masa kecil Hye-mi dan Kim Pil-suk (IU) yang punya bakat luar biasa dalam menyanyi. Mereka semua berjuang sekuat tenaga dan saling mendukung satu sama lain untuk menjadi penyanyi terbaik.

15. Boys Over Flowers (2009).

Drama Korea tentang sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Boys Over Flowers merupakan drama Korea yang mengisahkan tentang Geum Jan-di (Koo Hye-sun), seorang gadis yang berasal dari keluarga biasa. Jan-di memiliki toko laundry yang terletak di dekat sekolah Shin Hwa, sekolah paling bergengsi di Korea Selatan dan mendapat beasiswa dari sekolah tersebut. Ia kemudian harus berurusan dengan geng F4 yang suka melakukan perundungan kepada siswa lain setelah mengantar baju laundry salah satu korbannya.

Sejak saat itu, Jan-di bertemu dengan Yoon Ji-hu (Kim Hyun-Joong), salah satu anggota F4 yang kelak jatuh cinta kepadanya. Setelah cukup intens bersama geng anak orang kaya tersebut, F4 perlahan tidak melakukan perundungan kepada siswa lain.