Brilio.net - Wajib militer atau wamil merupakan sebuah keharusan bagi lai-laki di Korea Selatan. Mereka yang mengikuti wamil adalah yang sudah dinyatakan sehat oleh pemerintah. Wamil dilaksanakan selama kurang lebih 2 tahun.

Sejak 29 Mei melalui Military Manpower Association di Korsel, peraturan tersebut diperketat untuk menghindari penundaan wajib militer yang dilakukan secara sengaja. Peraturan baru tersebut mengharuskan pria berusia 19-27 tahun harus melaksanakan wamil, dan hanya boleh mengajukan penundaan maksimal 2 tahun.

Sebutan wamil sudah tidak asing lagi di telinga pecinta dunia hiburan Korea Selatan. Bagi seleb Korea Selatan, kegiatan wamil merupakan waktu yang cukup lama untuk menghambat kariernya. Mereka harus rela melepaskan kariernya terlebih dahulu, tidak boleh bermain musik, media sosial, bermain drama maupun film. Mereka harus rela meninggalkan para fansnya demi tugasnya mengabdi pada negara.

Setelah dinyatakan lulus dan resmi keluar dari tugas wajib militer, para seleb mulai melakukan comebacknya di dunia hiburan. Misalnya, aktor kembali comeback dengan Drama Korea terbaru. Fans setia akan selalu menanti drama terbaru dari aktor favoritnya.

Nah, apa saja Drama Korea comeback para aktor Korea Selatan? Berikut sudah brilio.net rangkum dari berbagai sumber 15 drama Korea yang merupakan drama pertama para aktor Korea Selatan setelah wajib militer, Senin (26/11).

1. Descendants of the Sun.

15 drama debut setelah wamil instagram

foto: Instgram/@nasremova98

Song Joong-ki menjalankan wajib militer pada tahun 2013 dan berhasil menyelesaikan wamil tahun 2015. Tidak lama, Jong-ki menandatangi kontrak drama terbaru. Descendants of the Sun adalah drama pertamanya setelah wamil, tayang 2016.

2. Hyde Jekyll, Me.

15 drama debut setelah wamil instagram

foto: Instagram/@hydejekyllme

Setelah Hyun-bin menyelesaikan wajib militer tahun 2012, ia lebih sibuk berperan di film. Drama Korea Hyde Jekyll, Me menjadi drama pertama Hyun-bin setelah wajib militernya. Drama ini rilis 2015 dibintangi Hyun Bin, Han Ji-min , Sung Joon, dan Lee Hyeri.

3. That Winter, The Wind Blows.

15 drama debut setelah wamil instagram

foto: asianwiki.com

Jo In-sung menjalani wajib militer sejak 2009 hingga 2011. Drama pertamanya setelah wamil adalah That Winter, The Wind Blows. Drama ini rilis tahun 2013 dibintangi Jo In-sung dan Song Hye-kyo.

4. Revolutionary Love.

15 drama debut setelah wamil instagram

foto: asianwiki.com

Revolutionary Love menjadi drama Korea yang dimainkan Siwon setelah menjalani wajib militer. Siwon telah selesai menjalani wamilnya Agustus 2017. Siwon langsung mendapatkan tawaran untuk bermain di drama barunya. Revolutionary rilis Oktober 2017. Selain Siwon, Revolutionary Love dibintangi Kang So-ra dan Gong Myung.

5. Arang and The Magistrate.

15 drama debut setelah wamil instagram

foto: Instagram/@arangeunoh

Lee Jun-gi selesai wajib militer Februari 2012. Dia langsung menandatangi kontrak drama pertamanya setelah wamil, yakni Arang an The Magistrate. Drama ini rilis Agustus 2012. Drama ini menceritakan mengenai pertemuan hantu wanita dengan pria bangsawan. Dibintangi Lee Joon-gi, Shin Min-a, dan Yeon Woo-jin.

6. A Korean Odyssey atau Hwayugi.

15 drama debut setelah wamil instagram

foto: asianwiki.com

A Korean Odyssey adalah drama pertama yang dibintangi Lee Seung-gi setelah ia selesai wajib militer pada Oktober 2017. Drama ini rilis Desember 2017 dengan 20 episode. Drama ini bergenre fantasy, romantic comedy, dan horror. Selain Seung-gi, drama ini dibintangi Cha Seung-won, Oh Yeon-seo, Lee Hong-gi, dan Jang Gwang.

