Brilio.net - Kisah cinta masa remaja selalu dianggap sebagai masa-masa paling bahagia. Masa saat pubertas hingga rasa jatuh cinta kepada lawan jenis muncul untuk pertama kalinya. Masa-masa indahnya masa sekolah macam itulah yang coba diangkat dari drama-drama Korea berlatar sekolah.

Drama-drama berlatar sekolah menampilkan dinamika para remaja yang sedang mencari diri. Para remaja tersebut mencari apa yang menjadi pilihan hidup mereka selanjutnya dan bahkan saat pertama kali bertemu orang yang dicintai. Drama-drama tersebut menampilkan romansa yang khas anak sekolah.

Selain menampilkan kisah romansa, drama-drama tersebut juga dibalut dengan kisah komedi, bahkan fantasi. Hal ini membuat drama Korea berlatar sekolah tersebut punya beragam kisah menarik untuk ditonton.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (16/12), berikut 11 drama Korea terbaik berlatar sekolah menengah yang kisahkan romansa remaja.

1. Hi! School – Love On (2014).

Drama Korea berlatar sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Serial drama High School-Love On bercerita tentang Lee Seul-bi (Kim Sae-ron), seorang malaikat yang sedang turun ke bumi dan akhirnya melanggar aturan langit. Seul-bi terpaksa melanggar aturan langit karena harus menyelamatkan Shin Woo-hyun (Nam Woo-hyun) dengan kemampuannya. Woo-hyun merupakan seorang siswa sekolah menengah yang cukup tampan, tetapi punya reputasi akademik yang menyedihkan. Berlatar sekolah, drama ini menampilkan kisah fantasi romantis antara Seul-bi dan Woo-hyun. Drama ini berhasil meraih skor 7,3/10 di IMDb.

2. Cheer Up! (2015).

Drama Korea berlatar sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Serial drama Cheer Up! atau yang berjudul asli Sassy Go Go ini berlatar di Sevit High School, sebuah sekolah menengah elit di Seoul. Drama ini mengikuti kehidupan lima siswa ketika mereka berusaha untuk bertahan hidup di lingkungan elitis akademik yang kuat.

Kang Yeon-doo (Jung Eun-ji) adalah pemimpin klub tari jalanan "Real King", sekelompok siswa yang bersatu karena kinerja akademis mereka yang buruk. Sedangkan Kim Yeol (Lee Won-keun) adalah Presiden "Baek Ho", klub elit yang terdiri dari siswa dari 5 persen teratas. Pada suatu waktu, kedua klub tersebut harus bergabung untuk membentuk kelompok cheerleader atau pemandu sorak. Saat mereka melakukan latihan bersama, banyak hal yang terjadi. Mulai dari perbedaan yang harus mereka tekan, soal percintaan antarteman, hingga persahabatan mereka. Drama ini meraih skor 7,4/10 di IMDb.

3. A-Teen (2018).

Drama Korea berlatar sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

A-Teen merupakan serial drama Korea yang sempat viral di YouTube dan berlangsung selama dua musim. Drama ini mengisahkan kehidupan anak SMA yang sedang mencari jati diri dan berjuang meraih mimpinya. Dibalut dengan kisah persahabatan, persaingan, dan kisah romansa remaja, drama ini mampu membuat siapa pun yang pernah SMA seperti bernostalgia. Drama ini berhasil meraih skor 7,7/10 di IMDb.

4. The School Nurse Files (2020).

Drama Korea berlatar sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

The School Nurse Files merupakan drama romantis-fantasi yang mengisahkan kehidupan Ahn Eun-young (Jung Yu-mi), seorang guru sekaligus perawat di sekolah yang memiliki kemampuan supernatural. Ia punya kemampuan untuk melihat makhluk-makhluk ajaib, seperti roh, monster, serta jeli-jeli yang kadang membahayakan keselamatan manusia.

Di sekolah tersebut, Eun-young kemudian bertemu dengan Hong In-pyo (Nam Joo-hyuk), guru bahasa Mandarin yang memiliki energi luar biasa. Energi tersebut mampu melindungi Hong In-pyo dari roh dan makhluk jahat bahkan mengisi energi Ahn Eun-young. Mereka berdua pun berpetualang untuk memecahkan misteri di sekolah. Drama ini berhasil meraih skor 6,5/10 di IMDb.

5. Best Mistake (2019).

Drama Korea berlatar sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Best Mistake merupakan drama Korea yang mengisahkan Kim Yeon-doo, seorang gadis SMA yang pura-pura punya pacar dan mengunggah foto mereka di media sosial. Hal ini harus dilakukannya karena sudah bosan menolak teman sekolah yang menyukainya dan bahkan sering mengganggu.

Namun, masalah kemudian muncul karena foto yang diunggah tersebut adalah foto Ji Hyun-ho, teman satu sekolahnya. Dari ketidaksengajaan tersebut, mereka pun melakukan perjanjian dan membuat mereka semakin dekat. Kedekatan tersebut akhirnya membuat Yeon-doo luluh dan jatuh cinta kepada Hyun-ho. Best Mistake berhasil meraih skor 7,8/10 di My Dramalist.

6. Real:Time:Love (2019).

Drama Korea berlatar sekolah berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Real:Time:Love merupakan drama korea komedi-romantis yang mengisahkan persahabatan Hong Yeon dan Moon Ye-chan yang sudah berlangsung selama 10 tahun. Pertemanan mereka yang merentang saat mereka pertama kali bertemu di sekolah tersebut akhirnya membuat mereka saling jatuh cinta dan saling percaya. Real:Time:Love berhasil meraih skor 7,5/10 di My Dramalist dan berlanjut hingga musim kedua.

