Brilio.net - Tema perpisahan merupakan tema yang selalu berhasil membuat para penonton meneteskan air mata. Tema tersebut hampir selalu ada dalam industri drama Korea. Dibalut dengan kisah romantis, tema perpisahan dalam drama Korea berhasil menampilkan cerita yang berhasil bikin haru.

Perpisahan, termasuk dalam drama Korea, selalu ditampilkan sebagai pilihan yang sulit dilakukan oleh karakter utama. Hal inilah yang menjadikan drama Korea ini begitu menyentuh bagi banyak orang, bahkan bagi orang yang pertama kali menontonnya.

Selain itu, drama-drama tersebut tampil dengan cerita menarik yang membuat para penontonnya tidak merasa bosan. Sembari menunggu adegan-adegan plot twist, cerita mengalir dengan baik dan bahkan membius para penonton agar tetap mengikuti jalan cerita.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (15/12), berikut 11 drama Korea kisahkan perpisahan paling sedih. Sobat Brilio siap-siap banjir air mata.

1. Move to Heaven (2021).

Drama Korea paling sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Move to Heaven menceritakan tentang Han Geu-ru (Tang Joon-sang) dan ayahnya, Han Jeong U yang berprofesi sebagai pembersih TKP orang-orang yang telah meninggal. Mereka berdua membersihkan barang-barang peninggalan mendiang di rumah atau ruangannya. Tidak disangka, di episode 1 ayah Geu-ru kemudian meninggal karena sakit yang dideritanya dan harus tinggal bersama pamannya.

Bersama dengan pamannya dan Yoon Na-mu (Hong Seung-hee), Geu-ru melanjutkan tugas untuk membersihkan barang-barang orang yang telah meninggal dan menyampaikan pesan mereka kepada orang yang kerabat yang ditinggalkan. Drama ini mengisahkan ucapan terakhir orang-orang yang meninggal dunia sebagai bentuk perpisahan terakhir kepada para kerabat dan orang yang dicintainya.

2. Flower Of Evil (2020).

Drama Korea paling sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Jika mencari adegan yang sangat emosional satu demi satu, maka drama Korea Flower of Evil adalah pilihan terbaik. Pernikahan yang tampaknya sempurna mulai berantakan saat kehidupan masa lalu Baek Hee-sung (Lee Joon-gi) sebagai suami terungkap. Di episode 10, Cha Ji-won (Moon Chae-won) melampiaskan emosinya. Dia mengungkapkan dia tidak tahan lagi. Ji-won benci saat melihat dirinya sendiri berusaha keras untuk menyenangkan suaminya.

Pada suatu waktu, Ji-won pun mengatakan apa yang sebenarnya ia rasakan bahwa ia tak lagi mencintai Hee-sung, suaminya. Ji-won benci bahwa berkata jujur kepada suaminya tersebut adalah satu-satunya cara untuk memberitahu suaminya. Di akhir drama, Flower of Evil berhasil menampilkan sebuah klimaks dari deretan cerita yang akhirnya pada perpisahan paling menyedihkan.

3. Start-Up (2020).

Drama Korea paling sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Walaupun menampilkan cerita tentang ambisi anak muda membangun bisnis digital, tapi drama Start-Up juga menampilkan kisah yang membuat penontonnya sedih. Kisah sedih tersebut terjadi saat Dal-mi (Bae Suzy) mengetahui kebenaran bahwa Do-san (Kim Kang-hoon) bukan orang yang sama yang menulis surat kepadanya sebagai seorang anak.

Terluka karena tidak pernah mengatakan yang sebenarnya, Dal-mi pergi meninggalkan Do-san sambil menangis. Hubungan mereka menghadapi momen menyayat hati lainnya di episode 12 ketika Dal-mi mengakhiri hubungan tersebut. Mendengar pengakuan tersebut, Do-san pun hampir sama-sama ikut menangis. Do-san pun meminta maaf kepada Dal-mi bahwa ia memang bukan Do-san yang dimaksudnya.