7. Remember.

15 drama debut setelah wamil instagram

foto: asianwiki.com

Remember mengisahkan perjuangan seorang pengacara yang ingin membebaskan ayahnya dari tuduhan pembunuhan. Dibintangi Yoo Seung-ho, Park Sung-woong, Park Min-young, Namkoong Min, dan Jung Hye-sung. Drama ini menjadi drama perdana Yoo Seung-ho setelah menjalani wajib militer tahun 2014. Yoo Seung-ho menjalankan wajib militer ketika umur 20 tahun. Drama ini rilis tahun 2015.

8. Scent of a Woman.

15 drama debut setelah wamil instagram

foto: asianwiki.com

Lee Dong-wook sudah menuntaskan wajib militer Juni 2011. Setelah wamilnya selesai, Lee Dong-wook langsung syuting untuk drama Scent of a Woman. Drama ini rilis Juli 2011. Selain Lee Dong-wook, drama ini dibintangi Kim Sun-a, Um Ki-joon, dan Seo Hyo-rim.

9. Meloholic.

15 drama debut setelah wamil instagram

foto: asianwiki.com

Meloholic merupakan drama perdana yang dibintangi oleh Jung Yun-ho TVXQ. Yunho telah selesai melaksanakan wajib militernya April 2017. Drama Meloholic rilis November 2017. Selain Yunho, drama ini juga dibintangi Kyung Soo-jin. Di drama ini Yun-ho mempunyai kekuatan super dapat membaca pikiran wanita.

10. Dream High 2.

15 drama debut setelah wamil instagram

foto: Instagram/@dreamhigh_2

Park Seo-joon resmi lulus dari wajib militer tahun 2010. Setelah keluar wamil, ia mulai bermain peran di Drama Korea Dream High 2. Drama ini rilis tahun 2011. Di drama ini Park Seo-joon berperan sebagai Si-woo, salah satu siswa sekolah musik Kirin. Drama ini merupakan seri kedua dari drama Dream High sebelumny. Dibintangi Kang So-ra, Jinwoon, Jiyeon, JB, Hyolyn, dan Park Seo-joon.

11. The Producers.

15 drama debut setelah wamil instagram

foto: soompi.com

Di drama The Producers, Ryu Jun-yeol berperan sebagai seorang PD yang baru masuk perusahaan tv Korea. Drama Korea The Producers rilis 2015 dan menjadi debut pertama bagi Ryu Jun-yeol setelah wamilnya selesai tahun 2009. The Producers dibintangi Cha Tae-hyun, Gong Hyo-jin, Kim Soo-hyun, dan IU.

12. My Love from Another Star.

15 drama debut setelah wamil instagram

foto: Twitter/@WeGotLoves

My love from Another Star dibintangi Jun Ji-hyun, Kim Soo-hyun, Park Hae-jin, dan Yoo In-na. Drama ini rilis tahun 2017. Menceritakan kisah pria alien yang berperan sebagai dosen di bumi. Alien tersebut jatuh cinta pada seorang seleb cantik. Drama ini mendapatkan kesuksesan besar setelah tayang. Drama ini juga menjadi drama pertama Ahn Jae-hyun setelah selesai wamil tahun 2012. Jae-hyun berperan sebagai Cheon Yoon-jae, adik laki-laki pemeran utama perempuan.

13. My Lovely Girl.

15 drama debut setelah wamil instagram

foto: asianwiki.com

Jung Ji-hoon atau yang kerap dikenal Rain memulai drama terbarunya setelah resmi selesai dari wajib militer tahun 2013. My Lovely Girl menjadi drama pertamanya setelah wamil. Drama ini rilis tahun 2014. Selain Rain, drama ini juga dibintangi Krystal Jung f(x), L (Kim Myung-so), dan Cha Ye-ryun.

14. Big.

15 drama debut setelah wamil instagram

foto: asianwiki.com

Drama Big tayang tahun 2012. Drama ini merupakan comeback aktor ganteng Gong Yoo setelah selesai wajib militer 2009. Di drama ini Gong Yoo berperan sebagai seorang dokter. Selain Gong Yoo, Big juga dibintangi oleh Lee Min-jung, Shin Won-ho, Bae Suzy, dan Jang Hee-jin.

15. Cain and Abel.

15 drama debut setelah wamil instagram

foto: asianwiki.com

Cain an Abel merupakan drama bergenre melodrama yang penuh aksi. Drama ini dibintangi So Ji-sub, Shin Hyun-joon, Han Ji-min, dan Chae Jung-an. Rilis tahun 2009 dengan 20 episode. Cain and Abel merupakan drama pertama So Ji-sub setelah menyelesaikan wajib militernya di tahun 2007.