7. Reply 1997 (2012).

Drama Korea berlatar sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Berbeda dengan Reply 1988 yang mengisahkan kehidupan bertetangga yang saling mendukung, Reply 1997 mengisahkan kehidupan para remaja SMA. Reply 1997 menceritakan saat industri K-pop di Korea Selatan sedang ramai dan menjadi hiburan utama para remaja. Bahkan, fanatisme buta penggemar kepada idolanya sudah terekam dalam drama ini.

Serial drama ini mengisahkan para siswa sekolah menengah perempuan Sung Shi-won (Jung Eun-ji) yang mengidolakan boyband HOT bersama lima teman SMA-nya. Sebagai seorang remaja, Shi-won terobsesi dengan boy band. Sekarang berusia 33 tahun, Shi-won dan teman-temannya menghidupkan kembali ingatan mereka di reuni sekolah mereka. Drama ini berhasil meraih skor 8/10 di IMDb.

8. Boys Over Flowers (2009).

Drama Korea berlatar sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Boys Over Flowers merupakan drama Korea yang mengisahkan tentang Geum Jan-di (Koo Hye-sun), seorang gadis yang berasal dari keluarga biasa. Jan-di memiliki toko laundry yang terletak di dekat sekolah Shin Hwa, sekolah paling bergengsi di Korea Selatan dan mendapat beasiswa dari sekolah tersebut.

Pada suatu hari, Jan-di hendak mengantarkan laundry milik seorang siswa Shin Hwa yang ternyata hendak bunuh diri karena stres. Siswa tersebut stres karena mendapat perundungan dari geng F4 yang terdiri dari Gu Jun-pyo (Lee Min-ho), Yoon Ji-hu (Kim Hyun-Joong), So Yi-jung (Kim Bum), dan Song Woo-bin (Kim Joon). Mereka semua adalah anak dari orang paling kaya dan paling berkuasa di sekolah Shinhwa dan di Korea Selatan.

Jan-di kemudian menjadi perhatian dari kelompok geng F4 tersebut yang kelak menjadi cikal bakal kisah cinta antara Jan-di dan Ji-hu. Jan-di membuat kelompok F4 ini tak lagi suka melakukan perundungan kepada siswa lain. Boys Over Flowers berhasil meraih skor 7,9/10 di IMDb.

9. Extraordinary You (2019).

Drama Korea berlatar sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Extraordinary You merupakan drama Korea yang mengisahkan Eun Dan-oh (Kim Hye-yoon), seorang siswa sekolah menengah di akademi bergengsi. Suatu hari, secara kebetulan, ia menemukan fakta bahwa dunia yang ditinggalinya ini adalah sebuah dunia fantasi dalam komik. Dia dan semua orang hanyalah karakter dalam buku komik berjudul Secret dan berada di bawah kuasa Penulis mereka yang mahakuasa dan mahatahu. Dan-oh hanyalah karakter tambahan.

Lebih buruk, Penulis memberinya set-up yang lemah. Ia kemudian diceritakan bertunangan dengan gebetan yang membencinya. Selain itu, Dan-oh juga digambarkan punya penyakit jantung dan diperkirakan akan segera mati.

Tidak puas dengan nasib tersebut, Dan-oh memutuskan untuk menempa nasibnya sendiri dengan mengubah plot cerita dan menemukan cinta sejatinya sendiri. Ia kemudian bertemu dengan siswa Nomor 13 (Rowoon) yang hadir tanpa nama. Nasib tersebut kemudian membawanya pada jalinan cerita yang tak pernah terduga. Extraordinary You berhasil meraih skor 7,8/10 di IMDb.

10. True Beauty (2020).

Drama Korea berlatar sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

True Beauty mengisahkan Lim Ju-kyung (Moon Ga-young) yang punya perasaan rendah diri karena penampilannya. Ia terus dijelek-jelekkan oleh keluarga dan diintimidasi teman-temannya karena dinilai tidak cantik.

Bosan dengan perlakukan tersebut, Ju-kyung pun belajar tata rias wajah dari video tutorial makeup di Internet. Ia kemudian berhasil mengubah penampilannya dan teman-teman sekolahnya memanggilkan dengan sebutan dewi.

Walaupun bisa memperbaiki popularitasnya, Ju-kyung masih menganggap dirinya jelek. Sampai kemudian ia bertemu Lee Su-ho (Cha Eun-woo) dan Han Seo-jun (Hwang In-youp) yang sama-sama punya perasaan tulus mencintai Ju-kyung. Dibalut komedi-romantis, drama ini berhasil meraih skor 8,1 di IMDb.

11. Love Alarm (2019).

Drama Korea berlatar sekolah berbagai sumber

foto: imdb.com

Love Alarm merupakan drama Korea yang diadaptasi dari webtoon Daum dengan judul yang sama karya Chon Kye-young. Drama ini mengisahkan Kim Jo-jo (Kim So-hyun), seorang siswa sekolah menengah yang cantik, cerdas, dan pekerja keras. Ia ingin sekali punya pacar dan membuatnya menggunakan sebuah aplikasi kencan seluler yang dapat memberi tahu penggunanya saat ada orang yang mencintainya dalam jarak 10 meter. Aplikasi tersebut membuat Jo-jo bertemu dengan Lee Hye-yeong (Jung Ga-ram) dan juga Hwang Sun-oh (Song Kang) hingga kemudian terjebak dalam cinta segitiga. Love Alarm berhasil berlanjut hingga musim kedua dan berhasil meraih skor 7/10 di IMDb.