4. Once Again (2020).

Drama Korea paling sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Once Again merupakan drama Korea yang berkisah tentang pasangan lebih tua yang jatuh cinta selama residensi medis mereka, menikah, dan memiliki keluarga. Namun para penggemar tidak bisa menahan tangis atas kisah salah satu anak mereka, Da-hee (Lee Cho-hee).

Dalam adegan itu, Da-hee membuat keputusan sulit untuk mengakhiri hubungannya dengan Jae-seok (Lee Sang-yi). Da-hee mengungkapkan bahwa ibunya tidak akan pernah menyetujui Jae-seok dan kekurangannya.

Hubungan dan pernikahan mereka membuat ibu Da-hee terus-menerus menangis dan ia tidak tahan dengan hal itu. Da-hee berkata bahwa ia dan juga Jae-seok tidak bisa egois hanya memikirkan cinta. Karena itu, keputusan Da-hee untuk berpisah dengan Jae-seok, istri yang dicintainya adalah sebagai upaya agar ibunya tak lagi bersedih dan terluka.

5. It's Okay to Not Be Okay (2020).

Drama Korea paling sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Menjelang episode terakhir, drama Korea It's Okay to Not Be Okay menampilkan momen paling menyedihkan saat Moon-young (Seo Yea-ji) mengenakan pakaian pembunuh. Adegan itu terjadi di rumahnya setelah peristiwa masa lalu yang penuh gejolak datang menghantuinya. Adegan tersebut merupakan bagian sinyal perpisahan.

Moon-young ingin Gang-tae (Kim Soo-hyun) dan saudara laki-lakinya pergi untuk selamanya karena merasa permusuhan Moon-young dan ibunya akan membahayakan mereka. Walaupun diprotes oleh Gang-tae, Moon-young tetap dengan pendiriannya bahwa ia hanya ingin sendiri.

6. Record of Youth (2020).

Drama Korea paling sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Record of Youth merupakan drama Korea yang memiliki hubungan nyata ketika dihadapkan dengan dua karakter yang mulai mencapai tujuan karier seumur hidup mereka. Hye-jun (Park Bo-gum) adalah model yang bercita-cita tinggi dan bermimpi menjadi aktor papan atas seperti teman masa kecilnya. Dia segera bertemu Jeong-ha (Park So-dam), seorang penata rias. Mereka segera memulai hubungan, tetapi tidak memiliki pilihan untuk bersama dan bahagia.

Sepanjang cerita, karier Hye-jun membuat hubungan mereka tegang dan bahkan membuat mereka putus (episode 14). Kedua karakter tersebut meratapi tidak dapat bertemu satu sama lain karena karier mereka. Jeong-ha mencoba untuk tetap bersama saat dia mengatakan "Aku mencintaimu," diikuti dengan "Ayo putus." Ekspresi kesadaran muncul di wajah Hye-jun. Perpisahan tersebut harus menjadi salah satu momen paling emosional.

7. Hi Bye, Mama! (2020).

Drama Korea paling sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Hi Bye, Mama! mengisahkan Cha Yu-ri (Kim Tae-hee) telah menjadi hantu sejak dia meninggal dalam kecelakaan tragis lima tahun lalu. Melalui proyek reinkarnasi, ia diberikan kemungkinan untuk menjadi manusia kembali jika berhasil kembali ke tempatnya dalam waktu 49 hari.

Dalam waktu yang singkat tersebut, ia menggunakan waktu itu untuk bertemu kembali dengan anaknya dan melakukan hal terbaik yang bisa dilakukannya. Namun, suaminya, Cho Gang-hwa (Lee Kyu-hyung), sekarang menikah lagi. Dia harus memilih antara kebahagiaannya sendiri atau kebahagiaan suaminya. Sampai akhirnya, Yu-ri kemudian sadar bahwa dirinya sudah ada di dimensi lain. Drama ini berhasil menampilkan cerita penuh haru dan membuat para penontonnya meneteskan air mata.

8. Tempted (2018).

Drama Korea paling sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Tempted bercerita tentang permainan cinta remaja pria kaya bernama Kwon Shi-hyun (Woo Do-hwan). Kisahnya bermula ketika sahabat Shi-hyun, Choi Soo-ji (Moon Ga-young) patah hati setelah dicampakkan pacarnya. Merasa tak terima atas perlakukan pacarnya, Soo-ji berniat membalas dendam. Walaupun begitu, Shi-hyun dalam drama ini sudah beberapa kali membuat Eun Tae-hee (Park Soo-young) patah hati dan menangis.

Sampai suatu ketika Tae-hee sudah tak mau lagi menggubris Shi-hyun. Tae-hee sudah kehilangan kepercayaan dan mau tidak mau keduanya harus berpisah. Dalam episode 29 drama ini, keduanya benar-benar berpisah dan menjalani hidup masing-masing sampai episode 32 sekaligus penutup drama ini.

9. Fight for My Way (2017).

Drama Korea paling sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Dalam Fight For My Way, dikisahkan tentang teman lama yang memiliki rasa suka satu sama lain. Dalam drama ini, tokoh selain Park Seo Joon dan Kim Ji-won sebagai peran utama, ada Joo-man (Ahn Jae-hong) dan Seol-hee (Song Ha-yoon) merupakan teman lama yang saling punya perasaan satu sama lain. Namun, setelah hubungan enam tahun mereka diuji, akhirnya retak. Seol-hee puas dengan kehidupan minimalis, tetapi Joo-man tidak. Titik puncaknya tiba ketika Seol-hee menemukan dia tertidur di apartemen wanita yang dia sukai.

Dalam perpisahan mereka, Seol-hee menyesali telah begitu jatuh cinta pada Joo-man dan mendedikasikan seluruh hidupnya untuknya. Walaupun begitu, Seol-hee tidak menyesali apa yang sudah dijalankan selama ini. Drama ini menampilkan perpisahan yang tak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

10. Cheese in The Trap (2016).

Drama Korea paling sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Cheese In The Trap memiliki banyak elemen alur cerita yang membuat drama Korea ini berkesan. Mulai dari "sindrom second-lead" hingga kisah cinta para pria yang membosankan. Namun, ketika sampai pada cerita Hong Seol (Kim Go-eun) mengetahui bahwa Yoo Jung (Park Hae-jin) adalah penguntitnya, Hong Seol merasa dikhianati dan memutuskan ingin berpisah dengan Yoo Jung karena dinilai punya kepribadian ganda atau bermuka dua. Walaupun keputusan tersebut tidak diterima oleh Yoo Jung, tapi ia tak bisa berbuat apa-apa selain rela melepaskan Hong Seol yang sangat dicintainya.

11. Bubble Gum (2015).

Drama Korea paling sedih berbagai sumber

foto: imdb.com

Bubble Gum mengisahkan tentang dua teman masa kecil yang selalu memiliki perasaan satu sama lain antara Park Ri-hwan (Lee Dong-wook) dan Kim Haeng-ah (Jung Ryeo-won). Namun, romansa mereka datang dengan beberapa kesulitan, mulai dengan beberapa mantan pacar mereka masing-masing hingga ibu karakter utama tidak ingin mereka bersama.

Bubble Gum berhasil menampilkan perpisahan yang memilukan secara sederhana, tetapi efektif. Mereka bertemu di tempat khusus mereka di taman. Ri-hwan memutuskannya tetapi bagian yang paling menyedihkan adalah ketika dia pergi. Haeng-ah (Jung Ryeo Won) mengikuti di belakangnya dan Ri-hwan berbalik dan mengatakan kepada Haeng-ah bahwa hal itu tidak bisa dilakukannya.

*

INFOGRAFIS DRAMA KOREA BERTEMA TENTANG PERPISAHAN © 2021 brilio.net

INFOGRAFIS DRAMA KOREA BERTEMA TENTANG PERPISAHAN-© 2021 brilio.net/Bayu Kurniawan

(brl/tin)

(brl/tin)